Abstrak Sastra 4


57 ABSTRAK

PENGARUH MODERNISASI TERHADAP PARA TOKOH DALAM NOVEL CHIJIN NO AI KARYA TANIZAKI JUN’ICHIRO

Nama : Sri Retno Sulistyaningtyas

No. Registrasi : 00240210

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Modernisasi Terhadap Para Tokoh Dalam Novel Chijin No Ai Karya Tanizaki Jun’ichiro”. Pemilihan judul tersebut dilandasi oleh karya sastra merupakan pencerminan kehidupan masyarakat.

Tanizaki Jun’ichiro adalah sastrawan Jepang yang hidup pada masa modernisasi. Karya-karyanya memperlihatkan sikap antusiasmenya terhadap kehidupan Barat, salah satunya novel Chijin no Ai.

Novel Chijin no Ai mengambil aspek latar keadaan masyarakat pada zaman Taisho. Pada zaman tersebut, Jepang sedang mengalami modernisasi, dimana Jepang tumbuh menjadi negara kosmopolitan, interaksi antara orang-orang asing dengan bangsa Jepang berlangsung dengan baik, dan paham-paham baru diperkenalkan pada masyarakat Jepang. Modernisasi memperngaruhi pola pikir masyarakat Jepang. Sikap, pelaku, dan gaya hidup masyarakat berubah sebagai akibat dari pengaruh modernisasi. Begitu juga dengan para tokoh dalam novel Chijin no Ai, sikap, perilaku, dan gaya hidup para tokoh juga mengalami perubahan sebagai akibat dari pengaruh modernisasi.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan dibahas adalah:

  1. Bagaimanakah pengaruh modernisasi terhadap para tokoh dalam novel Chijin no Ai karya Tanizaki Jun’ichiro?
  2. Bagaimanakah akibat dari modernisasi terhadap para tokoh dalam novel Chijin no Ai karya Tanizaki Jun’ichiro?

Penelitian ini bertujuan untuk:

1. Mendeskripsikan pengaruh modernisasi terhadap para tokoh dalam novel Chijin no Ai karya Tanizaki Jun’ichiro.

2. Mendeskripsikan akibat dari modernisasi terhadap para tokoh dalam novel Chijin no Ai karya Tanizaki Jun’ichiro.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis.

Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

1. Pengaruh modernisasi terhadap para tokoh adalah:

a. Bersikap terbuka terhadap pengalaman-pengalaman baru, pembaharuan, dan perubahan-perubahan

b. Sanggup membuat opini

c. Perencanaan untuk masa depan

d. Pandangannya ditujukan pada masa kini dan masa depan

e. Optimis dan percaya diri

f. Sadar akan harga diri orang lain

g. Percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi

2. Akibat dari modernisasi terhadap para tokoh adalah

    1. konsumerisme,
    2. perubahan sikap dan sifat: egois, sombong,
    3. bergaya hidup kebarat-baratan, pergaulan dan seks bebas


要旨

谷崎潤一郎の小説の痴人の愛に現れる主人公の直面した

近代化の影響について

この論文のテーマは谷崎潤一郎の小説の痴人の愛に現れる主人公直面した近代化の影響についてである。このテーマを選んだ理由は、文学作品は社会の生活および文化の描写であるからである。

谷崎潤一郎は近代の日本の近代の作家である。作品は西洋の生活が好きなことを現す,たとえば 痴人の愛。

痴人の愛は社会の大正時代を話す。大正時代は日本は近代化の計画をたてると同時に日本はだんだん国際化し、日本人とが盛んに交流し、いろんな主義やら思想やらがはいって来た。近代化は社会の考え方に影響して、人々の態度や行為や生活様式が変わってきた。

本研の問題は次の二点である

1. 崎潤一郎の小説の痴人の愛では主人公が近代化を信じたことの影響がどのように現れているか。

2. 谷崎潤一郎の小説の痴人の愛では主人公が近代化を信じたことの結果がどのように現れているか。

本研の目的

1. 谷崎潤一郎の小説の痴人の愛では主人公が近代化を信じたことの影響について知る

2. 谷崎潤一郎の小説の痴人の愛では主人公が近代化を信じたことの結果について知る。

本研究では分析記述を用た。本研究の結果は次のとおりである:

1. 主人公の直面した近代化の影響は、

a. 意見、葬儀、変化に直面した時の態度

b. 意見を作る能力

c. 将来の計画を作成する能力

d. 現在、将来、対する考え方

e. 楽観と自身

f. 人権は意識すう

g. 司式とぎじゅつ信頼

2. 主人公直面した近代化の結果は、

a. 諸費主義

b. 態度や特質が変わるこ:利己主義、尊大

c. 静養生活様式


58 ABSTRAK

FEODALISME JEPANG DALAM NOVEL 新書太閤記

(SHINSHO TAIKOKI) JILID I KARYA EIJI YOSHIKAWA

(Tinjauan Fakta Sejarah Dalam Novel Epik)

Nama : Zumrotus Sa’adah

No. Reg : 00240218

Program Studi : Bahasa Jepang / S-1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul Feodalisme Jepang dalam Novel Shinsho Taikoki karya Eiji Yoshikawa (Tinjauan Fakta Sejarah dalam Novel Epik). Pemilihan judul tersebut dilandasi faktor bahwa karya sastra merupakan cerminan kehidupan budaya suatu bangsa, ada hubungan antara realitas kehidupan dan kehidupan imajinatif dalam karya sastra. Fakta sejarah sebagai realitas kehidupan digunakan untuk bahan dalam pembuatan karya sastra.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana feodalisme Jepang yang tercermin dalam novel ShinshoTaikõki, (2) Bagaimana pengaruh feodalisme terhadap masyarakat dalam novel ShinshoTaikõki. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memperoleh gambaran umum tentang feodalisme Jepang dalam novel ShinshoTaikõki, (2) Untuk memperoleh gambaran umum pengaruh feodalisme terhadap masyarakat yang terdapat dalam novel ShinshoTaikõki.

Eiji Yoshikawa dalam novel ShinshoTaikõki menceritakan tentang feodalisme Jepang. Dalam novel ShinshoTaikõki, secara langsung menunjukkan sejarah jaman feodal Jepang yang benar-benar obyektif kejadian nyata, tetapi dengan olahan secara imajinatif sehingga antara fakta dan fiksi terjalin satu keutuhan. Supaya memperoleh gambaran yang luas dan jelas terhadap permasalahan yang ada, penulis menggunkan metode penelitian deskriptif analisis.

Hasil analisis menunjukkan bahwa feodalisme Jepang muncul karena kepemimpinan Shogun yang melemah, diikuti munculnya kelas daimyõ sebagai pengontrol pemerintahan dan militer yang saling memperebutkan tanah kekuasaan melalui peperangan. Sedangkan pengaruh feodalisme adalah timbulnya kekacauan akibat peperangan dan kaum petani kecil menjadi sengsara karena pajak tanah yang dibebankan kepada mereka oleh kaum feodal.


要旨

吉川英治「新書太閤記 (一)」の中における日本の封建主義について

(叙事詩小説の中に歴史上の事実を観察することの試み)

本稿は吉川英治「新書太閤記」の中における日本の封建主義に関するものである。文学作品はその民族の文化社会をうつし出すものであるので、小説にある話は研究の対象にすることができると思う。この研究によって、実生活が文学作品に、おける社会生活と関係があってことを分析したい。歴史上の事実は文学作品の資料になることができる。

本稿の問題は次の通りである:

(1)「新書太閤記」における日本の封建主義はどのようなものであったか。

(2)「新書太閤記」における日本の封建主義は社会の生活に対しどのような影響を与えたか。

上記の問題に基いて、論文の目的は次の通りである:

(1)「新書太閤記」における日本の封建主義を理解する。

(2)「新書太閤記」における日本の封建主義が社会の生活に与えた影響を理解する。

吉川英治はこの小説で日本の封建主義について述べる。この小説で著さが敍述している出来事は歴史上の事実と、想像が会述が今体したものである。本稿で用いた分析方法は Analysis Descriptive である。

研究の結論として言えることは、 将軍の政治力が弱まった大名が政治と軍事の支配者となったので封建主義が歴史に登場した。封建主義の影響で混乱が起り、土地が封建階級に占有されたために零細農民の生活が苦しくなった。


59 ABSTRAK

MAKNA MUSIM DALAM TANKA “TEBUKURO O NUGU TOKI”

(KALA KULEPASKAN SARUNG TANGAN)

KARYA TAKUBOKU ISHIKAWA

Nama : Nurhidayati

Nomor Registrasi : 00240407

Program Studi : S-1

Jurusan / Program : Bahasa Asing / Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Tanka adalah puisi klasik Jepang yang terdiri dari 31 suku kata dengan pola 5.7.5.7.7. Di dalam penulisannya dibenarkan adanya penambahan dan pengurangan satu suku kata, agar bentuk dari tanka menjadi lebih indah dan mampu menarik perhatian pembaca. Alam menjadi sarana di dalam tanka untuk mengekspresikan perasaan manusia.

Di dalam tanka karya Takuboku Ishikawa banyak istilah musim yang digunakan dalam karyanya yang sarat dengan makna. Dia sangat mahir memindahkan pengalaman hidupnya sebagai manusia jujur dan tajam ke atas yang menjelma menjadi puisi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah :

1. Simbol-simbol apa saja yang menggambarkan musim dalam tanka “Tebukuro o Nugu Toki” (Kala Kulepaskan Sarung Tangan) Karya Takuboku Ishikawa ?

2. Bagaimana makna musim dalam tanka “Tebukuro o Nugu Toki” (Kala Kulepaskan Sarung Tangan) Karya Takuboku Ishikawa ?

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah kumpulan tanka karya Takuboku Ishikawa dengan judul Ichiaku no suna (segenggam pasir) diterjemahkan oleh Edizal.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah :

1. Musim disimbolkan oleh cuaca, hujan, embun, bulan, angin, salju, binatang (kucing dan burung), tumbuhan (bunga, apel, rumput, gandum, dan daun platan), kelambu, sarung tangan, dan arang.

2. Makna musim yang terdapat dalam tanka “Tebukuro o Nugu Toki” (Kala Kulepaskan Sarung Tangan) Karya Takuboku Ishikawa adalah kesedihan, kesusahan, kesepian, penyesalan, keputusasaan, dan semangat hidup penyair.


要旨

「手袋を脱ぐ時」という石川啄木の短歌の中における季節の意味

短歌と言うのは、日本の詩の一形式である。五七の三十一音節からできている。短歌の形がきれい五七 になるように音節の数を加えたり減らしたりする。それは読者の興味を引くためである。短歌の中における描写は人間の感情に富む。

石川啄木の短歌には季節のことがたくさんあります。この季節ことは意味でいっぱいである.彼は、一人の人間として常に、正直かつ鋭敏に日常生活を見つめ、その経験を短歌という形にして発表した。

本研究における問題としては :

1.「手袋を脱ぐ時」という石川啄木の短歌集に使われている季節の象徴は何であるか。

2.「手袋を脱ぐ時」という石川啄木の中の短歌集の季節の意味はどうであるか。

本研究に使用した方法はdeskriptif analisis である。

本研究の資料はエヂィシャルによって翻訳された石川啄木の短歌集「一握の砂」である。

本研究の結果は:

1.「手袋を脱ぐ時」という表題の石川啄木の短歌集におけるの季節の象徴は事故、 雨、 霜、月、風、雪、動物「猫と鳥」、植物(花、林檎、プラタナスの葉、麦、草)、蚊帳、手袋、住まいである。

2.「手袋を脱ぐ時」という石川啄木の短歌集の季節の意味は悲しい、辛い、寂しい、絶望、非難、不安であり、魂を表現読者している。


60 ABSTRAK

PERKEMBANGAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA (MARIE) DALAM CERPEN 『うたかたの記』UTAKATA NO KI (CATATAN BUIH DI ATAS AIR)

KARYA MORI OUGAI

Nama : Mujahidin

No. Reg : 00240207

Program Studi : S 1

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Sastra adalah rasa hidup manusia dan rasa hidup adalah pengalaman manusia dan selanjutnya pengalaman itulah jiwa. Maka tanpa sastra, psikologi akan menjadi ilmu pengetahuan tanpa hidup, tanpa jiwa dan tanpa kebahagiaan. Yang menjadi obyek material psikologi adalah manusia, karena manusialah yang paling berkepentingan dengan psikologi. Psikologi perkembangan sebagai suatu cabang psikologi yang membahas gejala jiwa seseorang, baik menyangkut perkembangan, ataupun kemunduran perilaku seseorang sejak masa bayi hingga akhir hayatnya.

Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini dikaji berdasarkan perkembangan psikologi Elizabeth B Hurlock

Secara khusus penelitian ini mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut :

1). mendeskripsikan perkembangan psikologi tokoh utama (Marie) dalam cerpen 「うたかたの記」Utakata No Ki (Catatan Buih di Atas Air) karya Mori Ougai.

2). mendeskripsikan kepribadian tokoh utama (Marie) dalam cerpen 「うたかたの記」Utakata No Ki (Catatan Buih di Atas Air) karya Mori Ougai.

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Metode analisis digunakan untuk menguraikan dan menganalisis data dari dalam cerpen 「うたかたの記」Utakata No Ki ( Catatan Buih di Atas Air) karya Mori Ougai. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan atau menjabarkan data-data yang telah didapat sehingga menghasilkan hasil analisis yang jelas-jelas sesuai dengan tujuan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :

1). Perkembangan psikologi tokoh utama (Marie) adalah sebagai berikut :

  1. Pada masa kanak-kanak merupakan anak yang berbahagia
  2. Pada masa pubertas merasa sedih setelah kematian ayahnya, menjadi tahu mengenai arti sahabat sejati, menjadi gampang membenci orang lain, sering bertengkar dengan teman-temannya, dan mendapatkan kasih sayang kembali.
  3. Pada masa remaja mendapatkan bimbingan dari seorang guru, mempunyai emosi yang belum matang, senang bergaul dengan para pelukis, dan mempercayakan masalah-masalahnya kepada Kose.

2). Kepribadian tokoh utama (Marie) penyayang, berwajah cantik, lemah lembut, mempunyai keanggunan, tidak melakukan perbuatan tercela, suka bergaul, hati-hati dalam bergaul, dan dianggap abnormal karena berada pada lingkungan pelukis.


要旨

作家森鷗外の短編小説『うたかたの記』(Catatan Buih di Atas Air)の主人公マリーの個性の心理学的発達

文学は人間の生活感情の表現であり、生活感情は人間の経験であり、経験は精神である。従って文学なき心理学は、精神と幸福のない知識である。心理学の対象となるのは人間である。心理学に取って最も重要なのは人間だからである。心理学の一部門としての発達心理学は、幼小から老年に至る心情の発達又は後退に関係のある精神の前兆を研究する。

この研究に用いた理論的根拠はエリザべズ.B.フルフロックの発達心理学である。

この研究におついては特に次の事項について記述する。

1. 作家森鷗外の短編小説「うたかたの記」(Buih di Atas Air)の主人公マリーの心理学的発達

2. 作家森鷗外の短編小説「うたかたの記」(Buih di Atas Air)の主人公マリーの個性

この研究では叙述分析法を用いた。作家森鷗外の短編小説「うたかたの記」(Buih Di Atas Air版 )の資料の解明、分析には分析法を用いた。資料の叙述又は詳述に用いた叙述法で。研究の目的に沿った分析成果を挙げることができた。

この研究成果として言えることは:

1)主人公マリーの心理学的発達は次の通りである:

a.(入学)前の子供の時は幸せ子供である。

b.子供の時は父の死んだところ悲しいで、友達親友を知りになる、容 外の人を嫌いで、しばしば友達と関係する、又愛情を受ける。

c.背年時は先生から案内を受ける、感情がまだ練達で美術家とつき合うが楽しいで、巨勢に問題を信用する。

2)主人公マリーの個性は愛すると、顔がきれいで、しんせつで、ととのっ た、悪い行為をしないで、つき合うが楽しいで、つき合うが気をつける で美術家まわりに普通手ない判断しられる。


61 ABSTRAK

ANALISIS GEJALA DEPRESI PADA TOKOH 先生 (SENSEI)

DALAM NOVEL KOKOROこころ (RAHASIA HATI)

KARYA NATSUME SOOSEKI

(KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Nama : Novita Andayani

No. reg : 00240406

Program Studi : S – 1 / Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Pendidikan Bahasa Asing

Fakultas : Fakultas Bahasa Dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Manusia adalah makhluk yang memiliki banyak konflik dalam kehidupan. Dikarenakan adanya eigo dan perasaan emosi yang tinggi. Apabila emosi- emosi tersebut dibiarkan terpendam, maka akan dapat menimbulkan suatu gejala terganggunya kejiwaan. Salah satunya adalah gejala depresi. Hal inilah yang ingin disampaikan oleh seorang pengarang Jepang yang bernama Natsume Sooseki dalam nevelnya yang berjudul “Kokoro” こころ (Rahasia Hati).

Novel ini bercerita tentang seorang Tokoh 先生(Sensei) yang mengalami gangguan depresi yang sangat kuat, sehingga pada akhirnya Tokoh 先生 (Sensei) tersebut mengalami bunuh diri. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti ini mengambil rumusan masalah sebagai berikut :

1. Gejala depresi secara fisik apa yang dialami oleh Tokoh 先生(Sensei) dalam novel Kokoroこころ (Rahasai Hati) karya Natsume Sooseki ?

2. Gejala depresi secara emosional apa yang dialami oleh Tokoh 先生(Sensei) dalam novel Kokoroこころ (Rahasia Hati) karya Natume Sooseki ?

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan gejala depresi secara fisik maupun secara emosional yang dialami oleh Tokoh先生 (Sensei) pada novel Kokoro こころ(Rahasia Hati) karya Natsume Sooseki.

Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Metode analisis digunakan untuk menganalisis novel Kokoroこころ (Rahasi Hati) sehingga dapat menunjukkan aspek yang diteliti dengan jelas. Sedangkan deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa :

1. Tokoh 先生 (Sensei) mengalami gejala depresi secara fisik, yaitu :

a. Apatis (Acuh tak acuh)

b. Kehilangan nafsu makan

c. Kehilangan nafsu seks

d. Penyakit fisik (Sakit kepala)

2. Sendangkan Gejala depresi secara emosional yang dialami oleh Tokoh 先生 (Sensei), yaitu :

a. Kehilangan kasih sayang

b. Kesedihan dan kemurungan

c. Perasaan marah dan ketidak percayaan pada diri sendiri maupun pada orang lain

d. Kecemasan, rasa takut, khawatir dan gelisah

e. Sifat lekas marah, perasaan jengkel dan benci

f. Kehilangan harapan


要旨

夏目漱石の「こころ」における,「先生」の鬱の前兆の分析

人は気持ちと感情が持っている人間である。感情を出しなければ精神が病でしまう。それは鬱の前兆である。日本筆者夏目漱石,作者の夏目漱石は「こころ」で「先生」の鬱の前兆を描いている。

この小説で「先生」は思い鬱兆候にあったので、この研究の問題は以下の通りである。

1.「こころ」における,「先生」の肉体的鬱の前兆はどのようなものであるか。

2.「こころ」における,「先生」の精神的鬱の前兆はどのようなものであるか。

この研究の目的は「先生」に肉体的と精神的鬱の前兆を探究することである。この研究には質的方法を用いた。

この研究のまとめ :

1. 「先生」には肉体的鬱があり

a. それは無関心

b. 食欲不振の原因となった

c. 性欲もなくなった

d. 頭が痛いである

2. 「先生」には精神的鬱があり

a. それは愛情の喪失

b. 予感と気の弱い

c. 自分と周囲に対する怒り

d. 恐れ、不安

e. にくしみとかなしい

絶望などの原因となった。


62 ABSTRAK

ANALISIS KECERDASAN EMOSIO TOKOH UTAMA

MADOGIWANO TOTTO CHAN (TOTTO-CHAN SI GADIS KECIL DI TEPI JENDELA) KARYA TETSUKO KUROYANAGI

(KAJIAN PSIKOLOGI ANAK)

Nama : Widowati

No. Regristrasi : 00240213

Program Studi : S1 / Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Madogiwano Totto Chan adalah sebuah karya sastra Tetsuko Kuroyanagi. Bercerita tentang kehidupan masa kecil pengarang selama usia sekolah dasar yang menyenangkan. Ini terutama disebabkan oleh kepribadiannya yang sangat dinamis.

Psikologi anak yang ditunjukkan lewat tokoh utama sangat menarik untuk disimak. Penulis tertarik untuk mengkajinya lebih lanjut dari sudut pandang kecerdasan emosional.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini antara lain :

1. Bagaimana kecerdasan emosi tokoh utama berkaitan dengan kesiapan belajar dalam kajian psikologi anak pada karya sastra Tetsuko Kuroyanagi ?

2. Bagaimana tokoh utama memperlihatkan ciri-ciri anak yang mempunyai motivasi belajar sehubungan dengan kebutuhan emosional ?

Pada masalah pertama yaitu mengenai kecerdasan emosi berkaitan dengan kesiapan belajar tokoh utama, digunakan teori Goleman yang terdiri atas : keyakinan, rasa ingin tahu, niat, kendali diri, keterkaitan, kecakapan berkomunikasi, dan koperatif. Sedangkan permasalahan kedua mengenai motivasi belajar sehubungan dengan kebutuhan emosi, digunakan teori Prayitno yang terdiri dari kebutuhan memiliki kecakapan atau kemampuan, kebutuhan untuk berprestasi, dan kebutuhan untuk memiliki harga diri.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah buku terjemahan berbahasa Indonesia terbitan tahun 1986. Sebagai pendukungnya digunakan buku asli Madogiwano Totto Chan karya Tetsuko Kuroyanagi berbahasa Jepang cetakan tahun 1982. Data yang dianalisis pada penelitian ini sebanyak 70 data. Analisis data disesuaikan dengan teori yang digunakan kemudian disimpulkan.

Pada akhir penelitian ini penulis menemukan bahwa :

  1. tokoh utama memiliki keyakinan untuk berhasil sangat tinggi
  2. tokoh utama selalu berusaha mencari tahu dan mencoba hal-hal baru
  3. tokoh utama merencanakan dengan baik dan tidak berputus asa untuk mencapai tujuan ketika berniat melakukan sesuatu
  4. tokoh utama memiliki kendali diri dalam menyesuaikan keinginannya dengan tuntutan lingkungannya
  5. tokoh utama memiliki keterkaitan dengan keadaan orang lain yang sangat tinggi di mana tokoh utama mampu memahami situasi dan kondisi mereka
  6. tokoh utama melakukan komunikasi dengan baik
  7. tokoh utama mampu bersikap koperatif dengan orang lain

Dari ketujuh pernyataan di atas maka dapat dikatakan bahwa kecerdasan emosi yang berkaitan dengan kesiapan belajar tokoh utama tergolong tinggi.

Tokoh utama juga menunjukkan ciri-ciri anak yang mempunyai motivasi belajar sebagai kebutuhan emosi tokoh dipenuhi melalui :

  1. kebutuhan memiliki kecakapan atau kemampuan sangat tinggi
  2. kebutuhan untuk berprestasi, terutama prestasi sosial tinggi
  3. kebutuhan untuk memiliki harga diri pada hal-hal yang berhubungan dengan dirinya

dari pernyataan di atas disimpulkan bahwa Totto mempunyai motivasi untuk belajar sebagai kebutuhan emosinya sangat tinggi.

要旨

黒柳徹子『窓ぎわのトットちゃん』の主人公の知性による感情分析について

(児童心理研究)

窓ぎわのトットちゃんは黒柳徹子が書いた小説である。この小説の作者の面白くて楽しい小学生時代の生活を書いている。非常にダイナミックな個人であるために、この作品はよくなっているのである。幾つかの出来書の中で主人公に表現されている児童心理は、特に知性の観点と学習の関係から注意深く観察するためには非常に興味深い。

本研究の問題以下のようなものである。

1.黒柳徹子『窓ぎわのトットちゃん』の中で主人公の感情的知性の関係と児童心理はどのようなものか?

2.主人公は学習意欲のある児童の性格を個人的学習働機との関係でどのように示しているか?

1の問題は主人公の学習凖備とかかわりがある感情的的知に関係するものであり、その検証にはDaniel Goleman理論が使用されている。この理論は確信、知たい感じ、目的、自分の制御、関係、連絡の能力、協力から成る。2の問題は同期の必要性とかかわりがある学習働機に関するものであり、その検証にはPrayitnoの理論が使用されている。この理論は能力の必要、手柄の必要、じそ芯の必要から成る。

この研究は記述分析法を用いた。この研究にはーのデータとして1986年にRahmatによって翻訳された(Totto-Chan Si Gadis Kecil di Tepi Jendela)を使用した。のデータとして1982年の黒柳徹子『窓ぎわのトットちゃん』も資料として使用した。この研究では70項目について分析した。その結果、以下のことが判明した。

1.主人公は成功の強い確信を持っている。

2.主人公はいつも新しいことを探して、試す。

3.目的があれば、主人公は計画をたて目を達成するためにあきらめない。

4.主人公は環境の要求と希望の合わせるためには自の制御がある。

5.主人公は状態のほかの人の関係が高いである。

6.主人公はしかるべく連絡される。

7.主人公はほかの人と協力ができる。

1の分析から学習凖がある主人公の感情的知性のレベルが高いと行く結果を得た。

主人公学習意欲のある。児童の性格を個人的学習動機の示しるのは判明した。

1.主人公は能力の必要は高いである。

2.主人公は手柄の必要はとくに手柄の社会的は高いである。

3.主人公は自分の関係と自尊心がある。

2の分析から主人公は学習働機の高い子供あるという結果が得られる。よって、主人公の感情的知性は非常に高いという結論が得られる。


63 ABSTRAK

ANALISIS PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM CERPEN

文づかい FUMIZUKAI” KARYA MORI OUGAI

(KAJIAN HUMANISTIK MASLOW)

Nama : Sucipto

Nomor Registrasi : 00240408

Program Studi : SI

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Karya sastra merupakan refleksi kenyataan hidup. Sebagai refleksi kenyataan hidup karya sastra memuat gambaran kehidupan manusia beserta perkembanganya, baik sosiologis maupun psikologis. Dua hal ini terbentuk dari adanya peristiwa, latar, tokoh, tema, dan alur cerita yang dibangun oleh pengarang. Oleh karena itu, karya sastra mengandung fenomena-fenomena kejiwaan atau karakteristik manusia yang tercermin melalui prilaku tokoh-tokohnya. Berdasarkan hal tersebut, maka karya sastra dapat dipahami dengan menggunakan pendekatan psikologi.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perwatakan tokoh utama cerpen文づかい Fumizukai (Pengantar Surat) karya Mori Ougai berdasarkan teori kepribadian Abraham Maslow

Secara khusus penelitian ini mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut :

1. Mendeskripsikan proses aktualisasi bentuk mengamati realitas secara efisien yang dialami tokoh utama dalam cerpen文づかい Fumizukai (Pengantar Surat) karya Mori Ougai

2. Mendeskripsikan proses aktualisasi bentuk terpusat pada masalah yang dialami tokoh utama dalam cerpen文づかい Fumizukai (Pengantar Surat) karya Mori Ougai

3. Mendeskripsikan proses aktualisasi bentuk hubungan antar pribadi yang dialami tokoh utama dalam cerpen 文づかい Fumizukai (Pengantar Surat) karya Mori Ougai

Cerpen文づかいFumizukai (Pengantar Surat ) adalah sebuah cerpen yang ditulis oleh seorang sastrawan Jepang yang bernama Mori Ougai. Cerpen ini menceritakan sosok wanita yang sadar akan kediriannya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dan deskriptif. Metode analisis dipakai untuk menganalisis karya sastra 文づかいFumizukaisehingga dapat menunjukkan aspek yang diteliti dengan jelas. Metode penelitian deskriptif digunakan dengan tujuan menggambarkan suatu keadaan secara obyektif.

Dari analisis tokoh utama dalam cerpen文づかいFumizukai dapat digambarkan tiga karakteristik kepribadian di atas, yaitu pertama, dalam mengamati realitas secara efisien terlihat Kobayashi menemukan kesedihan mendalam yang dialami Ida Hime (salah satu sosok kalangan bangsawan).

Kedua, dalam terpusat pada masalah, yakni pengaktualisasian terhadap persoalan di luar dirinya dapat terlihat bahwa Kobayashi sangat ikhlas menjalankan tugas untuk menyampaikan surat ke istana.

Ketiga, dalam hal hubungan antar pribadi, yakni hubungan yang dilakukan secara mendalam dengan persamaan karakter dapat terlihat bahwa Kobayashi setuju dengan tindakan yang dilakukan Ida Hime untuk keluar dari adat atau tradisi tersebut.


要旨

文学作品は生活の反射である。生活の反射として、文学作品は社会学的や心理学的から人間の生活と成長を描写である。この描写は作家が作った事件、背景、主人、テマ、語りなどからなる。それで、文学作品は心理的なことや人間の性格を主人の行動から反射される。この考えの基づいて文学作品は心理学から理解される。

この研究では森鴎外の文づかいにある主人公の性格をアブラハムの個性の理論から分析する。

本研究では、下のことについて描写する。

1. 文づかいの主人公が経験されることを適切に現実の自分実際を見る描写する。

2. 文づかいの主人公が経験されることを問題に焦点の自分実際を描写する。

3. 文づかいの主人公が経験されることを個人関係の自分実際を描写するである。

文づかい短編はいる作家森鴎外によって作りました。この短編はいる女性が自分の存在が気がつくことを話すである。

この研究に使用する方法は、分析、記述である。分析法は、作品をより明確に表すためであり、記述法は作品中のある事象を客観的方法により描写することである。

文づかい短編の主人公の分析に基づいて、三つの個人的な性格を描写できるである。まず、適切に現実を見ることの中に小林さんはイダ姫すなわち貴族の一人の姿がふかくかなしみ経験されることを見つけるである。

二つ目、問題に焦点について、つまり小林さんが自分実際にする以外の問題を見て、かれが誠実に手紙を宮殿にわたすと言う責務をしたである。

三つ目、個人関係について、つまり性格の比喩のもとでの深い関係から、小林さんはイダ姫さんが風俗から出たのがわかる.


64 ABSTRAK

NILAI BUDAYA KENDÕ BUKATSU DI UNIVERSITAS HOKKAIDÕ

(TINJAUAN ANTROPOLOGI PSIKOLOGI)

Nama : Luza Qodriyanti

Nomor Registrasi : 9824007

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa Dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Dalam suatu kebudayaan terdapat sistem nilai budaya yang terdiri dari konsepsi-konsepsi yang hidup dalam alam pikiran sebagian besar masyarakat, mengenai hal-hal yang harus mereka anggap bernilai dalam hidup (Koentjaraningrat,1983:25). Nilai budaya sangat penting artinya bagi segala tindakan manusia karena merupakan pedoman dalam segala tingkah laku di kehidupan masyarakat. Kajian ilmu yang mempelajari tentang tata kelakuan manusia yang termasuk diantaranya adalah nilai budaya secara holistik adalah Antropologi Psikologi.

Sebagai salah satu bentuk kebudayaan, kendõ bukatsu mempunyai nilai budaya tersendiri. Nilai budaya kendõ bukatsu ini menjadi pedoman anggotanya dalam beraktivitas kelompok. Dalam kendõ bukatsu terdapat nilai-nilai yang mencerminkan keramahan orang Jepang dan sekaligus kekerasan orang Jepang. Di satu pihak anggota klub kendõ bersikap sopan santun terhadap sesamanya tetapi dilain pihak anggota menunjukkan sikap keras selama berlatih kendõ. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti nilai budaya kendõ bukatsu di Universitas Hokkaidõ ini.

Penelitian yang dilakukan penulis membatasi 3 macam masalah untuk mengungkapkan nilai budaya kendõ bukatsu tersebut. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah :

1. Kegiatan rutinitas apa saja yang ada dalam kendõ bukatsu di Universitas Hokkaidõ ?

2. Bagaimana persepsi anggota kendõbu di Universitas Hokkaidõ terhadap keiko ?

3. Nilai budaya apa yang terkandung dalam kendõ bukatsu di Universitas Hokkaido ?

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil observasi, angket dan wawancara dengan menggunakan kajian Antropologi Psikologi untuk mencari nilai budaya kendõ bukatsu. Bentuk penelitian adalah studi kasus karena dilakukan secara intensif terhadap kelompok atau klub kendõ Universitas Hokkaidõ dan kesimpulan penelitian hanya berlaku dalam klub kendõ tersebut.

Hasil penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Kegiatan rutinitas kendõ bukatsu terbagi dalam 3 sesi yaitu kegiatan sebelum keiko, kegiatan selama keiko dan kegiatan setelah keiko.

2. Persepsi anggota klub kendõ terhadap keiko adalah mereka menganggap kendõ sebagai bagian dari hidup mereka dan ingin melakukan kendõ selama mungkin.

3. Nilai budaya yang terkandung dalam kendõ bukatsu ada 3 jenis orientasi yaitu :

a. Makna hidup manusia, meliputi ;

– Kedisiplinan harus dilakukan untuk dapat mengendalikan diri secara teknis agar mencapai jiwa yang tenang dalam menikmati hidup.

– Diutamakan tekad dan semangat yang tinggi untuk menguatkan diri secara fisik dan mental.

– Hormat kepada kami sama sebelum dan sesudah melakukan keikõ.

b. Makna dari amal perbuatan manusia, meliputi ;

– Kebajikan dinilai lebih tinggi daripada keuntungan material apapun.

– Pengendalian diri sangat penting agar hasil keikõ yang dilakukan menjadi maksimal.

c. Hubungan manusia dengan manusia, meliputi ;

– Tindakan berkelompok merupakan bidang penting untuk mendapatkan identifikasi kelompok dan pribadi.

– Adanya hirarki dalam kelompok merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan.

– Kesopanan bagi anggota klub kendõ adalah salah satu unsur keserasian yang harus dijaga dalam kelompok karena mereka selalu memperhatikan penilaian pendapat umum atas segala perbuatannya.

– Kendo sebagai hobi merupakan pembudidayaan keterampilan pribadi.


要旨

剣道部活の文化の価値

―北海道大学の場合―

(心理学的な人類学で分析する)

文化では社会の概念からできた価値の体系がある。人間行為に関しては行儀よさが生活で指針となっているため、文化の価値が必要である。心理学的な人類学はその人間行為の原則を明らかにする学問である。

日本文化として剣道部活は特殊な価値がある。剣道部活の価値は部員が活動する指針になっている。本稿では、その剣道部活の価値について特に北海道大学の剣道部活を対象に調べることを目的としている。本稿では三つの問題になる点について考察した。それは、

1.北海道大学の剣道部でどんな活動をしているのか。

2.北海道大学の剣道部で部員が稽古に関してどんな考え方をもっているのか。

3.北海道大学の剣道部でどんな文化の価値があるのか。

という問題点である。

本稿研究は性質の描写研究である。本研究の形式はケース研究であり、結論はその部活のみを対象にしたものである。

本稿では明らかになったことは以下の通りである。

1.剣道部活は三つの時間的な活動に分けられる。それは、稽古をする前の活動と稽古をするときの活動と稽古をしたあとの活動である。

2.稽古剣道に対して部員はできる限り長く剣道をやっていきたいという。

3.剣道部活の価値は三つの点に分けられる。

a. 人生の意味

-規律正しさを学ぶ

-強い心を養う

b. 慈善を行う意味

-善行をなすことは価値が高い

-自制心を養う

c. 人間関係

-集団でする行為

-集団の階級制度

-礼儀正しさを学ぶ

-趣味として発展する個人的な技術


65 ABSTRAK

STUDI DESKRIPTIF PERILAKU PEMUJAAN KAMI

DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT JEPANG

Nama : Deny Krisdiantoro

No. Reg : 98240021

Program Studi : Bahasa Jepang / S – 1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Keberadaan agama dalam suatu kehidupan masyarakat yang berbudaya sangatlah penting. Karena agama memilik peranan dalam pengaturan bertingkah laku dalam kehidupan manusia, baik dalam hubungannya dengan sang pencipta maupun hubungan sosial antar manusia. Demikian pula pada kehidupan masyarakat Jepang. Peranan dari agama Shinto yang memuja Kami sangatlah terlihat dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Hal itulah yang membuat penulis merasa tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang agama Shinto dan peranannya dalam kehidupan masyarakat Jepang. Sedangkan rumusan masalah yang penulis angkat adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana bentuk pemujaan terhadap Kami dalam kehidupan masyarakat Jepang, (2) Bagaimana hubungan antara perilaku pemujaan terhadap Kami dengan festival-festival (Matsuri) yang diadakan di Jepang, (3) Mengapa perilaku pemujaan Kami dalam kehidupan masyarakat Jepang masih bisa bertahan hingga dewasa ini.

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perilaku religi dalam kehidupan masyarakat Jepang. Sedangkan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini, adalah memberikan sumbanagan bagi pengembangan pengetahuan tentang budaya Jepang khususnya yang bersangkutan dengan religi.

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif . Sedangkan metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Sumber datanya adalah kumpulan artikel dan gambar yang berhubungan dengan pemujaan terhadap Kami, yang telah penulis dokumentasikan.

Setelah menganalisis data hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut :

  1. Terdapat empat bentuk pemujaaan terhadap Kami yaitu :

Harae

Persembahan Sesaji

Berdoa

Upacara suci (Naorai)

  1. Hubungan antara perilaku pemujaaan Kami dengan festival-festival yang diadakan di Jepang adalah didalam proses pelaksanaan festival empat bentuk pemujaan terhadap Kami juga dilakukan.
  2. Alasan masyarakat Jepang tetap melakukan terhadap Kami adalah karena pemikiaran mereka yang menghormati leluhurnya dan juga pemikiran mereka yang sangat emosial.

Dengan adanya penelitian ini penulis harapkan dapat berguna bagi pembelajar bahasa Jepang khususnya tentang kebudayaan bangsa Jepang.


要旨

日本の社会の中に神を礼拝する行為に対する研究

人間の生活の中で宗教の存在が本当にたいせつである。日本人の生活の中でもおなじである。この論文で筆者は日本人の生活の中での神道の役割を研究している。

この論文の問題は次のようなことである:

1.日本人の生活の中で神にたいして礼拝するけいしきがどうであるか。

2.神にたじして礼拝することは日本でおこなわれる祭りとどんな関係がなんであるか。

3.日本人の生活の中で神にたいして礼拝することがいままでもまだおこなわれている。それはなぜであるか。

筆者があつめたこの論文の研究するデータは神に対して礼拝することと関係する文章と絵である。

この問題をこんきょうとするであるからこの論文の目的は日本人の生活の中に宗教てきな行為をあらわす。それから有益は日本文化についての知識を発展に貢献させてくれる。特に宗教と関係がある文化である。この論文に使用される方法は analisis deskriptif という方法である。

研究したあとで、結果が次のようなことである:

1.日本人の生活の中で神に対して礼拝するけいしきが四つある。

―はらえ。

―神に対する供物をさしあげること。

―お祈り。

―なおらい。

2.神に対して礼拝するために日本でおこなわれる祭り関係は祭の中で神に対して礼拝するけいしき(はらえ、神に対する供物をさしあげること、お祈り、なおらい)もおこなわれる。

3.神に対して礼拝することが日本人の生活の中にまだおこなわれる理由は:

―日本人は先祖に対してそんけいしていることである。

―日本人の考え方は感情的である。

日本語を勉強する大学生にとって日本の文化を知っていることが本当にたいせつと考える。


66 ABSTRAK

ANALISIS CINTA NOVEL 「冷静と情熱のあいだROSSO

REISEI TO JOUNETSU NO AIDA ROSSO

(ANTARA KETENANGAN DAN HASRAT)

KARYA 江國香織

Nama : Yulis Rohana

No. Reg : 00240205

Program Studi : S1

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang/S1

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul “Analisis Cinta Novel 「冷静と情熱のあいだ ROSSOReisei To Jounetsu No Aida Rosso (Antara Ketenangan dan Hasrat) karya江國香織”. Pemilihan judul tersebut dilandasi bahwa masalah cinta merupakan salah satu masalah yang menarik dalam dunia sastra.

Dalam menganalisis novel Reisei To Jounetsu No Aida Rosso karya Kaori Ekuni , rumusan masalahnya sebagai berikut:

1. Sumber daya tarik apa saja yang bisa membuat tokoh Aoi mencintai tokoh Marv dalam novel Reisei To Jounetsu No Aida Rosso karya Kaori Ekuni?

2. Bagaimanakah cara tokoh Aoi mengungkapkan cintanya pada tokoh Marv dalam novel Reisei To Jounetsu No Aida Rosso karya Kaori Ekuni?

3. Tipe cinta apakah yang dimiliki tokoh Aoi pada Marv dalam novel Reisei To Jounetsu No Aida Rosso karya Kaori Ekuni?

Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:

1. Mengetahui sumber daya tarik yang bisa membuat tokoh Aoi mencintai tokoh Marv dalam novel Reisei To Jounetsu No Aida Rosso karya Kaori Ekuni.

2. Mengetahui cara tokoh Aoi mengungkapkan cintanya pada tokoh Marv dalam novel Reisei To Jounetsu No Aida Rosso karya Kaori Ekuni.

3. Mengetahui tipe cinta yang dimiliki tokoh Aoi pada Marv dalam novel Reisei To Jounetsu No Aida Rosso karya Kaori Ekuni.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Metode kajian isi digunakan untuk menganalisis karya sastra. Sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis data. Sumber data yang digunakan adalah novel “Reisei To Jounetsu No Aida Rosso” karya Kaori Ekuni.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa:

1. Sumber daya tarik yang menyebabkan Aoi jatuh cinta kepada Marv adalah: daya tarik fisik dan kepribadian.

2. Cara Aoi mengungkapkan cintanya pada Marv adalah mengungkapkannya secara langsung, melalui bahasa tubuhnya, melalui sentuhannya, melalui tindakan-tindakan yang nyata.

3. Sedangkan tipe cinta yang dimiliki oleh Aoi terhadap Marv adalah romantic love.


要旨

江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中における

愛情の分析について

本研究では、江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中における愛情の分析研究した。愛情は人間の生活の問題だから文学作品の興味深いテ―マになる。

短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の分析における問題は次の3点である。

1.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるマ―ヴの魅力はどのようなものであろうか。

2.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるマヴに愛情を表現し方はどのようなものであろうか。

3.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるアオイの愛情の種類はどのようなものであろうか。

そして本研究の目的は、

1.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるマヴの魅力を知ることである。

2.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるマヴに愛情を表現し方を知ることである。

3.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるアオイの愛情の種類を知ることである。

本研究は質的な研究で内容分析法との方法を使用する。内容分析は文学を観察するために使うする。収集のために江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」を使用する。

分析の結果次のことが明らかになった。

1.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるマヴの魅力は肉体美と個性の魅力ですある。

2.江國香織の短編「冷静と情熱のあいだROSSO」の中に見られるマヴに愛情を表現し方はちょくせつ愛情を表現するやジェスタ―やかの女さわるいや彼にたいする態度であらわす。

3.マ―ヴに対するアオイの愛情はロマンチックラブと言う愛情である。


67 ABSTRAK

ANALISIS PEMBUNUHAN IMAJINER

TOKOH UTAMA DALAM CERPEN 袈裟と盛遠 (KESA TO MORITO)

KARYA 芥川竜之介作 (AKUTAGAWA RYŪNOSUKE)

Nama : Petra Ayuningtyas Virghanita

Nomor Registrasi : 00240001

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang / S1 / 2000

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Imajinasi merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah kehidupan. Manusia bisa hidup dan berkembang karena adanya daya imajinasi yang ada pada diri mereka. Manusia menemukan ide dan mengembangkan ide tersebut dalam kehidupan nyata karena adanya imajinasi. Tanpa imajinasi maka manusia tidak mempunyai kehidupan karena imajinasi merupakan sumber dari munculnya kehidupan itu sendiri.

Sama halnya dengan sebuah karya sastra dimana imajinasi mempunyai peran yang penting dalam terbentuknya karya sastra tersebut. Dengan imajinasi pengarang mampu menciptakan dan mengembangkan ide mereka menjadi sebuah karya sastra yang bagus.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dalam penelitian ini penulis akan mengkaji tentang Imajinasi membunuh pada salah satu cerpen karya 芥川竜之介作 yang berjudul 袈裟と盛遠 (Kesa dan Morito). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

1. Bagaimanakah karakter tokoh 盛遠 (Morito) dan 袈裟 (Kesa) dilihat dari aspek fisik, psikis, dan status sosialnya dalam cerpen 袈裟と盛遠 karya 芥川竜之介作 ?

2. Bagaimanakah proses terjadinya pembunuhan Imajiner 袈裟と盛遠 dalam cerpen 袈裟と盛遠 karya 芥川竜之介作 ?

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan karakter tokoh 盛遠 dan 袈裟 yang ditinjau melalui aspek fisik, psikis, status sosial dan untuk mendiskripsikan proses terjadinya pembunuhan imajiner pada tokoh 盛遠 dalam cerpen 袈裟と盛遠 karya 芥川竜之介作 ?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis digunakan untuk menganalisa cerpen 袈裟と盛遠 sehingga dapat menunjukkan aspek yang diteliti dengan jelas, sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan hasil analisis data.

Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah :

1. Menggambarkan karakter tokoh 盛遠 dan 袈裟 yang ditinjau melalui aspek fisik, psikis, dan status sosial dalam cerpen 袈裟と盛遠 karya Akutagawa Ryūnosuke. Penggambaran karakter pada tokoh 盛遠 dan 袈裟 tersebut nantinya akan dikaitkan dengan terjadinya pembunuhan imajiner yang dialami oleh tokoh utamanya 盛遠.

2. Proses terjadinya pembunuhan imajiner pada tokoh 盛遠 dalam cerpen 袈裟と盛遠 karya 芥川竜之介作 ini dianalisis dengan cara mengklasifikasikan kejadian-kejadian dalam cerpen tersebut ke dalam dua tahap yaitu :

a) Tahap Awal yang menjelaskan mengenai sebab-sebab terjadinya pembunuhan imajiner yang dialami tokoh utama 盛遠 yang berawal saat 盛遠 menjalin hubungan cinta kembali dengan mantan kekasihnya 袈裟 meskipun tahu bahwa kesa telah menikah dengan wataru. Masalah timbul saat 袈裟 mulai meminta 盛遠 untuk bertanggung jawab pada hubungan perselingkuhan mereka. Dalam keadaan kalut dan bingung 盛遠 berjanji pada 袈裟 bahwa dirinya akan membunuh demi tanggung jawabnya pada 袈裟 atas kelangsungan hubungan mereka meskipun sebenarnya 盛遠 tidak ingin menjadi seorang pembunuh demi wanita yang tidak dia cintai lagi.

b) Tahap akhir merupakan tahap di mana tokoh utama 盛遠 dalam cerpen 袈裟と盛遠 mengalami imajinsi – imajinasi tentang pembunuhan. Pada tahap ini dijelaskan tentang imajinasi 盛遠 pada saat membunuh .

要旨

芥川良之助『袈裟と盛遠』の中における主人公に

イマジナー殺人行為の意味の研究について

イマジなションは生活に必要な事である。生きられて増えることができる、したがってに人間にイマジナションがある。イマジナションがなかったら人間の生活がない、したがってイマジナションは人間の生活にある。

イマジナションは文学作品と同じことである。イマジナションは文学作品に必要なことである。イマジナションで作者は良かった文学作品を作ることができる。

本研究は作品中の発場人物の心理状態の研究で文学作品と心理学の関係はどこまであるのか調べてみることである。

1. 芥川良之助『袈裟と盛遠』の中における身体特徴、精神特徴 と社会的地位に主人公の性格はどのようなものであろうか。

2. 芥川良之助『『袈裟と盛遠』の中におけるイマジナー殺人行為の修理はどのようなものであろうか。

この研究の目的は芥川良之助『袈裟と盛遠』の中における主人公にイマジナー殺人行為の意味を知る。

本研究はデスクリティフクアリタティプ方法を用い。この方法は文学のため研究をつかられる。芥川良之助『袈裟と盛遠』の中における主人公にイマジナー殺人行為について質問や答えを記述した。

この研究の結果、このような明らかになった。

1. 『袈裟と盛遠』という人物の特徴は身体、精神と社会的地位というアスペクトで決っている。その人物の特徴はイマジナー殺人行為との関係を記述した。

2. 盛遠のイマジナー殺人行為の経過を調べるために、芥川良之助『袈裟と盛遠』作品にあける出来事を二つに分けて、その出来事を分析した。

出来事の分割は次通りである:

a 始めの段階は盛遠がイマジナー殺人行為をする訳を説明する。盛遠は袈裟との恋愛のため、渡という袈裟の夫を殺すとやくそくしても人を殺したくないのでイマジナー殺人行為した。

b 最後の段階は盛遠のイマジナー殺人行為を説明する。この段階には盛遠渡を殺すことについて理想した。


68 ABSTRAK

PENGARUH SADISME FISIK TERHADAP PERILAKU TOKOH UTAMA

DALAM NOVEL MUSASHI『武蔵』jilid IV

KARYA EIJI YOSHIKAWA『吉川英治』

( KAJIAN PSIKOLOGIS )

Nama : Latif Wijianto

Nomor Registrasi : 00240212

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang / S1 / 2000

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Dengan menggunakan jenis kajian ketiga yaitu tentang kaidah-kaidah psikologi yang terdapat dalam sebuah karya sastra, penelitian ini mencoba melihat sejauh mana hubungan antara sastra dan psikologi pada salah satu karya dari Eiji Yoshikawa dalam novelnya yang berjudul Musashi pada jilid keempat. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengambil rumusan masalah sebagai berikut :

1. Bagaimanakah karakter tokoh Musashi dilihat dari aspek fisik, psikis, dan status sosialnya dalam novel Musashi JILID IV karya Eiji Yoshikawa?

2. Bagaimanakah proses terjadinya unsur-unsur sadisme fisik pada tokoh Musashi dalam novel Musashi JILID IV karya Eiji Yoshikawa?

3. Bagaimanakah pengaruh unsur sadisme terhadap tokoh Musashi ditinjau melalui aspek emosional dan aspek intelektual dalam novel Musashi (jilid IV) karya Eiji Yoshikawa?

Berdasarkan rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk :

1. Mendeskripsikan karakter tokoh Musashi yang ditinjau melalui aspek fisik, psikis, dan status sosial dalam novel Musashi (jilid IV) karya Eiji Yoshikawa.

2. Mendeskripsikan proses terjadinya Sadisme fisik pada tokoh Musashi dalam novel Musashi (jilid IV) karya Eiji Yoshikawa.

3. Mendeskripsikan pengaruh perilaku sadisme fisik pada tokoh Musashi yang ditinjau melalui aspek emosional dan aspek intelektual dalam novel Musashi (jilid IV) karya Eiji Yoshikawa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis digunakan untuk menganalisa novel Musashi (jilid IV) sehingga dapat menunjukkan aspek yang diteliti dengan jelas, sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskriptifkan hasil analisis data. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah :

1. Tokoh Musashi merupakan tokoh laki-laki muda yang hidupnya mengembara sebagai seorang samurai untuk mencari cahaya kesempurnaan sebagai seorang samurai.

2. Proses terjadinya sadisme fisik pada tokoh Musashi dalam novel Musashi (jilid IV) karya Eiji Yoshikawa ini dianalisis dengan cara mengklasifikasikan kejadian-kejadian dalam novel tersebut kedalam dua tahap yaitu :

a. Tahap Awal yang menjelaskan mengenai sebab-sebab awal yang melatarbelakangi Musashi melakukan tindakan sadisme fisik bermula saat Musashi mulai mempelajari ajaran samurai dari leluhurnya sejak dia masih kecil hingga beranjak dewasa. Ajaran samurai membentuk karakter Musashi menjadi pribadi yang kaku, keras, dan bengis namun tangkas, cerdas, dan mempunyai disiplin tinggi.

b. Tahap Akhir merupakan tahap dimana tokoh utama Musashi dalam novel Musashi (jilid IV) karya Eiji Yoshikawa melakukan sadisme fisik seperti membunuh para musuh-musuhnya dengan memenggal kepalanya. Hal tersebut dilakukan oleh Musashi untuk melindungi dirinya dari serangan para musuhnya.

3. Pengaruh sadisme fisik pada tokoh Musashi timbul setelah Musashi membunuh Genjiro seorang anak kecil. Pengaruh sadisme fisik ditinjau melalui dua aspek yaitu :

a. Aspek Emosional yaitu Musashi merasa sedih dan menyesal karena telah membunuh Genjiro.

b. Aspek Intelektual yaitu Musashi membuat patung kanon sebagai bentuk penyesalannya dan berusaha menebus kesalahannya pada Genjiro dengan berdoa bagi arwah Genjiro.


要旨

吉川英治『武蔵第4巻』の中における主人公に

身体特徴のサディスムの研究について

本研究は作品中の発場人物の心理状態の研究で文学作品と心理学の関係はどこまであるのか調べてみることである。

  1. 吉川英治『武蔵第4巻』の中に見られる身体特徴、精神特徴 と社会的地位に主人公の性格はどのようなものであろうか。
  2. 吉川英治『武蔵第4巻』の中に見られる主人公にサディスム種類はどのようなものであろうか。
  3. 吉川英治『武蔵第4巻』の中に見られる主人公に感情と知能力にサディスムの影響はどのようなものであろうか。

この研究の目的は

  1. 吉川英治『武蔵第4巻』の中に見られる身体特徴、精神特徴 と社会的地位に主人公の性格を説明する。
  2. 吉川英治『武蔵第4巻』の中に見られる主人公にサディスム種類を説明する。
  3. 吉川英治『武蔵第4巻』の中に見られる主人公に感情と知能力にサディスムの影響を説明する。

本研究はデスクリティフクアリタティプ方法を用い。この方法は文学のため研究を使用する。吉川英治『武蔵第4巻』の中における主人公に身体特徴のサディスムについて質問や答えを記述した。

この研究の結果、このような明らかになった。

  1. 武蔵は侍として自己完全のために流浪してる青年侍という人物である。
  2. 武蔵の身体的なサディズムの経過を調べるために『武蔵』という吉川英治作品にあける出来事を二つに分けて、その出来事を分析した。

出来事の分割は次通りである:

a 最初の段階は武蔵小さい頃から侍教で育てられる、敏活な利口な,規律もあり、無常なさむらいになった。

b 最後の段階は武蔵が身体的なサディズムをすること訳を説明する。

武蔵は自己坊衛をして、敵の首を切り落とした。

  1. 武蔵がまだ小さな源次郎を殺したあとは次のアスペクトが出る:

a 感情的武蔵が源次郎を殺してから悩んだり後悔したりした。

b 知力的なアスペクトには武蔵が源次郎の霊のためにkannon像を彫って、お祈りした。

69 ABSTRAK

PENGARUH LATAR FISIK TERHADAP PERILAKU

TOKOH UTAMA DALAM CERPEN 文づかひFUMIZUKAI (PENGANTAR SURAT) KARYA 盛鴎外MORI OUGAI

(SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI PERILAKU)

Very Davit

00240230

要旨

文学は感情や考えや影や現実などを芸術的な言葉で表すものである。ストリはある時間や場と関係がある人物の会ったもの、することの描写である。その時間。場はセッチングといわれて、ストリの内容を理解できるために使われている。

本研究で森鴎外の短編小説「文づかひ」における「セッチング」と心理学からみた主人公の対度との関係を調べた。この研究はdeskriptif-kualitatifの方法を用いた。

研究の問題は次の通りである.

1. 森鴎外の文づかひにおける「場のセッチング」はどのような描写があるのか。

2. 自然は心理学からみた主人公のに対度に対してどのように影響を与えるのか。

データを分析するために心理学からみたポシテイブな対度についてのCalhoun &Accecollaの理論、また心理学からみたネガテイブな対度についてのMaramisの理論を使用した。

研究のけっかは次の通りである。

1. 文づかひにおける場のセッチングはラアゲヰツツの村のちかく、ビラミイドの頂上、ドベンの城、王宮、とそのところの当たり。

2. 場のセッチングは心理学からみて、主人公の対度によく影響を与えることである。ポシテイブな影響は「愛情」、「敬意」、適応、と考えごとというものを出現する。ネガテイブな影響は「しんぱい」と「ハルシナション」を出現する。


70 ABSTRAK

PENGARUH ETOS KERJA MANUSIA JEPANG PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. OTSUKA INDONESIA SURABAYA

Nama : Ika Hesanova Pahlawasari

No. Regestrasi : 98240037

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Kepuasan kerja merupakan suatu sikap yang positif yang menyangkut penyesuaian diri yang sehat dari para karyawan termasuk situasi dan kondisi kerja. Kepuasan kerja dapat dilihat dari pekerjaan itu sendiri, hubungan antara atasan dan rekan sesama kerja, keamanan jaminan sosial dan ekonomi karena situasi dan kondisi perusahaan Jepang berbeda dengan perusahaan Indonesia maka dapatkah karyawan Indonesia memperoleh kepuasan kerja di perusahaan Jepang. Kemudian penulis yang memilih PT.Otsuka karena merupakan salah satu perusahaan Jepang di Indonesia yang menerapkan peraturan sesuai dengan aturan bekerja tetap seperti di Jepang yang dijadikan bahan penelitian dengan judul : “Pengaruh Etos Kerja Manusia Jepang Pada Kepuasan Kerja Karyawan PT.Otsuka Indonesia Surabaya.

Berdasarkan uraian diatas penulis menetapkan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana etos kerja manusia Jepang

2. Bagaimana pengaruh etos kerja manusia Jepang pada kepuasan kerja karyawan Indonesia di PT.Otsuka Indonesia.

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode analisis statistik.

Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui etos kerja manusia Jepang dan pengaruhnya terhadap karyawan Indonesia di perusahaan Jepang.

Manfaat penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan tentang budaya bekerja bangsa Jepang.

Sedangkan subjek penelitian ini adalah karyawan PT.Otsuka cabang Surabaya sebagai objek penelitiannya. Untuk mendukung penelitian ini diperlukan data-data. Data-data tersebut diperoleh maka diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode angket (kuisioner). Setelah data diperoleh maka diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik. Adapun rumus yang digunakan adalah : Koofisien korelasi Pearson dan Analisis Regresi Berganda dengan menggunakan program SPSS 12.0 for Windows sebagai tehnik pengujian hipotesis dan analisis data.

Dari hasil analisis data tersebut diketahui bahwa :

  1. Dengan menggunakan uji F disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dan penghitungan regresi berganda kepuasan dipengaruhi oleh Etos kerja, hubungan harmonis, dan jaminan sosial ekonomi sebesar 0,443 artinya informasi yang terkandung dalam data sebesar 44,3 % seperti dijelaskan oleh model tersebut sisanya 45,7 % dijelaskan oleh variable lain.
  2. Dengan pengaruh secara individu (parsial) dilakukan dengan pengujian t. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh :

Etos kerja memiliki pengaruh signifikan sebesar 37,6 %

Hubungan harmonis memiliki pengaruh signifikan sebesar 13,3 %

Jaminan Sosial dan ekonomi memiliki pengaruh tidak signifikan sebesar 0,1 %


スラバヤおつか株式会社の社員の働満に

日本人の働能力の影響の研究について

働満は働く時に積極的な社員の性格である。働満は経済と社会保証、共同経営者の関係に見られる。日本の会社に状態はインドネシアの社会に同じではないからである。おつか株式会社ではインドネシアに日本の会社の規則を使用するからです。それから、この研究のテーマはスラバヤおつか株式会社の社員の働満に日本人の働能力の影響の研究について

この研究の問題点は

1. 日本人の働満はどのようなものであろうか。

2. スラバヤおつか株式会社の社員の働満に日本人の動能力の影響はどのようなものであろうか。

この本研究はKUALITATIF クアリタティフ方法とSTATISTIKスタティスティック方法を使用する。この研究の目的はスラバヤおつか株式会社の社員の働満に日本人の動能力の影響を知ることである。研究の利点は日本の文化と働き方を知ることである。

研究の和裁はスラバヤのおつか株式会社の社員である。データを集め方はアンケト方法を使用する。データ集めた、このデータはSTATISTIKスタティスティック方法を使用して研究されられる。この方式はSPPS 12,0 FOR WINDOWSを使用しKOOFISIEN KORELASI PEARSONREGRESI BERGANDA式である

研究の結果は、次のことが明した。

1. Fテストを使用する、0,443%値には働満に経済と社会保証、調和関係の影響がある。443%のインフォルマションはデータの中にあって、モデルを説明ようにする。45%に残すデータのはほかのモデルを説明される。

2. tテストで個性的の影響である。

REGRESI LINIER BERGANDA結果は,

1. 働能力は376%値の影響である。

2. 調和関係は133%値の影響である。

3. 経済と社会保証は01%値の影響である。


71 ABSTRAK

PENGARUH LATAR TERHADAP PENOKOHAN 喜助 (KISUKE) DALAM CERPEN『高瀬舟』TAKASEBUNE (PERAHU TAKASE) KARYA 森鴎外 (MORI ŌGAI)

Nama : Novalita Kusuma Indah

No. Reg : 012104002

Program Studi : S1

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang/ S1

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Semua karya sastra termasuk cerpen, tidak terlepas dari unsur-unsur yang mendasari karya tersebut. Unsur-unsur tersebut adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari dalam, seperti alur, tokoh, setting, sudut pandang, tema, amanat dan lain-lain. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari luar seperti agama, politik, biografi pengarang dan lain-lain.

Sebuah karya sastra adalah suatu kesatuan dengan unsur-unsurnya terjalin secara fungsional. Karya sastra yang cemerlang terletak pada kebulatan dan keterpaduannya, tidak terpisah-pisah. Sehingga unsur-unsur tersebut saling memiliki keterkaitan dan saling mendukung antara yang satu dengan yang lain.

Bertolak dari latar belakang di atas, penelitian terhadap cerpen『高瀬舟』Takasebune (Perahu Takase) Karya 森鴎外 (Mori Ōgai) penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut:

1. Bagaimanakah latar cerpen『高瀬舟』Takasebune karya森鴎外(Mori Ōgai).

2. Bagaimanakah pengaruh latar terhadap penokohan tokoh喜助 (Kisuke) dalam cerpen『高瀬舟』Takasebune karya 森鴎外 (Mori Ōgai).

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran latar dan pengaruh latar terhadap penokohan tokoh喜助 (Kisuke) dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif digunakan untuk menguraikan dan menganalisis serta menjabarkan data-data yang telah didapat sehingga menghasilkan analisis yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar dalam cerpen『高瀬舟』Takasebune terjadi pada waktu tertentu yaitu permulaan abad ke-19 pada zaman Tokugawa dan terjadi di Kyoto dan Osaka. Suasana sungai, suasana senja musim gugur, suasana musim panas dan suasana malam menunjukkan suasana alamiah. Adat istiadat, agama dan kepercayaan, cara berpikir dan bersikap喜助 (Kisuke), serta status sosial menunjukkan adanya suasana sosio kultural. Perasaan keragu-raguan, optimis, kebahagiaan, kesedihan, cinta kasih dan kekejaman yang menggambarkan adanya suasana batiniah.

Pengaruh latar terhadap penokohan adalah penggambaran tokoh喜助 (Kisuke) yang berumur 30 tahun, bertubuh kurus, bersikap sopan dan pendiam, tabah, setia dan patuh, tidak mudah menyerah serta bijaksana.


要旨

森鴎外の短編『高瀬舟』の喜助の

性格に対する背景の影響を研究する

短編は文学作品の一つの形である。作品には、二つの要素がある。内在的要素は、内部の要素で、例えば、土地、外観、委任、テ-マなどである。外在的要素は外部の要素で、例えば、宗教や作家の履歴や政治などである。

文学作品は、機能的に組み合わされた様々な要素によって構成された一つの総合体である。文学作品としての美しさは、それぞれの要素ではなく、総合されたその全体にある。それで、その要素は関係ともうだくの間隔である。

その事件の背景にもとずいて、森鴎外の短編『高瀬舟』の研究に、問題は次の二点である。

1. 森鴎外の短編『高瀬舟』の背景は何か。

2. 森鴎外の短編『高瀬舟』の喜助の性格に対する背景の影響を研究は何か。

その研究の目的は“deskriptif kualitatif” で背景の描写と喜助の性格に対する背景の影響をとった。

分析の結果、次のことが明らかになった。背景に短編『高瀬舟』は徳川時代に京都と大阪で表す。川、秋、夏、夜などの自然の雰囲気を表す。風俗習慣、宗教と確信、喜助の考え方、社会的地位、社会の具合を表す。躊躇、楽天家、幸せ、悲しみ、愛情、冷酷などの感情を表す。

喜助の性格に対する背景の影響を研究は三十歳、やせたひと、敬意と沈黙、勇敢な、忠実と服従、などを表す。


72 ABSTRAK

PENGARUH DINAMISME DAN ANIMISME TERHADAP SIKAP-SIKAP HIDUP BERDASARKAN MAKNA HIDUP JIRO DALAM DRAMA KANTAN KARYA MISHIMA YUKIO

Nama : Ponco Wijayanti Ningtyas

No. Registrasi : 012104204

Program Studi : Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa Seni dan Sastra

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Drama Kantan karya Mishima Yukio dipengaruhi konsep dinamisme dan animisme. Dinamisme adalah kepercayaan terhadap benda yang mempunyai kekuatan gaib sedangkan animisme adalah kepercayaan terhadap roh atau makhluk halus. Dinamisme dan animisme sering kali dapat mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap kehidupan. Hal ini juga diperlihatkan dalam drama Kantan. Tokoh utama dalam drama Kantan yang bernama Jiro, mengalami perubahan sikap manakala ia tidur di atas bantal ajaib. Pada mulanya Jiro mengalami hidup hampa, yang diidentifikasikan oleh Bastaman sebagai Neurosis Noogenik. Berkat pengaruh dinamisme dan animisme dapat merubah cara pandang Jiro terhadap sikap hidupnya menjadi lebih bermakna.

Untuk lebih jelasnya penulis mendeskripsikan permasalahannya sebagai berikut :

1. Bagaimanakah manifestasi dinamisme dan animisme yang terwujud dalam drama Kantan karya Mishima Yukio?

2. Bagaimanakah pengaruh dinamisme dan animisme terhadap sikap-sikap hidup berdasarkan makna hidup Jiro dalam drama Kantan karya Mishima Yukio?

Berdasarkan rumusan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan :

1. Mendeskripsikan manifestasi dinamisme dan animisme yang terwujud dalam drama Kantan karya Mishima Yukio.

2. Mendeskripsikan pengaruh dinamisme dan animisme terhadap sikap-sikap hidup berdasarkan makna hidup Jiro dalam drama Kantan karya Mishima Yukio.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah:

1. Konsep dinamisme yang terdapat dalam drama Kantan karya Mishima Yukio adalah bentuk kepercayaan pada benda keramat yang berupa bantal ajaib, sedangkan konsep animisme yang terdapat dalam drama ini adalah kepercayaan terhadap roh.

2.

Kepercayaan terhadap dinamisme dan animisme mempengaruhi sikap-sikap hidup Jiro, misalnya : ia lebih bergairah hidup.


要旨

三島由紀夫のドラマ「邯鄲」における次郎の生活意味によって生活態度へのDynamism Animism の影響

三島由紀夫のドラマ「邯鄲」はDynamism Animism によって影響された。Dynamism というのはマジックの力がある物を信じることであり、Animismというのは幽霊や神などを信じことである。Dynamism Animismはよく世間の人生観に影響をおよばも。ドラマ邯鄲にDynamism Animism の影響を見ることができる。ドラマ邯鄲の主人公は次郎といいて、マジック枕の上に寝れば次郎の態度が変わって来た。初めから次郎の生活が空虚することがあるのでそんな状態はBastaman によるとNeurosis Noogenikといいます。Dynamism Animism の影響によって次郎の人生観は生活意味がもっと意味を含むことができたのである。

本研究では、このドラマに現れ次の問題点を取り上げる。

1. どんなドラマ「邯鄲」においてDynamism Animismはどのように存在しているか。

2. ドラマ「邯鄲」において次郎の有意義な人生によって生活態度に対するDynamism Animismの影響はどのようにあらわれているか。

本研究目的:

1. ドラマ「邯鄲」においてDynamism Animismのはどのように描かれているを知りたい。

2. ドラマ「邯鄲」においで次郎の人生意味によって生活態度に対するDynamism Animismの影響について知りたい。

本研究ではAnalisis Deskriptif分析の方法を使用した。

本研究の結果は:

1. ドラマ「邯鄲」においてDynamismはマジック枕にマジックの力がある物を信じることであって、Animismは幽霊を信じることである。

2. Dynamism Animism を信じることは次郎の生活態度に影響をおよばす。例えば: もっと生活に熱情になる。


73 ABSTRAK

ANALISIS AGRESIVITAS TOKOH ANTAGONIS DALAM NOVEL

HANA NO WARUTSU 花のワルツ』(WALSA BUNGA)

KARYA KAWABATA YASUNARI (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Nama : Citra Astrining

No. Registrasi : 012104222

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul Analisis Agresivitas Tokoh Antagonis Dalam Novel Hana no Warutsu花のワルツ』(Walsa Bunga) Karya Kawabata Yasunari (Kajian Psikologi Sastra). Pemilihan tersebut dilandasi bahwa sastra dalam menggambarkan kehidupan tidak terlepas dari persoalan manusia dan kemanusiaan. Dalam menghidangkan persoalan manusia itu sastra menampilkan ilmu jiwa dan kejiwaan yang terungkap dalam bentuk perilaku, watak, dan kepribadian. Oleh karena itu, karya sastra mengandung fenomena-fenomena kejiwaan atau karakteristik manusia yang tercermin melalui perilaku tokoh-tokohnya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

1. Bagaimana agresivitas tokoh antagonis (Hoshie) dalam novel Hana no Warutsu Karya Kawabata Yasunari?

2. Bagaimana pengaruh agresivitas tokoh antagonis (Hoshie) tersebut terhadap tokoh-tokoh lainnya dalam novel Hana no Warutsu Karya Kawabata Yasunari?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah:

1. Adanya kecenderungan berperilaku agresif pada tokoh-tokoh antagonis dalam bentuk-bentuk sebagai berikut:

a. Agresi fisik langsung (memukul, membanting, melempar, menendang)

b. Agresi fisik tidak langsung (acuh tak acuh, egois)

c. Agresi verbal aktif (memarahi, menghina, mengumpat)

2. Adanya pengaruh agresivitas dari tokoh antagonis (Hoshie) terhadap tokoh-tokoh lain, antara lain berupa:

a. Timbulnya pengertian

b. Timbulnya rasa dibutuhkan

c. Timbulnya motivasi diri

d. Timbulnya rasa cinta dan percaya diri.


要旨

川端康成の『花のワルツ』似おける敵対者の攻撃分析について:

心理研究

この論文のタイトルは川端康成の『花のワルツ』における敵対の攻撃的分析について:心理研究である。このテーマを選んだ理由は、人間は人間問題及び人間小生と関わっているからである。その文化は精神と霊学伺性良心と性質を表れて人間問題を表現する。だから、文化は欺くにの行為に表れた人間性格またわ性現象を持つ。

本論文は次の問題を述べる:

1. 川端康成の『花のワルツ』における敵対者のほしえの攻撃的なことはどうであろうか。

2. 川端康成んの『花のワルツ』における敵対者のほしえの攻撃的なことは他の登場人物に対してどういう研究をあたえるのか。

本論文に使った方法アナリシスデスクリップテイフである。

本論文の結果は:

1. 川端康成の『花のワルツ』における敵対者のほしえの攻撃的なことは次のようである。

a. 直接的な攻撃。それは、たたくこと、打ち付けること、投げること、蹴ることである。

b. 間接的な攻撃。それは、知らない不利をしていること、履行的なことである。

c. 直接的なヴェルバルの攻撃。それは、叱ること、非難すること、悪口を言うことである。

2. 敵対者のほしえの攻撃的なことは他の登場人物に影響を与えることは次のヨウナコトヲ述べる。

a. 総合理解をすること。

b. 他人に役に立つことを持つこと。

c. 自発生が起こること。

d. 自愛及び自信を持つこと。


74 ABSTRAK

ANALISIS KECERDASAN SPIRITUAL TOKOHおしん (OSHIN) DALAM NASKAH DRAMA おしん(OSHIN) JILID I KARYA HASHIDA SUGAKO

Nama : Dian Rohmi Wulan

No. Regristasi : 012104220

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Naskah drama Oshin adalah naskah drama yang ditulis oleh pengarang wanita Jepang yang bernama Hashida Sugako. Naskah drama Oshin menceritakan keadaan masyarakat Jepang pasca perang Rusia- Jepang, yang menyebabkan penderitaan dan kemiskinan. Begitu pula dengan tokoh Oshin, sejak umur tujuh tahun dia harus ikut serta memikul beban keluarga dengan bekerja sebagai pembantu sukarela. Walaupun harus bekerja keras setiap harinya, Oshin sadar akan tujuan dan keinginannya untuk bersekolah. Oshin tetap setia pada panggilan hatinya, walaupun banyak rintangan yang menghalangi. Di sini telah tampak adanya bibit-bibit kecerdasan spiritual pada diri oshin kecil. Karena alasan itulah penulis tertarik untuk mengkaji psikologi tokoh Oshin dari sudut pandang kecerdasan spiritual.

Dalam menganalisis kecerdasan spiritual yang dimiliki tokoh Oshin dalam naskah drama Oshin jilid I karya Hashida Sugako, rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:

1. Ciri kecerdasan spiritual apa sajakah yang terdapat pada tokoh Oshin dalam naskah drama Oshin jilid I karya Hashida Shugako.

2. Bagaimana perwujudan tingkah laku tokoh Oshin sehubungan dengan ciri kecerdasan spiritual yang dimilikinya pada naskah drama Oshin jilid I karya Hashida Shugako.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kecerdasan spiritual yang dimiliki tokoh Oshin dan perwujudannya dalam tingkah laku, yang kemudian dipecahkan menggunakan teori Marsha Sinetar.

Untuk mendalaminya digunakan pendekatan ekstrinsik tanpa mengabaikan unsur-unsur lain dalam naskah drama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis naskah drama tersebut sehingga mengarah pada aspek yang diteliti secara jelas.

Hasil analisis data menunjukkan:

a. Kesadaran diri yang mendalam akan siapa dirinya dimiliki oleh tokoh Oshin. Terbukti dengan kemampuan tokoh Oshin menempatkan dirinya.

b. Tokoh Oshin memiliki pandangan yang luas tentang dunia.

c. Tokoh Oshin memiliki moral yang tinggi dan kemampuan melindungi diri.

d. Pemahaman akan tujuan hidup tokoh Oshin telah terpatri sejak dini.

e. Rasa keingintahuan tokoh Oshin yang begitu besar, membentuknya menjadi anak yang kritis.

f. Tokoh Oshin memiliki gagasan yang segar dan rumit dalam menyikapi suatu persoalan. Bahkan terlalu berlebihan bagi seorang anak kecil.

g. Memiliki pandangan pragmatis tentang realitas hidup.


75 ABSTRAK

DEPRESI TOKOH UTAMA DALAM CERPEN HANA

KARYA AKUTAGAWA RYUNOSUKE 芥川龍之介

Nama : Siti Rohmatus Sa’diyah

No. Reg : 012104027

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul “Depresi Tokoh Utama Dalam Cerpen Hana 鼻』 Karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介”. Cerpen Hana 鼻』 ditulis oleh seorang pengarang Jepang bernama Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介 pada tahun 1916. Sebagian besar karya-karya Akutagawa 芥川龍之介 merupakan cerminan dari kehidupannya.

Cerpen Hana 鼻』 karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介 dimensi psikologinya begitu dominan. Cerpen ini menceritakan tentang seorang pendeta. Pendeta tersebut berhidung panjang, karena hidung panjangnya ia mengalami depresi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Bagaimana gejala depresi tokoh utama dalam cerpen Hana 鼻』 karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介.

2. Apa penyebab depresi tokoh utama dalam cerpen Hana 鼻』 karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介.

3. Bagaimana tokoh utama dalam cerpen Hana 鼻』 Karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介 mengatasi depresi.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, metode analisis ini digunakan untuk menganalisis cerpen Hana 鼻』 sehingga dapat menunjukkan aspek yang diteliti dengan jelas. Sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh.

Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

1. Gejala depresi tokoh utama dalam cerpen Hana 鼻』 karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介 adalah kecemasan, kesedihan, kemarahan, hilang harapan dan perubahan pola tidur.

2. Penyebab depresi tokoh utama dalam cerpen Hana 鼻』 karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介 adalah kekecewaan, kurangnya rasa harga diri, perbandingan yang tidak adil, dua perasaan yang bertentangan.

3. Tokoh utama dalam cerpen Hana 鼻』 Karya Akutagawa Ryunosuke 芥川龍之介 mengatasi depresi dengan cara spiritual therapy.


要旨

芥川龍之介の『鼻』における主人公の不況

この論文のタイトルは芥川龍之介の『鼻』における主人公の不況である。『鼻』は短編で1916年に芥川龍之介という日本作家によって書かれた作品である。『鼻』の中には芥川龍之介の精神生活が描き出されている。

芥川龍之介の『鼻』にうける心理的の局面がたくさんある。『鼻』は、長い鼻をしていて不況になる牧師の話である。

本研究の問題は次の三点である。

1.芥川龍之介『鼻』の中における主人公の不況の前兆はどのようなものであ ろうか。

2.芥川龍之介『鼻』の中における主人公の不況の理由はどのようなものであ ろうか。

3.芥川龍之介『鼻』の中における主人公の不況の優れているはどのようなも のであろうか。

本研究は、Analisis Description Method (分析記述メトッド)を用いた。Analisis Method(分析メトッド)を用いて、『鼻』を分析する。Description Method(記述メトッド)で集めたデータを記述する。

本研究で用いた方法は質的記述法である。結果は、次の通りである。

1.芥川龍之介の『鼻』における主人公の不況の前兆は心配的、悲しみ、怒り、失望、寝方が変わった。

2.芥川龍之介の『鼻』における主人公の不況の理由は落胆、尊敬が足りない、公平なでなく判断、心には互に予盾した二つの感情となる。

3.芥川龍之介の『鼻』における主人公の不況の優れているのはSpiritual teraphyである。

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: