prodijepang

.


Mau mencari teman seangkatan atau mau meninggalkan pesan untuk teman seangkatan? Klik logo unesa di bawah ini.


Blok ini berisi seputar Keluarga Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Jurusan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya. Keberadaan blok ini semata-mata hanya suatu usaha untuk saling memberi informasi baik antar mahasiswa, antar alumni, dosen, maupun ketiganya.

Kami menerima sumbangan tulisan dari rekan untuk kami taruh di blog sederhana ini. Mohon yang dikirim tulisan rekan-rekan sendiri.

Akhirnya semoga keberadaan blok ini memberikan manfaat bagi kita semua. Yoroshiku Onegai shimasu.

Bagi Mahasiswa dan alumni Prodi Bahasa Jepang FBS Unesa (IKIP Surabaya), yang berminat masuk milis “unesaprodijepang” silahkan hubungi moderator kita TAUFIQ (`97) di fathi_amrullah@yahoo.com.

Jangan lupa sebutkan Nama (kalau perlu nama panggilan yg ngetren waktu kuliah) dan tahun angkatan anda.

Salam,

Pak Lurah



96 Tanggapan

  1. Sepertinya dengan membaca tulisan dari P. Roni dan juga Umul-san, untuk sekejak aku merasa sepertinya aku merasa berada dibagian cerita atao aku aja yang ke GR an. Tapi yang jelas sekilas gambaran dan suasana membuat aku bernostalgia. Memang aku pernah ke Jepang tapi cuma sebentar, itupun sudah membuat aku merasa mengerti dan kadang gak habis pikir kok bisa aku pergi ke Sono, sementara dari segi modal sama sekali gak punya.
    Tapi itulah dunia, kadang memang sulit dipercaya.
    Terima kasih P. Lurah dan Umul-san.
    Semoga ada banyak cerita yang Jepang banget, atau berikan gambaran jepang yang apa adanya, mungkin banyak membantu kawan kita ato saya sendiri seandainya ada kesempatan lagi buat yang akan ke Jepang.
    Sekali lagi thanks P. Lurah dan Umul-san.
    Bravo……

  2. Dear All……
    Re : Pembuktian Teori dan Setting Mindset Kita

    Sebelumnya terima kasih buat Ronnie San….
    Rasanya seperti menemukan dunia yang hilang ketika ketemu komunitas ini. Beruntung sekali saya ambil jurusan Bahasa Jepang IKIP Sby. Dengan kemampuan bahasa jepang saya yang pas-pasan (ngaku nih…), saya bisa masuk ke persh jepang sebagai INTERPRETER MARKETING. Dengan semangat kerja keras, kesungguhan, dan kejelian melihat peluang, pada akhirnya saya bisa mendapatkan ‘dream’ saya dari perjuangan selama 11 tahun diperusahaan ini. Saya tidak pernah bermimipi bisa ke Jepang ( saya yakin ini adalah dream setiap anak jurusan Bahasa Jepang IKIP / Unesa), tapi saya membuktikan 2 teori dalam hidup saya (1) “Ketika berpikir kita BISA, maka kita pasti BISA” dan (2) “Pikiran kita akan menggerakkan semua tindakan kita”, trust it !!!
    Sy pernah berkeliling nusantara sambil bekerja, saya pernah dapat tugas dimalaysia, di Ghuangzhou, di Hainan, singapore, tentu saja di Jepang sebagai negara impian saya. Saya juga pernah presentasi didepan Bu Joharni waktu beliau datang di acara perusahaan kami (dalam hati harusnya saya presentasi skripsi saya, tapi kok malah presentasi dg materi yang lain, soale ga kesampaian hehehe…).
    Saya bukan mau pamer, tapi membuktikan 2 teori diatas. Ada satu pepatah yang saya dapatkan dari network saya waktu tugas di Nagoya “SHI ARU TOKORO, MICHI GA ARU ” betul pak lurah hehehe…. (ketahuan kalo jepange grathul2….) dan saya sangat meyakini itu.
    Life begin from dream, Let’s do our best…..!!!! go..go..go !!
    Semoga bermanfaat

    Best Regard

    Nanang Hadi S / ’91
    08123017903

  3. Mas Nanang, pengalamannya menarik. Tulisan ini saya masukkan dalam teks agar bisa dibaca oleh kohai kita. Semoga pengalaman ini menjadi cambuk bagi adik-adik.

    Salam,
    Pak Lurah

  4. Blog bagus, jurusan bahasa Indonesia juga masih ancang-ancang buka blog. Selamat ya.

    suyatno
    http://www.garduguru.blogspot.com

  5. Terimakasih Pak Yatno, apa kabar? Semoga Blok Jurusan Bahasa Indonesia cepat terwujud. Saya sempat beberapa kali “kesasar” di blog garduguru, dan akhirnya dapat membaca tulisan-tulisan Pak Yatno.

    Roni

  6. ass.tidak menyangka aku bisa berkomunikasi lagi dengan temanx2 alumni Unesa pada umumnya dan khususnya angk’90. semoga melalui blog ini kita bisa saling tukar info dan pengalaman.
    wass.
    じゃ、また

    lita,kita urawa-21mei2008

  7. Halo Lita, apa kabar…kmrn sempat bertukar kabar by phone ya? Dengar suara dan logat Lita, jadi ingat masa2 kita masih ngampus di Ketintang ya? Sukses ya Lita. Kalau ada waktu ketemuan darat yuuk. Purwoasri Kediri khan??

  8. minasan

    hisashiburi desu.

    Sebelumnya terima kasih atas kesedian Pak Lurah ronie sensei untuk meluangkan waktunya `sekedar` mengurus blog yang diberkati ini.

    Saya tertarik sedikit mengomentari tulisan nanang chan. Saya tahu dia memang pekerja keras sejak kuliah walaupun kiriman dari desanya sering terlambat dan pas-pasan, sehingga dia sering puasa `mutih`( karena terpaksa hehe….). Kalau boleh menyitir ` laskar pelangi`nya andrea hirata, dia lah tokoh si IKAL yang berhasil menembus dunia meraih mimpinya….( jangan besar kepala dulu Nang chan, roda terus berputar lho…).
    Menurut saya sendiri sich, keberhasilan & tidak berhasilnya seseorang memang perlu usaha, tapi, bukankah `takdir` juga ambil peran besar dalam hal ini??!!, ( yg gak setuju tolong saya jangan digebuki kayak peristiwa monas 1 juni ya….hehehe)
    Yang saya ketahui selama ini dalam dunia yang sudah terlanjur saya masuki ini, memang dalam dunia kerja kemampuan bahasa Jepang bukanlah hal yang terpenting, tapi, tetap saja karena kita sudah menyelami dunia ini, to be or not to be, untuk pertama kali kemapuan bahasa Jepanglah yang harus kita pergunakan untuk penetrasi pasar kerja untuk pertamakalinya….
    Mungkin saya termasuk orang yang beruntung karena pernah mengecap pendidikan di Jepang, tapi, melihat dan mendengar kemampuan bahasa Jepang adik adik kita saat ini, saya kok ya prihatin…..
    Sesekali saya sempat berbicara dlm bahasa jepang dengan mereka, tapi,…kayaknya masih jauh dari `mampu` ( terutama dlm hal kaiwa )untuk memasuki dunia usaha yang membutuhkan kemampuan bahasa Jepang.
    Saya tidak tahu dimana yang salah??, adik-adik kita yang terlalu manja dalam belajar, or senseinya yang
    harus berusaha lebih keras lagi untuk mengotak atik silabus pembelajarannya….( sorry, cuman kritik aja lho…). Yang pasti, kemapuan adik-adik saat ini perlu diupgrade untuk bisa bersaing kalau mau memasuki dunia usaha….
    Apalagi dengan ditandatanganinya EPA ( Economic Partnership Agreement ) antara Indonesia-Jepang, akan banyak peluang-peluang yang bisa dikerjakan. Di dalam IJEPA, banyak terdapat kesempatan bisnis dalam berbagai bidang baik dalam bidang pertanian, manufacture, maupun sumberdaya manusia. Lebih jelasnya tentang EPA bisa menghubungi saya, dan Insyaallah saya akan memberikan info semampu saya dalam setiap keterbatasan kemampuan saya.
    Gomennasai,….jadi blunder dan berlarut-larut nih….udahan dulu yach….

    soredewa,

    Salam

    Mr. Black`91.
    Aktifitas saat ini :
    Chief Of Representatif perusahaan Jepang, plus nyambi konsultan di Pemprop Jatim, plus konsultan di perusahaan furniture, plus beberapa kegiatan sosial-politics( banyak kegiatan tapi tetep gak kaya-kaya…sudah takdirnya kali ….hehehe)

  9. Ini Didik-san kanaaaaaaaaaa. Kok namanya Mr. Black? Kalau iya, memang awakmu ireng ken mbiyen he he he. OK sukses ya untuk Mr. Black, dan sukses pula untuk rekan-rekan yang lain.
    Ayo tuliskan kesuksesan rekan-rekan dan kirimkan ke Saya, siapa tahu dapat bermanfaat untuk para kohai.

  10. bloG nya keren…
    buat menyalurkan segala informasi di antara para alumni dengan para mahasiswa yang masih aktif

  11. Waaahh…ternyata banyak juga informasi di sini….
    Telat dech vika br buka sekarang…..

  12. Ayo 2004 yang belum tau blog ini dikasih tau semua ya…biar tambah rame…hihihi

  13. Ass. Hissashiburi ronie sensei, … baru tahu kalo panggilannya pak Lurah.
    Wah, saya baru tahu kita punya blog jur Jepang Unesa. ternyata … siipp lah. Sensei, minta alamat Email yang lain bisa nggak ya?

    Roy’ 97

  14. dear ronnie san,
    ini angkatannya pada imut2 semua ya…
    bisa nggak dicariin angkatan 84~86 yang juga masih imut tentunya ya.
    ama tutti chan aku udah ketemu

  15. Akemi Ippitsusai…im still missing u

  16. Assalamualaikum.
    Roni Sensei.Ohisashiburidesune……genkidesuka?

  17. Ass. Wah..seneng sekale nih bisa ketemu temen-temen lagi meski cuma berupa tulisan. Kapan-kapan kan bisa copi darat. Makasih ya Roni sensei, sudah berepot-repot ria jadi bapak asuh.hehe…Ayo!angkatan ’98 ikut gabung. I belum di turunkan dari ketua kelas lho.Salam kangen

  18. Assalamualaikum
    Roni sensei. genkidesuka?
    Watashi wa TUG KHAIRIYAH to mooshimas doozo yoroshiku. aringatoo gozaimas.
    Let me say sorry if my japanese ( Nihongo language) is bad. Frankly, I was not graduated from Japanese dept. I was graduated from English dept of IKIP Sby in 1995 ( Angkatan 90) But I feel I have known well some of you from Japanese who was in the same year with me at that time. Especially ” Mr. Roni “, you were welknown/ popular not only in your dept. but also for us from other dept ( English dept). How do you do, Mr Roni.Dozoo yorosiku.
    And Lita Zulaikha, ogengki des ka?Thanks anyway

  19. Khairiyah-san, terimakasih atas kunjungannya di blog unesaprodijepang, saya merasa tersanjung. Kami yang dari bahasa Jepang juga merasa dekat dengan rekan-rekan bahasa Inggris. Tempat kuliah kita yang saling berhadapan “memaksa” kita untuk saling berkenalan dan saling ngobrol di lorong itu. Akibatnya baiknya kita, termasuk saya sendiri mempunyai banyak teman dari bahasa Inggris.

    Roni 90

  20. Dear Mr. Roni,
    Thank u so much for willing reply my letter/ email and welcoming me joining this ” blog”. Aringatoo gozaimas Roni san( Maaf kalo bahasa jepang saya memaksa/nekat )
    Dear Mr. Roni,
    Disamping bidang ilmu saya ( bahasa Inggris), saya juga suka belajar bahasa Jepang ( dan sempat berobsesi untuk belajar ke negri Jepang/ pernah ikut programnya Monbukagakusho). Mungkin dengan sering berkunjung di” blog” ini bisa mengobati ” kegagalan” saya atau bahkan bisa menyemangati saya untuk bisa berbahasa jepang.( Kore de iides ka?)
    Dewa, mata.

  21. Selamat Pagi,
    Informasi Program Pascasarjana Unesa bisa dilihat di http://www.pascaunesa.ac.id. Ada juga berita Dr. Retrnani dll. Terima kasih.
    Salam,
    Admin PPs Unesa

  22. Pa kabar untuk semua yang kenal saya.
    gak tahu nih kalao jurusan jp. punya blog.ketinggalan berita kali ya.
    Mas Roni, masih di nagoya/udah balik. kapan hari (eh 2th yg lalu hehehe)saya sms dari sendai no answer.Mr.black..how are u? okosan nannin? sdh hampir 8th gak ketemu.tambah black kah dirimu? alumni 93..dimana kau gerangan?????
    Sensei tachi…o genki desu ka???

  23. Dhik Roni, bisa nggak bantu saya, ….. saya betul betul kehilangan Contact dengan sahabat sahabat saya angkatan tahun ’81. Saya rindu sekali kepada mereka, ingin sekali mendengar suara mereka, melihat foto mereka paling tidak….
    Onegai itashimasu.

    Samsul san, Syaukat san, Edy san, Rudy san, Didik san, Sahri san, Yovinza san, Retnani san, Naning san , …..nah aku lupa lagi , Ninik san, Asni san, Sugeng san, Nise san, walah lupa lagi tho’ . Minasan, dimanakah kau kini?

    Onegai itashimasu.

    Bambang Widjanarko

    Perumahan Bhumi Jimbaran Asri no.80
    Kompleks Kampus Universitas Udayana Bukit Jimbaran
    KUTA SELATAN
    BALI

  24. k0nnicHiwa………..

    pehhhh,
    mna niH anGkTn 2005 koQ gk da yG OL c???

  25. test

  26. Kepada : Zaenal Sensei
    Ass.WW, saya senang sekali dengan fasilitas ini, awalnya info dari kancil(Hilmy). Semoga dengan fasilitas ini kita dapat kontak dengan teman2 angk 82 lainnya.
    Bgm kbr Saifudin (modin) saya jadi bernostalgia melihat foto2 tsb. Apakah pernah ada reuni angk 82 maupun trimurti? Salam buat teman2 lainnya.
    Wass.ww – Mbah Djojo

  27. Sekedar mengingat kembali jaman di bawah pohon trembesi kampus ketintang (isih gak ya pohon trembesine) trus wit mojo yang pait abadi. semut rangrang nek kampus yang selalu bikin repot.
    Ah, kepingin banget kembali ke jaman dulu, ngumpul, ngrudukan ke Jumbo Jus Kertajaya, naik angkot bareng-bareng. Nunggu kuliah MKDU dengan bergilir mbolos yang penting syarat minimal kehadiran terpenuhi…….. he he manis sekali.
    Belum lagi yang harus duduk manis dengan baju yang gak boleh Jean dan harus pake rok bagi cewek2, Ujian Shokyu yang membosankan soale gak pernah iso ngerjakan (bodo emang)
    Rujakan begitu indah untuk di kenang. Kemana gerangan semua mereka. Yang hadir disini cuma beberapa gelintir.
    Yoopo ne rujakan maneh………
    (pingin banget kembali ke masa lalu) walo pernah dapat warning gak boleh ikut banyak kegiatan..

    Mungkin ada senpai ato kohai yang di Jakarta?
    kasih kabar sapa tau bisa ngumpul.

    Thanks and lets keep relationship.

  28. fantastic

  29. Ohisashiburi,senseitachi……
    saya zidawahyuddin angkatan 2004 dan Lulus tahon 2008 gt,alhamdulillah saya sekarang dapat melanjutkan ke jenjang pascasarjana di Universitas Indonesia di Depok. terimakasih sensei-senseiQ, jasaMu tak te’Lupakan…..Oh,yach kepada Rony Sensei : saya nyoba’ ngirim E-mail ke Sensei Rony koQ g bisa????Soalnya saya pengin jadi anggota miLisNya Prodi Jepang UNESA….

    kepada Zaenal Sensei:
    gimana caraNya nyari video yang gokil-gokil?tapi tuch membuat Q sangat terkesan koq, sensei!!!!!jadi ada selingan (coro jawaNe) cek ga bosen….HagHagHag???
    Makasih Sensei..

  30. Zida Wahyuddin,
    Selamat ya atas diterima studinya di Pascasarjana UI Depok. Gambarimashoo.
    Wah saya tidak pernah menerima email dari Zidasan, mungkin salah ketik alamat emailnya, atau nyasar he he he. OK segera saya undang untuk masuk milis ya. Yang lain, baik yang masih mahasiswa atau yang sudah berstatus alumni, kalau ingin masuk menjadi anggota milis unesaprodijepang silakan kirim email ke ronniewae@yahoo.com

    Salam,
    Pak Lurah

  31. Zida san, ‘I miss U’. Terkesan dengan video “gokil-gokil” yang mana?
    Kalau mau “download” video dari youtube, ini ada cara “download” dari bJ (Wahyu san).
    1. buka http://www.youtube.com
    2. ketik video yg diinginkan di kotak ‘search’
    3. pilih video yg akan di download (di klik satu kali saja)
    4. sth itu muncul video disamping kiri, biarkan…:-)
    5. blok alamat web yg ada di paling atas (tempat biasa kita ngetik alamat web)
    6. copy alamat web tsb
    7. buka ‘internet explorer’
    8. masukkan alamat http://www.keepvid.com
    9. masukkan alamat web yg telah di copy dari point (5), dimasukkan ke kotak
    10. tekan download
    11. tunggu sebentar
    12. scroll ke bawah…
    13. di bawah muncul dua link, pilih yag ada tulisanny [mp4]
    14. klik kanan alamatnya
    15. pilih ‘save target as’
    16. tinggal di save
    17. tunggu sampai selesai downloadny..
    18. selamat menikmati video..:-)

  32. Waalaikumsalam WW.
    Mbah Djodjo, apa kabar?
    Alhamdulillah, teman-teman angkatan 82 semua sehat.
    Kabar Saifudin (modin)? Menurut informasi dari Lautri san, anak perempuan Udin san, jadi murid Lautri san di SMA. Jadi, “Anake’ angkatan 82 “diajar” angkatan 82.
    Reuni angk 82 belum diadakan. Mbah Djojo ada ide, ayo kapan?
    Salam buat keluarga dan Kancil di Jakarta.

  33. ass.wr.wb
    Mbak Lita, apa kabar?
    kangen aq….

  34. Basmanti….aq kehilangan nomer telpmu,
    pls info…piye kabare,mbak?
    aq skr di malang,

  35. to ; Mr. Black`91
    I need some information about EPA.
    denwa bangou wo onegai itashimasu.
    yoroshiku…

  36. Assalamu’alaikum,

    Teman-teman yg punya info untuk ngecek online hasil test nihongo nouryokushiken, bagi dunk infonya,,,,
    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum,

  37. Wah kalau ada alamat web untuk ngecek hasil tes, benri banget. Memangnya ada Mas Haris?

  38. Assalamualaikum pak Roni. Saya Irma angkatan 2003. Mo kasih biodata saya supaya dimasukkan di daftar alumni. Terima kasih
    Irma Safitri
    Reguler 2003
    081553192150
    marumimoto@yahoo.com
    Staf Project Admin Power Plant PT.Petrokimia Gresik

  39. Assalamualaikum , salam kenal
    kunjungi blog sy d alkohol7.wordpress.com
    sm2 fbs nie

  40. akhirnya aku temukan juga website tempat para alumni bahasa jepang dari unesa berkumpul… semoga dengan adanya situs ini bisa mendekatkan para alumni dengan sesama dosen , murid dan teman2 yang ada diseluruh belahan bumi ini.

  41. Innalillahi wainnailaihi roji’un,

    Saya mendapat kabar duka bahwa teman kami SUYONO angkatan 83, telah berpulang kehadirat Allah SWA.
    Semoga dirahmati Allah. Amin.

  42. tolong dimuat nama-nama mahasiswa dari angkatan sekarang sampai saat ini sesuai kelasnya. saya membutuhkan itu agar bisa ngerecap data-data dari internet saja supaya tidak jauh-jauh datang ke kampus. onegai . . . . .

  43. kami dari sastra jepang ugm angkatan 06….skr uda smt 6…
    besok rencana mw ngambil skripsi sastra, tp sampe skr msh bingung mw teliti karya siapa dan pake teori apa…
    kalo boleh minta masukannya dong…hehe
    nanti kalo pada main ke jogja, dianter jalan2 deh…hehe.
    thx ya…

  44. Wah critanya minta judul nih. Jangan jauh-jauh Mbak Ana. Coba Mbak Ana punya karya sastra Jepang apa, atau di perpustakaan UGM pernah membaca karya sastra apa, itu saja digarap. Atau sebaliknya, Mbak Ana pernah mempelajari/membaca teori apa yang bisa diterapkan di karya sastra tertentu. Cari tema yang sudah kita kuasai saja, biar ndak kerepotan. Artinya dikuasai itu, sumber datanya dapat “dijangkau” dengan mudah; dan teorinya juga sudah diketahui (minimal bisa dipelajari dengan cepat). Semoga mencerahkan.

  45. Salam untuk semua. Wah bagus juga ada beginian. Terutama buat aku yg ada di papua. Tombo kangen. Tapi angk 93 mana ya …

  46. BRAVO…….!
    untuk Prodi Bahasa Jepang Unesa…. (tapi saya lebih suka IKIP Surabaya…..🙂 he he he…. ^_^
    Saya Anik ‘angk. 92…senang sekali bisa menemukan blog ini…karena bisa menjalin komunikasi antar sesama alumni dan mengenang masa lalu…. :(( yang mengharu biru …..

    Bravo
    Anik

  47. Angkatan 2003 pada kemana nich?

  48. wah, saya baru tahu kalo prodi jepang punya blog… yokattane..

    zaenal sensei,,,
    itu urutan downloadnya gak kurang kah?
    kalo menurut saya,
    1. cari area wifi-an gratis, ato internet yang lagi on
    2. nyalain komputer atau laptop
    3. pilih program ‘Explorer Browser’, ato ‘Mozilla’, dsb.
    4. tunggu sebentar
    5. dst, baru ketik blablabla….
    hehehehe… =)

    sensei, saya pingin karaoke-an lagi nih… (*^^)/’

  49. Retnani sensei ,Nise sensei ,Yoharni Sensei, Zainaru sensei, Hamido sensei , Jojo Sensei ,Wardhani sensei , Amari Sensei… NATSUKASHIIIII !

  50. Kepada
    Roni Sensei yang terhormat

    Sebelumnya salam kenal Roni Sensei.
    Walaupun saya bukan lulusan sastra jepang Unesa,
    saya bisa berbahasa jepang secara fasih dan punya sertifikat bahasa jepang level 2(日本語能力試験2級).
    Kalau Sensei ada informasi mengenai lowongan kerja yang ada hubungannya dengan bahasa jepang sudikah kiranya memberitahu ke saya.
    Terimakasih

    どうぞ 宜しくお願い致します

    Mulyono
    Email : takahashi_85@yahoo.com

  51. sensei, kalo mo kirim tulisan, dikirim ke mana neh?

    Kuma angkatan 2000
    Yang masih pengen belajar terus…

    yoroshiku minna!!

  52. @Kuma: kirim ke emailku ya, ronniewae@yahoo.com

  53. waah akhirnya ketemu jg unesaprodijepangnya, trim ya zida.
    rony sensei masih ingat saya…
    saya ade angk 2002, termasuk mahasiswi yg tidak terlalu populer n deket ma senseitachi kaya yg laen. *-*
    kemaren sempet ngajar jpg d SMA 1 glagah-banyuwangi 2007/2008, tp cuma 1 semester karena harus nyelesein ronbun dl, sayang banget skrng akhirnya pelajaran bahasa jepang diganti mandarin.trus pas giliran sekarang uda slesai,malah dapat tawaran ngajarnya jd tambah super jaoh, ngajar d kalimantan (dr jiran alias sri 02). hehehe. sepertinya sekarang sekolah2 yg dl ada bahasa jepangnya banyak yg ganti ke mandarin atau jerman ya sensei.

    ps: saya uda krm email ke roni sensei buat gabung milistnya

  54. wah….
    akrnya bz ikutan gabung dmilis nih jg
    Fuuh sngnya,
    klo da info CPNS di jawa Barat tolong britau mia dunk..
    onegai🙂

  55. assalamualaikum sensei,ogeni desuka,ohisashiberidesune,

  56. memperkenalkan blog guru bahasa jepang jawa timur :

    http://www.mgmpjepangjatim.wordpress.com

    Berisi info kegiatan mgmp, artikel, pengajaran dll. Ok, ditunggu kritik, saran de-el-el
    silahkan berkunjung

  57. salut buat teman-2 jur bhs jepang.

    kita yg dr jur bhs inggris pengen niru. yah jadi follower ndak papa.
    Tadi aku juga buka face book, ada komunitas alumni jepang ang 83. seneng juga, walau beda jurusan aku akrab dg teman seangkatan, Yuli, Haris, Edi (dia pernah pacaran dgn sahabatku), etc.

    Sukses deh
    Sjamsudin (Ing 83) pernah ikut minor jepang 1 semester
    tapi karena malas apalin soko asoko dll, pindah bhs Indonesia

  58. @Pak Sjamsudin: Terima kasih atas kunjungannya Pak Sjamsudin. Kami merasa tersanjung.
    Jangan bosan untuk berkunjung di gubuk blog kami ini.

    Salam,
    Pak Lurah

  59. Kepada teman-teman MGMP Bahasa Jepang Jawa Timur
    Selamat atas terselenggaranya Sosialisasi Buku Ajar Bahasa Jepang SMA untuk Intra di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo tanggal 8 Agustus 2009 (Sabtu).
    Semoga dengan buku “Sakura” yang baru, pembelajaran bahasa Jepang di SMA akan lebih baik.
    Soredewa, te o tsunaide ganbarimashou.

  60. Baru Sadar , ….
    bahwa Prodi Jepang memiliki ikatan emosional yang luar biasa besar dibanding dengan jurusan atau prodi2 lain.
    tahun lalu pak Roni menawarkan posisi Moderator ke milist, tapi karena waktu itu masih jarang buka milist prodijep apalagi blog, jadi belum tertarik.
    Alhamdulillah, …
    akhir2 ini suka lihat milist and blog prodijep,
    istri aja bilang; prodijepang memiliki ikatan kekeluargaan yang hebat, …
    ini tentu tidak lepas dari upaya2 pihak jurusan dan lebih khusus pak roni yang membuat milist dan blog, meski sederhana dari segi kemasan tapi penuh isi, he he mang lemper, …

    jadi, saya memberanikan diri untuk menjadi moderator (karena tahun 2001an saya sempat bikin milist jepang 1997 meski gak jalan) 何とか日本語学科のためにやってみたい、
    じゃ、みなさん
    よろしく
    Taufiq ’97

  61. Taufiqsan,

    Borantia kalau untuk teman-teman sendiri, sebaiknya kita harus ikhlas. Walaupun cara merasakan kepuasan tiap orang berbeda-beda tapi kita akan menemukan kepuasan tersendiri yang mungkin hanya kita sendiri yang merasakannya. Yang penting kita jujur untuk tujuan kebaikan bersama, saya kira itu cukup. Selebihnya biarkan saja mengalir seperti air di sungai.
    Semoga persaudaraan di antara kita keluarga unesaprodijepang tetap kuat.
    Gambatte kudasai.

  62. ohayou minasan,ohisashiburi…salam kenal dr angk 86,apa ada dr angk saya yg sdh ikutan sharing?kangen nih dah lama ga ketemu..semoga keluarga unesa prodi jepang tetep eksis ya..ja mata

  63. @Mbak Santhi: Silakan gabung di milis ya Mbakyu, di sana sudah banyak alumni, mahasiswa, dan dosennya yang gabung. Mbakyu Ismi juga kadang-kadang muncul di milis.

  64. Minal Aidin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin, .. kepada segenap civitas akademika UNESA PRODI JEPANG , …. hmmmm blog ama milist makin sepi sejak adanya FACEBOOK, …

  65. mohon informasi tentang fungsi penggunaan -te iru dalam bahasa jepang, terima kasih

  66. hai…aku mahasiswa s.jepang angkatan 06,unand, padang..aq bingung ne mw nyusun skripsi yg kyk apa..blh sharing gk?gmna ya bgusnya kalo mw mengkaji puisi jpg pk tinjauan semiotik…

  67. ada yg mau berbagi tentang jurusan sastra jepang?
    mau masuk universitas mana ya…?
    bingung…
    tolong informasinya ya

  68. assalamu’alaikum,
    salut buat mas nanang, apakabar mas?tulisannya bagus, sangat menginspirasi. sukses tidak harus diukur dengan materi, meskipun materi jadi ukuran sukses. tapi menurut ku seberapa besar kita berguna buat orang lain dalam hal kebajikan merupakan ukuran sukses yang paling besar nilainya.
    buat mas lurah, kami dari angkatan 83 ternyata masih ada yang simpan foto kenangan manis, sekarang belum bisa tempelkan di albumnya blog ini.
    tanoshimini,,,,,

    wassalamu’alaikum,

  69. Kalau ada foto kenangan angkt 83, silakan dikirim ke emailku Mas, nanti saya masukkan di blog kita ini.

    Roni 90

  70. yok opo kabare cah….

  71. Asslamu’alaikum

    Pak Lurah,

    Saya dengar dari kohai, katanya UNESA tahun ini menjuarai Benron Taikai..kenapa belum ada liputannya? banyak yang penasaran….

    Alhamdulillah, setelah kegagalan di Kanji Cup UNESA bisa menang di Benron Taikai

    Ditunggu liputannya…

  72. LIPUTAN BENRON TAIKAI 2010

    UNESA, Prodi Jepang (20/05), Ivo Winda Catur Ariyanto – Mahasiswa angkatan 2006

    Minggu (09/05) di Ballroom hotel Novotel Surabaya terlihat suasana yang cukup berbeda, terlihat 14 orang mahasiswa bergantian menaiki podium untuk berpidato, namun bahasa yang digunakan adalah bahasa Jepang. Rupa-rupanya mereka sedang mengikuti lomba pidato bahasa Jepang atau Benron Taikai, lomba yang kali ini diselenggarakan oleh Konjen Jepang, PERSADA Jatim, EJJC, Japan Foundation, Hoyu dan Kracie biasa diadakan setiap tahunnya untuk memacu para pembelajar Jepang untuk meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi.

    Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 ini sangat menarik, tak kurang dari 150 orang datang untuk menyaksikan dan mendukung para peserta lomba. Pesertanya adalah para mahasiswa dan pembelajar bahasa Jepang yang berasal dari Universitas yang berada di Jawa Timur. Berbagai macam tema dan topik diangkat dalam Benron Taikai 2010, mulai dari perang, korupsi, masalah lingkungan, kepercayaan diri, senyum, dsb. Setiap peserta diberi waktu maksimal 7 menit untuk berpidato dan setelah itu mereka harus menjawab 3 pertanyaan dari tim penilai. Kelancaran dalam menjawab pertanyaan, isi pidato yang bermutu, cara penyampaian yang menarik menjadi poin penilaian lomba ini.

    Pukul 13.00, rapat para juri berakhir dan pengumuman pemenang pun dilakukan. Juara 3 diraih oleh Winda dari Unitomo dengan pidato berjudul “世界中の人を幸せにする魔法 (Sihir untuk membuat semua orang bahagia)”, juara 2 diperoleh Pritta dari Unibraw dengan judul “土のような考え方 (Layaknya tanah)” dan juara 1 diraih oleh Indrie Respia dari Unesa dengan judul “どこでもドア(pintu kemana saja)”.

    Suasana gembira dan haru tampak dari raut wajah para pemenang, para penonton berteriak histeris dan saling menyerukkan yel-yel dukungan. Para pemenang mendapat piagam dan hadiah dari panitia pelaksana, sedangkan bagi juara 1 dan juara 2 mendapat hadiah tambahan berupa tiket ke Jakarta untuk mengikuti lomba pidato bahasa Jepang tingkat nasional pada tanggal 12 Juni 2010 dan pemenang juara 1 dan 2 akan dikirim ke Jepang.

    Indrie Respia mahasiswa Unesa angkatan 2007 ini berasal dari sebuah kota kecil di Kalimantan Selatan. Indrie mengangkat tema “どこでもドア(pintu kemana saja)” yang identik dengan Doraemon dikarenakan ia sangat menyukai anak-anak, dan ia prihatin akan nasib anak-anak yang menjadi korban perang. Dengan menggunakan perandaian “どこでもドア(pintu kemana saja)”, ia ingin menggunakan pintu itu untuk menyelamatkan anak-anak tersebut, namun sebagai seorang mahasiswa yang bisa dilakukannya sebatas menyerukan perdamaian dan pentingnya pendidikan moral bagi anak-anak. Ia mengajak pendengar untuk berkaca pada kurikulum pendidikan anak yang berisikan pendidikan moral yang diberlakukan di Jepang. Ia juga mengangkat masalah korupsi yang saat ini jamak terjadi di Indonesia dikarenakan para pelaku korupsi yang memang berpendidikan tinggi, namun waktu masih kecil, mereka kurang mendapatkan pendidikan moral. Isi pidato milik Indrie Respia sarat akan pesan moral, dan ditampilkan dengan lucu namun mampu mengaduk emosi pendengarnya. Pertanyaan yang dijawab para juri pun mampu dijawab dengan seketika dan lugas.
    Menurut pengakuan Indrie Respia sejak pertama menginjak bangku kuliah, ia memang berambisi untuk mengikuti seleksi pidato bahasa Jepang, bahkan impian tersebut ditulisnya dalam sebuah kertas kecil dan ditempel di kamar kostnya. Ia ingin mengutarakan pendapatnya akan perang, dan berharap pendapatnya didengarkan oleh semua orang sehingga perang pun dapat dihentikan demi kebahagian anak-anak. Saat perlombaan, dia tidak merasa nervous sama sekali, hanya rasa bahagia yang dia rasakan karena berhasil mewujudkan impiannya, apalagi dia berhasil menyabet juara pertama. Ia sangat berterimakasih kepada bimbingan yang diberikan Djodjok Sensei, Zaenal Sensei, Amri Sensei dan sensei-sensei yang lain; saran-saran dari senpai-senpai, dukungan dari teman-teman dan supporter yang membuatnya semakin percaya diri. Semoga Indrie Respia dapat menyuarakan perdamaian di Jepang sehingga hati para masyarakat Jepang dapat tergerak dan peperangan pun dapat dihentikan.

  73. assalamualaikum
    salam kenal semuanya
    saya dinda dari univ. neg jkt
    jurusan bahasa jepang
    apakah ada yang berkenan memberitahu saya no telp ketua bem atau hima jur bhs jpg unesa saat ini karena jur kami berniat untuk mengadakan KKL ke jur bhs jpg UNESA
    mohon bantuannya ya
    ditunggu balasannya

    balasan bisa dikirim via fb or email ke
    dinda.rini@gmail.com

  74. bapak2,ibu2,kakak2..
    saya sudah kelas 3 dan sangat ingin melanjutkan di UNESA jurusan b.jepang..
    lalu kemarin guru saya b.jepang di SMA, mengajukan saya untuk lomba pidato b.jepang bulan januari mendatang..
    namun sampai sekarang saya masih bingung dengan tema apa yang akan saya ambil..
    mohon sarannya…
    arigatou gozaimasu

    >>>>>> Tema yang paling cepat bisa diambil dari kehidupan kita sehari-hari. Jangan berpikiran terlalu jauh, mulailah dengan apa yang Anda pikirkan sekarang.

  75. Mas Bambang, angkt 81 sebag. yg jadi guru sering mangkal di MGMP B.Jep Jatim. ada mbk :. Peni, Lilik, Ninik. Tatik. Siti Djaja, Nanik tachi, mas Suaidi,siapa lg tuh namanya…. lupa aku….

  76. mau tanya,di unesa ada jalur pmdk untuk pendidikan bhs.jepang tahun ini ??

  77. Menjawab pertanyaan Melysa san, jalur PMDK di Unesa untuk pendidikan bahasa Jepang tahun 2011 tidak ada, yang ada jalur undangan dan bidik misi.

  78. konnichiwa.
    saya mahasiswa sastra jepang Univ. Andalas padang. Saya mau mencari buku referensi atau sumber-sumber yang berhubungan dengan budha terutama tentang konsep tuhan dalam agama budha ataupun konsep kematian dalam agama budha. Buku tersebut berguna untuk menunjang skripsi saya yang berjudul “Kehidupan sesudah mati dalam cerpen Kumo No Ito. Saya harap teman-teman dari Unesa bisa membantu.
    Oh ya boleh saya minta alamat email atau apapun tentang Mariany Wahyuning Lidia, kebetulan skripsi saya berhubungan dengan beliau.
    Terima kasih sebelumnya.
    Bisa sikirim ke alamat email ini. eni_saje07@yahoo.co.id

  79. インドネシア人日本語学習者のための中級日本語文法辞典(オンライン版)
    http://web.me.com/gzd01277/UNESA_project/index.html

  80. 先生、ありがとうございました。開けられました。ブロックに入れました。

    ロニ

  81. 明けましておめでとうございます。今年もよろしくお願いします。  
    平成24年元旦 ザエナル

  82. sensei, tahun 2012 apa ada jalur pmdk S1 bahasa Jepang? untuk jalur undangan S1 bahasa Jepang tolong sekolah saya di kasih ya sensei karena murid saya banyak yang berminat. tolong dibantu ya sensei. saya tunggu informasinya. terima kasih.

  83. senpai, salam kenal….
    ni anis ’07

    q ingin membuktikan juga teori tersebut

  84. pengen masuk jurusan sastra jepang unesa,,,
    masih sedang terus belajar bahasa jepang, semoga ntar
    di terima di unesa,,

  85. Puramoz, semoga bisa diterima di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa. Kami tunggu.

  86. Saya mau tanya, pengumuman Noryokushiken yang tes tanggal 4 Des 2012 bisa dilihat dimana???

  87. Siang semuanya…
    Maaf agak terlambat nemukan blog ini…
    Langsung aja…katanya indonesia banyak pengangguran, saya cari lulusan Bahasa Jepang yang minimal 2 kyu kok susah ya…!!! Mungkin kalau masih ada bisa aply ke tempat saya….saya sekarang tukang cari karyawan…Roni Sensei…minta bantuannya kalau ada….

    Arigatou
    Wawan’s 91

  88. Wawansan, sayang yang 2 kyu stoknya terbatas dan sudah pada laku. Kalau ada lagi biar nanti saya beritahu ya.
    Mau ndak 2 kyu tapi masih SD he he he, kalau mau biar anak saya nanti saya suruh melamar di tempatmu ya he he he. (yang terakhir ini jangan dianggep)

  89. assalamu’alaikum, pak yatno saya dari guru RA gresik. saya sangat ingin bapak mengisi seminar di universitas kami AL AZHAR menganti gresik. Apakah bapak dapat menyempatkan waktu untuk hal ini….???

  90. Hajimemashite
    Nina desu, Malang kara kimashita.
    Saya MABA FBS PB Jepang 2012. Alumni SMAN 1 Malang. Sensei saya di SMAN 1 Malang adlh alumni UNESA PB Jepang.
    Yoroshiku onegaishimasu.
    Sewaktu datang ke Konsultasi Pendidikan di Konjen Jepang pd 19Juni 2012 saya kebetulan bertemu dengan Zaenal-sensei. Mulai sekarang saya akan menjadi “daigakusei” dan dibimbing oleh senseitachi di UNESA.
    Arigatou gozaimasu.
    Mohon bimbingannya.

  91. Nina san, youkoso. Selamat datang di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNESA.

  92. senseitachi e…
    mohon informasi untuk program s-2 bahasa Jepang apa sudah ada di UNESA? Kemudian untuk program PPG bahasa Jepang juga mohon informasinya… Honto ni matte imasu… Domo arigatou

  93. Untuk informasi S2 Pendidikan Bahasa dan sastra Konsentrasi Bahasa Asing lihat web Pascasarjana Unesa: http://pasca.unesa.ac.id/
    Tentang PPG Bahasa Jepang, saat ini Maret-Juni 2013 ada PPG bahasa Jepang khusus untuk peserta yang telah mengikuti SM3T. Untuk PPG Bahasa Jepang selanjutnya, sampai saat ini (Mei 2013) belum ada informasi.

  94. Minna san, konbanwa.
    2009nen reg. kurasu no wiwik desu.
    yoroshiku onegaishimasu.

    mau tanya. kalau SM-3T bahasa Jepang masih bisa ikut apa tidak?
    kok di 18 jurusan yang bisa ikut SM-3T tidak tercantum jurusan bahasa Jepang.
    padahal antusias sekali pingin ikut ngajar di daerah 3T.

    mohon informasinya. arigatou gozaimasu.

  95. Minna san Konnichiwa….!!!

    Blog ini kok adem ayem sunyi senyap gini ya….
    Zannen desho…!!!!
    Kalau boleh tahu administrator yang aktiv siapa ya…!!!
    Mau kasih info LowKer aja….!!
    Dibutuhkan pengajar bahasa Jepang diperusahaan…kali aja masih ada yang belum punya kesibukan…lokasi di sekitaran Bangil Pasuruan…Bagi yang berminat or ada temannya yang berminat silahkan langsung ke Japri aja…08113503545…or email wawan_supriyanto@gmx.yamaha.com….

  96. Wiwiksan, memang bahasa Jepang tidak masuk diprogramnya SM-3T.
    Wawansan, administrasinya saya. Sayang sekali waktu saya tercurah ke urusan prodi. Tidak sempat update blok ini. Kalau ada sesuatu yang mau diumumkan kirim saja ke milis unesaprodijepang, bukan blok ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: