Abstrak Sastra 3

40 ABSTRAK

ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL TOKOH SENSEI

DALAM NOVEL KOKORO (RAHASIA HATI)

KARYA NATSUME SÕSEKI

Nama : Kusmawati

No. Registrasi : 99240015

Program Studi : S 1 / Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Novel Kokoro (Rahasia Hati) karya Natsume Sõseki adalah sebuah novel psikologi. Unsur psikologi dalam novel ini tampak pada tokoh utamanya yaitu tokoh Sensei. Novel ini menggambarkan psikologi masyarakat Jepang yang sedang mengalami transisi. Ketidaksiapan dalam menghadapi masa transisi ini akan berpengaruh negatif terhadap kondisi mental. Dalam masa transisi seperti ini diperlukan kecerdasan atau kemampuan terutama dalam mengelola emosi sehingga manusia mendapatkan keberhasilan hidup.

Begitu pula dengan tokoh Sensei dalam novel ini. Tokoh Sensei yang hidup dalam masa transisi ini tampak mengalami gangguan emosional sehingga dia mengalami kegagalan hidup. Karena itulah penulis sangat tertarik untuk mengkaji psikologi tokoh Sensei dari sudut pandang kecerdasan emosional.

Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini antara lain :

a. Bagaimanakah tingkat kecerdasan emosional tokoh Sensei dalam novel Kokoro (Rahasia Hati) karya Natsume Sõseki ?

b. Bagaimanakah tokoh Sensei memecahkan masalah yang terjadi pada dirinya sehubungan dengan kecerdasan emosionalnya ?

Untuk memecahkan masalah yang pertama mengenai kecerdasan emosional tokoh Sensei, penulis menggunakan teori Daniel Goleman yang terdiri atas: kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial, sedangkan permasalahan yang kedua mengenai pemecahan masalah yang dilakukan oleh tokoh Sensei, penulis menggunakan teori Jalalludin Rakmat yang terdiri dari motivasi, kepercayaan dan sikap yang salah, kebiasaan serta emosi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah novel asli Kokoro karya Natsume Sõseki cetakan tahun 1952. Data yang sudah ada kemudian dianalisis sesuai dengan teori yang digunakan kemudian disimpulkan.

Pada akhir penelitian ini penulis menemukan bahwa :

a. Kesadaran diri yang merupakan dasar dari kecerdasan emosional yang dimiliki oleh tokoh Sensei rendah.

b. Tokoh Sensei tidak dapat menangani dan mengelola emosinya dengan baik terhadap dirinya sendiri.

c. Emosi yang dimilikinya tidak dapat memotivasi hidupnya menjadi lebih baik.

d. Tokoh Sensei kurang memiliki rasa empati

e. Tokoh Sensei tidak dapat menangani emosinya ketika berhubungan dengan orang lain.

Dari kelima pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa tokoh Sensei mempunyai tingkat kecerdasan emosional yang rendah.

Dalam usaha untuk memecahkan masalahnya pun tokoh Sensei dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut :

a. Tokoh Sensei memiliki motivasi yang rendah untuk memecahkan masalahnya.

b. Tokoh Sensei terlalu bersikap defensif

c. Tokoh Sensei selalu menyalahkan dirinya sendiri dalam menghadapi masalahnya

d. Tokoh Sensei mengalami depresi sehingga tidak bisa berpikir secara rasional dalam memecahkan masalah.

Dari pernyataan-pernyataan di atas faktor emosilah yang paling menghambat dirinya dalam memecahkan masalah. Karena tingkat kecerdasan emosional yang rendah itulah maka tokoh Sensei melakukan jalan yang salah yaitu bunuh diri.


要旨

夏目漱石の『こころ』の中における

主人公の先生の知性による感情管理能力分析について(心理の研究)

夏目漱石の『こころ』は心理的な小説です。この小説は推移期の日本の社会の心理を描いている。この過渡期に直面する用意がないという事は心的情態に悪い影響がある。このような過渡期において人が上手に生きて行くためには知性又は特に感情抑制能力が必要である。

それ故心理的知性という観点からの主人公の先生の心理の研究に筆者は興味を持った。

  1. 夏目漱石の『こころ』の中に主人公の先生の感情的知性の程度はどのようであろうか。
  2. 主人公の先生の感情的知性に関して自身に起こった問題の解決にはどのようであったか。

この研究の目的は主人公の先生の感情的知性の程度と主人公の先生の問題解決を解明ことである。

上記1 の解明にはDaniel Goleman の理論を使う。この理論は自覚、抑制、動機つけ、感情移入、社会能力から成る。

上記2 の解明にはJalalludin Rakmat の理論を使う。この理論は動機つけ、誤った信念と態度、習慣、感情から成る。

この研究はanalisis deskriptif の研究をもちいた。この研究の資料源は1952年の夏目漱石『こころ』の小説です。

この研究の結果、次のことが判明した。

  1. 主人公の先生の持つ、感情的知性の基礎となる自覚が低い。
  2. 主人公の先生自己の感情をうまく抑制できない。
  3. 主人公の先生の持つ感情はよいせいかつへの動機つけとなり得ない。
  4. 主人公の先生には感情移入がない。
  5. 主人公の先生は人間関係における感情が抑制できない。

上記によって主人公の先生は低い感情的知性持つことである。

問題解決次の能力そのことによって影響をされた。

  1. 問題解決への低い動機つけを持つ。
  2. 勅度に守勢的態度を持つ。
  3. 問題に直面時いつと誤った判断をした。
  4. 問題解決時に知性的思考ができないほどの抑うつ鬱だった。

上記要素の解明の結果は感情であった。感情てき知性が低いために主人公の先生は誤った道即ち自殺を選んだ。


41 ABSTRAK

ANALISIS GANGGUAN KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA

NOVEL KUIL KENCANA (KINKAKUJI) KARYA MISHIMA YUKIO

(SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGIS)

Nama : Eryna Dwi Astuti

Nomor Registrasi : 99240016

Program Studi : Bahasa Jepang/S-1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Novel Kuil Kencana (Kinkakuji) adalah salah satu karya pengarang Jepang ternama, yaitu Mishima Yukio. Novel ini berhasil memperoleh penghargaan Yomiuri pada tahun 1957. Novel ini berkisah tentang seorang pendeta murid Kuil Kencana (Kinkakuji) yang tidak stabil dan terganggu kepribadiannya.

Penulis ingin mengetahui lebih jauh tentang gangguan kepribadian yang dialami oleh tokoh utama dalam novel ini. Gangguan kepribadian adalah seseorang yang menyuarakan dan merugikan dirinya sendiri dan masyarakat karena sifat-sifat kepribadian yang konstitusional (tidak diperoleh sesudah individu itu berkembang atau bukan karena stres yang berarti). Suatu pendapat lain menambahkan bahwa gangguan kepribadian mempunyai pola perilaku maladaptif (tidak dapat meyesuaikan diri) yang tertanam secara dalam.

Berdasarkan keterangan tersebut, penulis menentukan masalah sebagai berikut:

(1)Bagaimanakah gangguan kepribadian yang dialami oleh tokoh utama ?

(2)Apa penyebab dari timbulnya gangguan kepribadian dari tokoh utama ?

Dari rumusan masalah di atas, tujuan yang ingin dicapai ialah :

(1)Mengetahui bagaimana gangguan kepribadian yang dialami oleh tokoh utama.

(2)Mengetahui penyebab timbulnya gangguan kepribadian pada tokoh utama.

Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori dari PPDGJ-1. PPDGJ-1 memerikan gangguan kepribadian menjadi sepuluh jenis gangguan kepribadian. Yaitu gangguan kepribadian paranoid, afektif, skizoid, eksplosif, anankastik, histerik, astenik, anti sosial, pasif agresif, dan inadequat.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode ini digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai gangguan kepribadian dan penyebab gangguan kepribadian tokoh utama dalam novel Kuil Kencana (Kinkakuji) karya Mishima Yukio.

Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa :

(1) Tokoh utama novel ini, yaitu Mizoguchi, mengalami tiga macam gangguan kepribadian, yaitu gangguan kepribadian paranoid, skizoid, dan anti sosial. Tiga gangguan kepribadian ini sangat menonjol pada diri Mizoguchi, sehingga dapat dikatakan bahwa ia mengalami gangguan kepribadian yang kompleks. Dimana ia tidak hanya menderita satu jenis gangguan kepribadian saja.

(2) Penyebab gangguan kepribadian adalah karena terdapatnya hubungan yang tidak baik antara Mizoguchi dengan orang tuanya, dalam hal ini adalah Ibunya. Selain itu juga terdapat hubungan yang tidak baik antara dirinya dengan orang lain.

Dengan penelitian ini penulis, mengharapkan adanya penelitian lanjutan, karena banyak sekali sisi-sisi psikologis yang dapat digali lebih dalam pada novel Kuil Kencana (Kinkakuji).


要旨

三島由紀夫の『金閣寺』における主人公の個性の障害分析

について(心理の研究)

『金閣寺』は三島由紀夫という日本の有名な作家の文学作品である。この小説は1957年に読売新聞社の「読売」という賞品を受賞した。『金閣寺』の中に徒弟の個性の障害と不安定について書かれている。

筆者は特にこの小説の主人公の個性障害について深く知りたいと思った。個性障害とは、構造的な個性形態(幼児期にのみ獲得される所、または強度のストレス起因しない所)のために自身と社会を傷つけることを公言し且つ実行する人はことである。また、個性障害とは、特に心的実行不貞を行動と

る人のことであるという意見である。

三島由紀夫の『金閣寺』における主人公の個性の障害とその原因を解明するため、次の問題研究をした、

  1. 三島由紀夫の『金閣寺』の中の主人公の個性の障害はどうであったか。
  2. 三島由紀夫の『金閣寺』の中の主人公の個性の障害の原因はどうであったか。

問題1の研究にはPPDGJ-1の理論を使い、問題2の研究にはKaren Horneyの理論を使う。

PPDGJ-1の理論によると個性障害には十ある。それはparanoid (変質病)、afektive, skizoid (精神分裂症)、eksplosive, anankastik, histeric, astenik, antisocial (反社会性)pasive-agresive, inadequat (不適応)である。

この研究にはdeskriptif kualitatif の司法を用いた。三島由紀夫の『金閣寺』の中の個性の障害とその原因解明する。

この研究の結果次のようなことが明らかになった:

  1. 三島由紀夫の『金閣寺』の中の主人公の個性の障害には、paranoid (変質病), skizoid (精神分裂症), antisocial (反社会性), の三つがある。従って主人公は複合個性障害を持っている。
  2. 三島由紀夫の『金閣寺』の中の主人公の個性の障害の原因は、主人公と親と特に母親とが悪い関係にあり、その他、人間関係も悪いことである。


42 ABSTRAK

SIKAP AKU LIRIK TERHADAP KEMATIAN DALAM HAIKU

KARYA MASAOKA SHIKI DAN PUISI KARYA CHAIRIL ANWAR

正岡子規の俳句とChairil Anwar の詩における

死に対するaku lirikの態度の比較

Nama : Rini Rinawati

Nomor Registrasi : 99240018

Program Studi : Bahasa Jepang/S-1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

詩というのは生活の中で一番価値の高いものである,例えば楽しみ、愛することと死である.俳句も詩である。これは17音節があり5 7 5音節に分けられている.俳句は形が面白くて楽しみと寂しさと死の言葉を使っている。

この研究で正岡子規の俳句とChairil Anwarの詩における死に対するaku lirikの態度について比較研究を行った.両者とも新しい俳句と詩の先駆けである.両者とも死について詩を書いている。

この研究のおける問題としては

  1. 正岡子規の俳句とChairil Anwardiksiはどのようなものであるのか
  2. 正岡子規の俳句とChairil Anwarの詩における死に対するaku lirikの態度はどのようなものであるか。
  3. 両者の共通点と違いはなんであるか

この研究の目的は正岡子規の俳句とChairil Anwarの詩のdiksi態度について研究して両者の類似点と相違点を探究することである。この研究には質的方法を用いた。

この研究のまとめ

  1. 正岡子規の俳句には死を表現言葉としては「夜短し」,「間に合わず」、「とらざりき」、「ほとけ」,「今年ばかり」であるChairil Anwarの詩には「夜」,「彼」,「君」,「負ける」「死亡」,「寿命」と「死ぬ」があった。
  2. 正岡子規の俳句には死に対するaku lirikの態度は「くやむ」,「罹病」,「せつぼう」,「委任」、とpesimis がありChairil Anwarの詩には「恐い」,「委任」,「奇妙」,「寂しさ」と「心配」である。
  3. Diksiの類似点と相違点

Diksiの類似点

a. 「風」と「たんいっと」は病気を指す

b. 「任せる」と「とらざりき」は委任を指す

c. 「夜」と「夜短し」は死亡を指す

Diksiの相違点

a. 正岡子規の俳句の暗示的である例えば「間に合わず」と「とらざりき」である,Chairil Anwarの詩は明示的である例えば「彼」、「君」である。

b. 正岡子規の俳句diksiは間接的である,例えば「ほとけ」である, Chairil Anwarの詩にdiksiは直接的である例えば「死亡」,「死ぬ」と「寿命」。

態度の類似点と相違点

態度の類似点

両者の詩とも死に対するaku lirikは委任,失望,罹病とpesimisである。

態度の相違点

a. 正岡子規の俳句におけるaku lirikは生きている時良いことをしなかったためくやんでいるChairil Anwarの詩におけるaku lirikは恋人と合えずに失望している。

b. 正岡子規の俳句におけるaku lirikは死に向かって準備していないことChairil Anwarの詩は死に向かって準備している。


43 ABSTRAK

ANALISIS HIPERAKTIVITAS TOKOH UTAMA DALAM KOMIK CRAYON SHIN CHAN (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

Nama : Sri Devi Widyastuti

Nomor Registrasi : 99240020

Program Studi : S1

Jurusan/Program : Bahasa Asing/Bahasa Jepang Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul Analisis Hiperaktivitas terhadap Tokoh Utama dalam Komik Crayon Shin Chan (Kajian Psikologi Sastra). Pemilihan judul tersebut dilandasi oleh faktor bahwa karya sastra merupakan cerminan kehidupan budaya suatu bangsa, ada hubungan antara realitas kehidupan dengan kehidupan imajinatif dalam karya sastra. Sedangkan alasan memakai pendekatan kajian psikologi perkembangan karena tokoh utama dalam komik ini masih anak-anak yang masih dalam taraf perkembangan dan kehadiran psikologi dalam karya sastra dapat memberikan sentuhan tersendiri dibuktikan dengan adanya kajian psikologi sastra.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah latar belakang hiperaktivitas tokoh utama dalam komik Crayon Shin Chan (2). Bagaimankah pengaruh hiperaktivitas pada tokoh Shin Chan terhadap kehidupan sosialnya. Sedangkan tujuan penelitian ini (1). Untuk mengetahui latar belakang hiperaktivitas tokoh utama dalam komik Crayon Shin Chan (2). Untuk mengetahui pengaruh hiperaktivitas pada tokoh Shin Chan terhadap kehidupan sosialnya.

Permasalahan yang ada di dalam penulisan skripsi ini bertolak dari asumsi bahwa hubungan sastra dan psikologi suatu masyarakat sangat erat. Untuk menafsirkan psikologi dalam kaitannya dengan sastra, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ilmu Psikologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor dominan yang menyebabkan hiperaktivitas tokoh utama adalah temperamen, hubungan antar anggota keluarga serta kurangnya perhatian dari orang tua. Sedangkan dalam kehidupan sosial tokoh utama senantiasa selalu mengalami penolakan, baik dari keluarga, sekolah, maupun masyarakat.


要旨

クレヨンしんちゃんの漫画における主人公の

心理的な状態に対するヒーぺアクティフィティー

(心理の研究)

本研究では、クレヨンしんちゃんの漫画における主人公の心理的な状態に対するヒーぺアクティフィティーについて、研究した。文学作品はその民族の文化社会をうつし出すものと考え、漫画を対象にすることにした。それによって、社会の実生活と文学作品における社会生活と関係がある事が理解できる。本研究では、主人公が子供であるから、子供の心理をテーマとしてとりあげる。クレヨンしんちゃんの漫画には心理学的なものがたくさん含まれている。そこで心理学的な理論に基づいてクレヨンしんちゃんの行為をこうさつする。作品から特殊な印象を受けるため、文学における心理の研究を行う。

本研究の問題は次の通りである。

1. クレヨンしんちゃんの漫画における主人公のヒーぺアクティフィティーの原因はどのようなものであるか。

2. クレヨンしんちゃんの漫画における主人公の社会生活に対するヒーぺアクティフィティーの影響はどのようなものであるか。

上記の問題に基いた、論文の目的は次の通りである。

1. クレヨンしんちゃんの漫画における主人公のヒーぺアクティフィティーの原因を理解する。

2. クレヨンしんちゃんの漫画における主人公の社会生活に対するヒーぺアクティフィティーの影響を理解する。

本研究では心理は文学と関係があることを仮定する。文学と心理の関係を解釈するため、一つの方法として心理学的アプローチを使う。さらに、心理文学の関係を分析するデスクリティプ(Deskriptif)の方法も用いる。

研究の結論は「クレヨンしんちゃん」における主人公に対する、ヒーぺアクティフィティーの原因は気質と家族の関係であり親が子供に対しあまり注意していないということが分かった。そのヒーぺアクティフィティーは主人公の社会生活に対して悪い影響を与える。だから主人公がいつも拒絶されている。


44 ABSTRAK

ANALISIS STRUKTUR HAIKU KARYA KOBAYASHI ISSA

Nama : Mellanie Sagita

Nomor Registrasi : 99240023

Program Studi : Bahasa Jepang/S-1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan seni

Universitas : Universitas Negeri Surabaya

Haiku merupakan puisi yang terdiri dari beberapa bait pertama haikai no renga yang kemudian berdiri sendiri. Haiku bukan hanya sekadar puisi pendek tetapi juga memiliki kriteria yang harus dipenuhi yaitu berisi teikei (terdiri dari 17 suku kata dengan format 5-7-5), kigo (kata-kata musim), dan kireji (kata-kata terpotong). Menurut sejarah kesusastraan Jepang, Kobayashi Issa adalah salah satu penyair haiku termasyur di Jepang dan kedudukannya sama dengan Matsuo Basho, Yosano Buson, dan Masaoka Shiki. Karya-karya Issa yang populer sebelum memasuki zaman modern memiliki ciri sebagai seorang humanis. Sebagai seorang penyair tentu Issa ingin menciptakan kreatifitas baru, namun ia tidak mungkin meninggalkan sama sekali aturan-aturan puisi yang telah ada. Oleh karena itu selain menciptakan haiku yang meneruskan ciri-ciri kriteria haiku sebelumnya, Issa juga menciptakan haiku yang menentang konsep-konsep estetik haiku sebelumnya tersebut.

Haiku adalah puisi pendek yang sangat singkat dan ringkas sehingga sulit untuk dipahami. Untuk memahami haiku secara sepenuhnya sebagai suatu karya estetis yang bermakna, perlu lebih dahulu menganalisis unsur-unsur pembentuknya. Dengan berbekal teori kriteria pembentukan struktur haiku, penulis ingin menggali berbagai hal yang berhubungan dengan struktur haiku karya Issa. Adapun rumusan masalah yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimanakah struktur haiku karya Issa? (2) Apakah struktur haiku karya Issa memenuhi kriteria pembentukan haiku tradisional ?.

Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui deskripsi struktur haiku karya Issa (2) Mengetahui apakah haiku-haiku karya Issa memenuhi kriteria pembentukan haiku tradisional ?.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah haiku-haiku karya Issa yang terdapat pada buku “Himpunan Karya Sastra Jepang Klasik Jilid 42, Kesusastraan Haiku Jaman Kinsei”.

Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa :

1) Tipografi haiku karya Issa adalah tertulis dalam satu kolom vertikal atau satu baris horizontal yang menggambarkan kehematan berbentuk 17 onji. 119 haiku dari 132 haiku karya Issa yang diteliti memenuhi aturan teikei. Namun ada beberapa haiku Issa yang tidak memenuhi aturan teikei. Haiku tersebut adalah haiku yang berjumlah kurang dari 17 onji (jitarazu) sebanyak 3 haiku dan haiku yang berjumlah lebih dari 17 onji (jiamari) senamyak 7 haiku dari 132 haiku yang diteliti.

2) Haiku karya Issa kaya akan perlambangan alam yang menggambarkan kehidupan binatang kecil dan serangga. Hampir seluruh haiku Issa menggunakan kigo namun ada 2 buah haiku karya Issa dalam penelitian ini yang dapat dikategorikan sebagai muki haiku yaitu haiku yang tidak mencantumkan kigo.

3) Perimaan dalam haiku karya Issa dalam penelitian ini secara tidak sengaja dimunculkan dari penggunaan kireji atau repetisi suku kata.


要旨

小林一茶の俳句構成分析について

俳句というのは俳諧連歌の第一句が独立したものである。俳句は短い詩であるだけではなく、その中で三つの条件を守らなければならない。その三つの条件というのは季語(季節の言葉)、定型 (5-7-5音字)、切字である。日本文学史において一茶はひとりの偉大な俳人で、松尾芭蕉、与謝蕪村、政岡子規と同じ地位にされている。現代に入る前に、貧しさや、小動物、昆虫に対する愛情を詠む一茶の句はとりわけ印象深い。詠み人として、一茶は新しい俳句を確立したかったのかもしれない。だから、一茶の俳句は従来の条件に反することもある。

俳句の構成分析をするとして内容の解釈を助けになると思う。三つの条件で、一茶の句構成を研究する。この研究における問題としては、

1. 一茶の句構成はどうであるか。

2. 一茶の句は俳句の条件を守らないか。

この研究にKualitatif Deskriptif の研究法を用いた。デ一タ分析は日本古典文学全集第42「巻近世俳句文学」にある一茶の句である。

研究の結果は下記の通りである。

1. 横書き、または 縦書きで書かれた一茶の句は倹約を描写している。一茶の句は大部分が十七音字の定型を守っているが、十七音字の定型を守らないものもある。十七の定型を守らないものが、十七音字以下の字足らずと十七音字以上の字余りである。

2. 一茶の句には色々な小動物と昆虫の季語がある。一茶の句はほとんど全部季語を使っているが、2句は季語を使わない無季俳句である。

3. 切字、または 反復音字を使っているものが、俳句において韻の原因となること。


45 ABSTRAK

ANALISIS PENGGUNAAN ONOMATOPE DALAM

BUKU CERITA ANAK-ANAK OHISAMA

Nama : Titik Srihandayani

No. Reg : 99240026

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang/S-1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa Dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pada penelitian ini peneliti meneliti tentang onomatope bahasa Jepang dengan mengambil judul “Analisis Penggunaan Onomatope Dalam Buku Cerita Anak-Anak Ohisama”. Buku cerita anak-anak Ohisama adalah sebuah buku cerita untuk anak-anak dalam bahasa Jepang yang dikemas dalam bentuk majalah yang diterbitkan oleh Dewan Pendidikan Dasar Jepang (Shogagukan) dan terbit setiap sebulan sekali. Dalam penelitian ini mengambil data dari buku cerita anak-anak jilid 1, 2 dan 9 tahun 1999. Karena pada ketiga jilid tersebut banyak dijumpai onomatope yang menarik untuk diteliti.

Onomatope merupakan salah satu keistimewaan dalam bahasa Jepang. Karena onomatope mampu mengekspresikan berbagai macam bunyi ke dalam bahasa Jepang. Namun onomatope sangat sulit sekali dicari padanannya dalam bahasa Indonesia, sehingga hal ini menyulitkan para pembelajar bahasa Jepang dalam memahami kata-kata onomatope.

Bertolak dari kasus tersebut di atas untuk lebih memahami lagi mengenai onomatope yang terdapat dalam buku cerita anak-anak Ohisama jilid 1, 2 dan 9 tahun 1999 telah dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Onomatope apa yang terdapat dalam buku cerita anak-anak Ohisama ?
  2. Bagaimanakah pembentukan onomatope yang terdapat dalam buku cerita anak-anak Ohisama ?
  3. Bagaimanakah penggunaan onomatope yang terdapat dalam buku cerita anak-anak Ohisama ?

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Karena hasil dari penelitian ini tidak berupa angka tapi berupa kata-kata dan penjelasan. Sedangkan hasil dari penelitian yang diperoleh adalah :

1. Data yang telah diperoleh dari buku cerita anak-anak Ohisama jilid 1, 2, dan 9 tahun 1999 sebanyak 104 data.

  1. Jenis onomatope yag terdapat dalam buku cerita anak-anak Ohisama jilid 1, 2, dan 9 tahun 1999 yaitu giongo sebanyak 29 data, giseigo sebanyak 10 data, gitaigo sebanyak 48 data, dan gijoogo sebanyak 17 data.
  2. Pembentukan onomatope dalam buku cerita anak-anak Ohisama jilid 1, 2 dan 9 tahun 1999 terdapat 13 macam pembentukan dari 17 macam pembentukan berdasarkan dari teori yang dipergunakan. Yaitu terdiri dari bentukan satu suku kata, satu suku kata + (-i) (-un) (-tt), satu suku kata + (-in) (-un) (-utt), dua suku kata, dua suku kata + (-tt), dua suku kata + (-ri), dua suku kata + (-n), bunyi sengau (-tt) diantara dua suku kata, bunyi sengau diantara dua suku kata + (-ri), pengulangan dua suku kata, pengulangan kata-kata yang mirip, pengulangan dua suku kata yang berbeda, bentuk pengulangan.
  3. Berdasarkan dari ditemukannya jenis onomatope yang paling banyak dijumpai adalah gitaigo, maka dapat diketahui bahwa sebagian besar onomatope yang terdapat dalam buku cerita anak-anak Ohisama jilid 1, 2 dan 9 tahun 1999 digunakan untuk mengekspresikan secara simbolik keadaan makhluk hidup/benda mati serta perubahan/fenomena dan gerakan-gerakan.


要旨

雑誌「おひさま」における擬音語.擬態語の使用の分析である

本論文のテーマは、雑誌「おひさま」における擬音語.擬態語の使用の分析である。「おひさま」は、日本語で書かれた子供向けの月刊雑誌であり、小学館から発行されている。論文のデータは、「おひさま」1,2,9から取った。この3雑誌の中には擬音語.擬態語がたくさん使われており、研究のために面白いと思った。

擬音語.擬態語は、日本語の中にいろいろな音や様子を表現することができる。また,日本語の大きな特徴の一つである。しかし、その意味がインドネシア語では分かりにくいため、日本語学習者にとって難しいものとなっている。

このような問題点から、「おひさま」における擬音語.擬態語について見ていきたい。

本論文の課題は次の通りである。

1.「おひさま」には、どんな擬音語.擬態語が現れるか。

2.「おひさま」に現れる擬音語.擬態語は、どのように構成されているか。

3.「おひさま」に現れる擬音語.擬態語は、どのように使用されているか。

本研究に用いる分析の方法は、deskriptif kualitatif である。Deskriptif kualitatif という研究方法は、数字ではなく言葉や何かを集めてデータの対象にするものである。

研究の結果は次の通りである。

1.「おひさま」には、104の擬音語.擬態語があった。

2.「おひさま」に現れた擬音語.擬態語の種類は、擬音語、擬声語、擬態語、擬情語である。その数は、擬音語が29、擬声語が10、擬態語が48、擬情語が17であった。

3.理論においては、「おひさま」における擬音語.擬態語の形は13あ  って、その構成を細かく分けると17あることが分かった。それは、  1音節、1音節+(-い)(-ん)(-つ)、1音節+(-いん)(-うん)(-うつ)、2音節、2音節+(-つ)、2音節+(-うん)、2音節+(-り)、2音節間に鼻音形、2間に鼻音形+(-り)、2音節反復の形、似ている言葉の反復形、違う2音節の反復形、反復形である。

4.態語.擬態語には、非常に多くの種類があり、使われた方もいろいろである。「おひさま」に現れる擬音語.擬態語は、生物、無生物、自然の変化、現象、動き、成長などの状態、有り様を措写的、象徴的に表現するために使用されている言葉である。


46 ABSTRAK

ANALISIS RELIGIUSITAS MATSUO BASHOO PADA KUMPULAN HAIKU PADA “OKU NO HOSOMICHI” KARYA MATSUO BASHOO

Nama : Rini Sayuti

No. Reg. Mahasiswa : 99240027

Program Studi : S-1

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : FBS

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Religiusitas yang terdapat dalam diri Matsuo Bashoo yang berpengaruh dalam pembuatan Haikunya. Karena Matsuo Bashoo selain dikenal sebagai seorang penyair, ia juga dikenal sebagai guru Zen. Dari sekian banyak Haiku yang dibuat oleh Matso Bashoo, “Oku No Hosomichi” merupakan salah satu karya terbaiknya.

Berdasarkan uraian di atas, masalah yang menarik untuk dilakukan penelitian adalah sebagai berikut:

1.agaimana pemikiran religius penyair Matsuo Bashoo dalam kumpulan Haiku pada “Oku No Hosomichi” karya Matsuo Bashoo?

2.Bagaimana pemikiran religius penyair Matsuo Bashoo dalam kumpulan Haiku pada “Oku No Hosomichi” karya Matsuo Bashoo?

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pemikiran religiusitas Matsuo Bashoo dan pemikiran religiusitas dalam kumpulan Haiku pada “Oku No Hosomichi” karya Matsuo Bashoo.

Penghargaan Bashoo terhadap alam tak lepas dari latar belakang religiusitasnya. Religiusitas merupakan gaung manusia yang berdasar pada pemikiran keagamaan secara umum. Estetika merupakan nada keindahan pada setiap pribadi yang mengekspresikan seni. Kemudian, ungkapan merupakan hasil pelahiran perasaan hati yang melalui perkataan atau kelompok kata yang khusus untuk menyatakan suatu masksud dengan arti kiasan (Setiawan, 1982:23).

Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Metode analisis ini digunakan untuk menganalisis pemikiran religiusitas Matsuo Bashoo dan pemikiran religiusitas dalam kumpulan Haiku pada “Oku No Hosomichi” karya Matsuo Bashoo sehingga dapat mennjukkan aspek yang diteliti dengan jelas. Sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang diperoleh.

Hasil analisis menunjukkan pemikiran religiusitas dalam kumpulan Haiku pada “Oku No Hosomichi” karya Matsuo Bashoo adalah:

1. Pemikiran religius penyair Matsuo Bashoo berhubungan dengan Manusia, Alam dan Buddha itu menggambarkan tentang perpisahan, kesadaran, penderitaan, kemurnian, kedamaian dan religiusitas.

2. Pemikiran penyair Matsuo Bashoo dalam kumpulan Haikunya berhubungan dengan Manusia, Alam dan Buddha itu mengambarkan tentang ketenangan, kenangan, kedamaian, ketaatan, dan pembersihan diri.


要旨

松尾芭蕉の『奥の細道』における

松尾芭蕉の宗教性について

松尾芭蕉の宗教性は、俳句に影響がある。松尾芭蕉は、俳人の外に、禅の師としても有名であった。多くの作品を作ったが、奥の細道が、最も良い。

この研究における問題は、

1.尾芭蕉の中の『奥の細道』に見られる松尾芭蕉の宗教的思考は、どうであろうか。

2.松尾芭蕉の『奥の細道』の中の俳句に見られる松尾芭蕉の宗教的思考は、どうであろうか。

この研究の目的は、松尾芭蕉『奥の細道』の中における俳句における松尾芭蕉の宗教的思考について理解することである

松尾芭蕉の宗教的は、自然と関係がある。宗教性は、一般的な宗教的思考に基づく人間の心友映である。美術は、個人的な家美的の友英である。そして、言葉による表現は、特に比喩を表現する心情の表現である (Setiawan, 1982:23).

この研究には、ディスクリプチブアナリシスと言う研究方法を用いた。それには、松尾芭蕉 の『奥の細道』の中における俳句に見られる松尾芭蕉の宗教的思考について質問や答えを記述した。

この研究の結果、次のようなことが明らかになった。

1. 松尾芭蕉「奥の細道に見られる松尾芭蕉」の宗教的思考に関係がある神と自然と人については、別離、自覚、苦難、神聖な事、平穏、中庸、及び宗教的言及している。

2. 松尾芭蕉「奥の細道に見られる松尾芭蕉」宗教的思考に関係がある神と自然と人は、俳句だと別離、自覚、苦難、神聖な事、平穏、中庸、及び宗教的に言及している。


47 ABSTRAK

KONFLIK TOKOH UTAMA DALAM CERPEN AKANISHI KAKITA KARYA SHIGA NAOYA

Nama : Arif Rahman

No. Reg. : 99240030

Program Studi : S-1

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : FBS

Nama Lembaga :UniversitasNegeri Surabaya

Cerpen Akanishi Kakita adalah cerpen yang ditulis oleh seorang pengarang jepang yang bernama Shiga Naoya pada tahun 1917, Cerpen ini menceritakan tentang kehidupan seoang samurai dengan konflik yang dialaminya. Hingga suatu ketika ia harus meninggalkan majikannya karena telah melakukan hal yang melanggar sebagai seorang samurai.

Dalam karya sastra konflik merupakan unsur penting dalam cerita. Tanpa adanya konflik, sebuah cerita tidak akan menarik. Oleh karena itu didalam penelitian ini akan membahas tentang konflik yang dialami oleh tokoh utama pada cerpen Akanishi Kakita. Berdasarkan alasan inilah maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah konflik tokoh utama cerpen Akanishi Kakita karya Shiga Naoya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tokoh utama, dan mendeskripsikan konflik tokoh utama dalam cerpen Akanishi Kakita karya Shiga Naoya.

Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptip. Metode analisis ini digunakan untuk menganalisis cerpen Akanishi Kakita sehingga dapat menunjukkan aspek yang diteliti dengan jelas. Sedangkan metode deskriptip digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang diperoleh.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Konflik yang dialami tokoh utama yaitu konflik batin dan konflik sosial.


要旨

志賀直哉『赤西蠣太』の中における主人公の対立について

短編『赤西蠣太』は、1917年に志賀直哉と言う日本の作家によって書かれた作品である。 この短編は侍の生活について述べている。 ある日赤西蠣太と 言う侍は 悪いことをやって、指導者の下許を去らなければならない。

作品のなかにおける対立は、必要なことであり、作品に対立が なかったら話があまり面白くなくなる。

この研究における問題としては、志賀直哉『赤西蠣太』の中に見られる主人公の対立は、どのようなことであろうか。

この研究の目的は、志賀直哉『赤西蠣太』における主人公の対立について記述する。この研究では、ANALYSIS DESCRIPTION METHOD (分析記述メソッド)を用いた。

ANALYSIS METHOD(分析メソッド)を用いて『赤西蠣太』を分析をして、調査すべきじこう見出すように『赤西蠣太』分析する。DESCRIPTION METHOD(記述メソッド)で得たデータを記述する。

この研究の結果は、次のようなことが明らかになった。 志賀直哉『赤西蠣太』の中に見られる主人公の対立は、精神と社会の対立である。


48 ABSTRAK

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEBERHASILAN SEORANG SAMURAI DALAM MENERAPKAN AJARAN SAMURAI DALAM NOVEL MUSASHI JILID 8

KARYA EIJI YOSHIKAWA

Nama : Rony Wurianto

No.Reg.Mahasiswa : 99240032

Program Studi : Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Novel Musashi adalah sebuah novel karangan seorang sastrawan Jepang yang bernama Eiji Yoshikawa pada tahun 1921-1925. Novel ini mengisahkan tentang perjalanan seorang samurai kelas bawah yang bernama Miyamoto Musashi dalam mencari jati dirinya dengan menyandarkan diri pada ajaran-ajaran samurai. Keberhasilan Musashi dalam mencapai kematangan sebagai seorang samurai sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kecerdasan emosional yang dimiliki oleh Musashi. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk menjadikan novel Musashi sebagai obyek penelitian.

Dalam menganalisis kecerdasan emosional Musashi, rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:

1. Bagaimanakah tingkat kecerdasan emosional tokoh Musashi dalam novel Musashi karya Eiji Yoshikawa ?

2. Bagaimanakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap keberhasilan tokoh Musashi dalam menerapkan ajaran samurai pada novel Musashi karya Eiji Yoshikawa ?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari dan menjelaskan tingkat kecerdasan emosional serta pengaruhnya terhadap keberhasilan Musashi dalam menerapkan ajaran-ajaran samurai.

Untuk mendalaminya pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ekstrinsik tanpa mengesampingkan unsur-unsur lain pembangun karya sastra. Dalam hal ini, peneliti menitikberatkan pada nilai-nilai psikologis kecerdasan emosional tokoh Musashi.

Dalam menganalisis novel tersebut peneliti meggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan tujuan agar dapat mengarah pada aspek-aspek yang diteliti dengan jelas.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa tokoh Musashi

  1. Memiliki kecerdasan emosional yang cukup tinggi.
  2. Memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keberhasilan Musashi dalam menerapkan ajaran-ajaran samurai.


49 ABSTRAK

GEJALA SKIZOFRENIA TOKOH CHIEKO DALAM

CHIEKO’S SKY (CHIEKOSHOO)

KARYA TAKAMURA KOTARO (KAJIAN PSIKOLOGIS)

Nama : Arie Winandari

No. Registrasi : 99240036

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Chiekoshoo adalah salah satu karya Jepang terkenal yang ditulis oleh penulis kenamaan, Takamura Kotaro pada tahun 1967. Pemilihan judul tersebut dilandasi oleh faktor bahwa karya sastra merupakan cerminan kehidupan manusia, terdapat hubungan antara realitas kehidupan dengan tulisan yang dihasilkan dalam karya sastra. Sedangkan alasan menggunakan kajian psikologis disebabkan tokoh utama mengalami gejala gangguan jiwa yang dikemas dalam karya sastra.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

1) Bagaimana gejala skizofrenia pada tokoh Chieko dalam Chieko’s Sky (Chiekoshoo) karya Takamura kotaro?

2) Apa yang menyebabkan gejala skizofrenia pada tokoh Chieko dalam Chieko’s Sky (Chiekoshoo) karya Takamura kotaro itu timbul ?

Permasalahan yang ada dalam penulisan skripsi ini bertolak dari asumsi bahwa adanya hubungan erat antara sastra dan psikologi. Untuk menafsirkan psikologi dalam kaitannya dengan sastra dalam puisi Chieko’s Sky (Chiekoshoo), maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ilmu psikologi.

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah puisi Chieko’s Sky (Chiekoshoo) karya Takamura Kotaro.

Kesimpulan dari penelitian ini ada dua pokok bahasan :

1) Adanya gejala skizofrenia

a. gejala positif, yaitu ditemukannya gejala halusinasi dan waham.

b. gejala negatif, yaitu juga ditemukannya gejala pengasingan diri dan adanya kontak emosional yang amat “miskin”.

2) Penyebab skizofrenia yang diderita tokoh Chieko adalah pertama adanya pergolakan dalam dirinya sendiri antara mengutamakan karir atau keluarganya, kemudian ditambah dengan penyakit dan masalah keluarga yang datang bertubi-tubi.


要旨

高村光太郎 の「智恵子抄」におけるの登場人物の

SKIZOFRENIA前兆の心理の研究

『智恵子抄』という詩は有名な日本 人の詩である。この詩は1967年、高村光太郎に精神上の生涯をみるために論文では心理の研究を調べた。  本論文は次の二つの点について分析を試みる。

1. 高村光太郎の「智恵子抄」の中で智恵子のSkizofrenia前兆はどのようなものであるか。

2. 高村光太郎の「智恵子抄」の中で智恵子のSkizofrenia前兆の原因となることは何であるか。

文学は心理と関係があるという推定から本論文を書いた。『智恵子抄』心理の解釈のために心理学面からアプローチした。この研究はkualitatif な調査である。

それから使用された方法はAnalisis Deskriptif という方法である。それからこの研究のデータは高村光太郎の「智恵子抄」という詩である。

研究結果は次の二つの点がある。

1. 前兆は次の二つがある。

a. ポシティプ 前兆は幻覚前兆とそうそうです

b. ネガティプ 前兆は自分の円筒形と感情の接触がありません

2. まず、智恵子のSkizofrenia 前兆の原因は智恵子の自分で形式の事またわ夫さんの事どのせんぺつさせた。そして、病気を増えさせて家族の問題も多くなった。


50 ABSTRAK

PESAN MORAL DALAM NOVEL

『眠れる美女』(NEMURERU BIJO) RUMAH PERAWAN

KARYA KAWABATA YASUNARI

Nama : Supriyanto

No. Reg : 99240037

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Program Pendidikan Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Manusia merupakan subjek dan sekaligus objek kehidupan dalam sastra. Sastra dan kehidupan dikatakan mempunyai hubungan yang erat dan tidak dapat dipisahkan karena manusia sebagai pelaku sastra tersebut adalah bagian dari kehidupan. Karya sastra tanpa pembaca berarti mati

Di dalam karya sastra terdapat pesan-pesan moral yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca sastra dan pesan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pegangan hidup pembaca menuju pada kehidupan yang lebih baik. Pesan moral tersebut disampaikan pengarang lewat perilaku para tokoh-tokoh yang ada dalam karyanya.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Bagaimanakah pesan moral yang disampaikan pengarang lewat perilaku tokoh utama dalam novel 『眠れる美女』(Nemureru Bijo) karya Kawabata Yasunari

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan ajaran moral pada novel 『眠れる美女』(Nemureru Bijo) Rumah Perawan karya Kawabata Yasunari.

Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif aanalisis. Metode analisis digunakan untuk menganalisis sumber data, sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel 『眠れる美女』(Nemureru Bijo) terdapat ajaran moral untuk diri sendiri, ajaran moral untuk kehidupan sosial dan ajaran moral moral untuk kehidupan agama. Serta ajaran moral dalam novel 『眠れる美女』(Nemureru Bijo) Rumah Perawan karya Kawabata Yasunari adalah :

1. Kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan harus mensyukuri segala pemberiannya dan senantiasa berdoa’a kepada-Nya.

2. Di dunia ini tidak ada manusia yang lepas dari kesalahan

3. Rasa percaya diri, motivasi dan kontrol sangat penting bagi manusia

4. Setiap perbuatan manusia pasti ada balasannya.


要旨

川端康成『眠れる美女』の作者が伝えたい

道徳的忠告にかんする分析

人間は、文学の中で生活の主題だけでなく対象にもなっている。文学は、人間の生活と深い関係があり。人間は文学主人公として、生活の部分であるので両者分離できない。文学作品は読者がいなかったら、無意味である。

作者は文学作品を通して読者に伝えたい道徳的忠告がある。この道徳的忠告は、主人公の行為を通して伝えられる。

本研究の問題点は、

1. 川端康成『眠れる美女』の主人公の行為を通して伝えられる道徳的忠告は、なにか。

本研究の目的は、川端康成『眠れる美女』の主人公の行為を通して作者に伝えたい道徳的忠告について記述。

本研究には、ディスクリプチブアナリシスの手法を用いた。この手法は分析結果の記述に用いられる。

本研究の結果、次のようなことが明らかになった、

1. 川端康成『眠れる美女』の主人公の行為を通して作者が伝えたい道徳的忠告は、宗教と社会の生活であり。川端康成『眠れる美女』の道徳的忠告は、

(ア) 人間は、神の創造物として、津根に神のめぐみに報いがある。

(イ) この世界には完璧な人は一人いない。

(ウ) 人間として自信、精神、進取の大事なことである

(エ) 人間のやった行動には、必ず及び自律が重要である。


51 ABSTRAK

PENGARUH ANIMISME DAN DINAMISME TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM FILM

SEN TO CHIHIRO NO KAMIKAKUSHI KARYA MIYAZAKI HAYAO

Nama : Hapsari Dewi

No. Registrasi : 99240039

Program Studi : Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa Seni dan Sastra

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pada hakekatnya kebudayaan, karya sastra dan film mempunyai hubungan yang sangat erat. Film merupakan salah satu hasil pengembangan karya sastra, dan suatu karya sastra biasanya terbentuk berdasarkan hasil dari suatu kebudayaan.

Dalam penelitian ini penulis ingin mengupas tentang animisme dan dinamisme. animisme adalah kepercayaan terhadap roh atau makhluk halus sedangkan dinamisme adalah kepercayaan terhadap benda yang mempunyai kekuatan gaib. Ketertarikan penulis pada penelitian tersebut karena seringnya ditemui unsur-unsur kepercayaan terhadap kekuatan alam, benda gaib, roh halus serta dewa dalam film maupun buku-buku Jepang. Karena didalam film ini terdapat unsur-unsur tersebut, maka penulis tertarik untuk menelitifilm ini. Untuk lebih jelasnya penulis mendeskripsikan permasalahannya sebagai berikut:

  1. Bagaimana konsep animisme atau dinamisme yang terkandung dalam film Sen to Chihiro no Kamikakushi?
  2. Bagaimana pengaruh animisme atau dinamisme terhadap sikap dan perilaku tokoh utama dalam film Sen to Chihiro no Kamikakushi ?

Berdasarkan permasalahan diatas, tujuan dari skripsi ini adalah:

  1. Mendeskripsikan konsep animisme dan dinamisme yang terdapat dalam film Sen to Chihiro no Kamikakushi.
  2. Mendeskripsikan pengaruh animisme dan dinamisme tersebut terhadap sikap atau perilaku tokoh utama.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis interpretatif deskriptif.

Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah:

1. Konsep animisme yang terdapat dalam film ini adalah bentuk kepercayaan terhadap dewa dan makhluk halus, sedangkan konsep dinamisme yang terdapat dalam film ini adalah bentuk kepercayaan terhadap kekuatan alam dan benda gaib.

2. Kepercayaan terhadap animisme dan dinamisme mempengaruhi sikap dan perilaku tokoh utama. Dan pengaruhnya bagi tokoh utama cenderung ke arah positif, misalnya: perubahan sikap atau perilaku takut menjadi berani, dari sikap atau perilaku manja menjadi mandiri, dan lain-lain.


要旨

宮崎駿の「千と千尋の神隠し」における主人公の態度または行為へのAnimism Dynamismの信用の影響

文化と文学作品と映画の間には強い関係がある。映画は一つの文学作品の開発である。そして普通は文学作品が文化で作った。

この論文の中で筆者はAnimismDynamismについて研究したい。Animismというのは幽霊を信じることであり、Dynamismというのはマジックの力がある物を信じることである。日本の物語の中には自然の力やマジックや幽霊や神などを信じるものが多くある。「千と千尋の神隠し」という映画にはこれらのことがたくさん出ているので、筆者はこの映画を研究したい。

本研究では、この映画に現れる次の点について取り上げることにする。

1. 画「千と千尋の神隠し」ではどんな概念がAnimism Dynamismを信じることとして現れているか。

2. 映画「千と千尋の神隠し」では主人公の態度または行為に対する、Animism Dynamismを信じることの影響はどのように現れているか。

本研究の目的:

1.「千と千尋の神隠し」においてAnimism Dynamismを信じることがどの ように描かれているか知る。

2.映画「千と千尋の神隠し」において主人公の態度または行為に対するAnimism Dynamismを信じることの影響について知る。

本研究ではdeskriptif interpretative 分析の方法を使用した。

本研究の結果は:

1. 映画「千と千尋の神隠し」においてAnimism を信じることは神と幽霊を信じることであり、Dynamism を信じることはマジックの力と自然の力がある物を信じることである。

2. AnimismDynamismを信じることは主人公の態度または行為に対して、積極的の影響がある。例えば態度または行為が変化すること、勇ましくなり、自立になっている。


52 ABSTRAK

PERANAN DAN CITRA TOKOH UTAMA WANITA

DALAM NOVEL OSHIN おしんJILID I – III

KARYA HASHIDA SUGAKO (橋田壽賀子)( KAJIAN FEMINISME )

Nama : Rahma Koestiyani

No. reg : 00240007

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Fakultas Bahasa Dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul Peranan dan Citra Tokoh Utama Wanita Dalam Novel OSHIN 『おしん』 Jilid I – III Karya Hashida Sugako (橋田壽賀子)(Kajian Feminisme). Pemilihan judul tersebut dilandasi oleh faktor bahwa sastra dan kehidupan masyarakat tidak dapat dipisahkan, hal ini disebabkan oleh obyek karya sastra itu sendiri yakni manusia dan kehidupannya dalam masyarakat. Salah satu dari dua jenis manusia itu adalah wanita.

Hashida Shugako adalah salah satu dari beberapa pengarang wanita Jepang. Sebagai pengarang wanita, dia ingin mengangkat kehidupan wanita yang ada disekitarnya. Selain itu dalam karyanya ini, Hashida Shugako sekaligus ingin menyampaikan pesan-pesan ideologisnya mengenai feminisme.

Novel Oshin おしんjilid I – III mengambil aspek latar keadaan masyarakat Jepang pada saat sebelum Perang Dunia ke- II yang didalamnya termasuk masa perang Jepang – Rusia. Pada saat itu, wanita Jepang mayoritas masih berprilaku tradisional.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dibahas adalah :

1. Bagaimanakah peranan tokoh utama sebagai ibu rumah tangga pada masa sebelum Perang Dunia II dalam novel Oshin 『おしん』jilid I – III karya Hashida Sugako ?

2. Bagaimanakah peranan tokoh utama sebagai istri pada masa sebelum Perang Dunia II dalam novel Oshin 『おしん』jilid I – III karya Hashida Sugako ?

3. Bagaimanakah citra perempuan yang tercermin pada diri tokoh utama pada masa sebelum Perang Dunia II dalam novel Oshin 『おしん』 jilid I – III karya Hashida Sugako dari sisi feminisme ?

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran / deskripsi tentang peranan dan citra wanita Jepang pada masa sebelum Perang Dunia ke- II yang tercermin dalam novel Oshin 『おしん』jilid I – III karya Hashida Sugako di lihat dari tokoh utama.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis.

Hasil analisis ini menunjukkan bahwa gambaran peranan dan citra wanita Jepang pada masa sebelum perang dunia ke II yang tercermin pada tokoh utama novel Oshin 『おしん』yaitu Oshin yaitu sebagai berikut :

1. Peranan Oshin sebagai ibu rumah tangga, ia mampu memberikan keturunan bagi keluarganya, dapat memberi nafkah pada anaknya, dan sebagai pelindung bagi anak-anaknya.

2. Peranan Oshin sebagai istri, ia mampu menjalankan tugas rumah tangga dengan baik, mampu mendukung suaminya dalam bidang usaha, serta mandiri dalam bidang ekonomi tanpa tergantung suami dalam hal memperoleh pendapatan untuk keluarga.

Citra wanita Jepang yang tercermin dalam diri Oshin adalah wanita mandiri, yang berpendirian teguh, ulet, pekerja keras dan tidak mudah menyerah. Namun walau ia adalah wanita mandiri, Oshin masih tetap memegang teguh adat-istiadat dan tata krama yang dianut oleh leluhur bangsanya.


要旨

小説『おしん』 における女性主人公の役割と人物象

「男女同権研究」

この論文のテーマは、作家橋田壽賀子の小説『おしん』第1~3巻における女性主人公の役割と人物像「男女同権研究」である。このテーマを取り上げた理由は文学は社会生活と密接な関係があるからである。人間をこうせいするよういんの一方は女性である。

橋田壽賀子は日本の女性作家の一人である。女性作家として、彼女は女性の生活の向上を望んでいる。また、この小説の中で橋田壽賀子は男女同権について意見を述べている。

小説『おしん』第1~3巻の背景は戦前の日本の社会状態である。この間に日露戦争があった。その時日本の大部分の女性の行動はまだ伝統的であった。

以上のような背景に基づき、研究すべき問題は次の通りである:

1. 作家橋田壽賀子の小説『おしん』第1~3巻における戦前の主婦としての主人公の役割は何であるか。

2. 作家橋田壽賀子の小説『おしん』第1~3巻における戦前の妻としての主人公の役割は何であるか。

3. 男女同権の側から見て、作家橋田壽賀子の小説『おしん』第1~3巻における戦前の主人公に見られる女性像は何であるか。

本研究の目的は作家橋田壽賀子の小説『おしん』第1~3巻における第二次世界大戦前の日本の女性の役割と女性像を理解することである。

本研究はkualitatifであって、metode deskriptif analisisを使用する。

作家橋田壽賀子の小説『おしん』第1~3巻の主人公に見られる日本の女性人物像の役割を理解を目的とした本研究の結果は次のとおりである:

1.主婦としての『おしん』の役割は家族のために子供を産み、子供に生活費を与え、子供を守ることができた。

2.妻としての『おしん』の役割は家事がよくでき、夫の仕事の分布で支えることができ、自分を夫の社会環境に適応させることができ、家計費を夫に依存せずに経済的に自立することができた。

3.『おしん』における日本人の女性像は確乎なる自立心がある人、勤勉な勤労者であり、簡単には屈しなかった人。自立している女性なのに『おしん』は祖先と同じ風俗習慣と礼儀作法をあくまで硬く守っていた。


53 ABSTRAK

ANALISIS MAKNA HUMANISME PADA 俳句HAIKU

KARYA 子林一茶 (KOBAYASHI ISSA)

Nama : Iva Musrifatin

No. Reg. Mahasiswa : 00240009

Program studi : Bahasa Jepang /S-I

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Haiku sebagai karya sastra tidak bisa terlepas dari unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari dalam contohnya, baris, diksi, tema, amanat. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun karya dari luar, contohnya, agama, sosial, politik, pandangan hidup.

Haiku adalah puisi klasik Jepang yang terdiri dari tujuh belas suku kata yang terbagi menjadi 5.7.5., meskipun bentuknya pendek tapi mengandung makna yang dalam yaitu keselarasan hubungan antara manusia dan alam. Menurut sejarah kesusastraan Jepang, Kobayashi Issa adalah penyair haiku yang terkenal, haikunya berciri humanis.

Oleh karena itu penulis membuat rumusan masalah:

1). Nilai-nilai humanis apa saja yang terdapat dalam haiku karya Kobayashi Issa?

2). Adakah relevansi nilai-nilai humanis haiku karya Kobayasi Issa dalam menghadapi masyarakat masa kini?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai humanis pada haiku Kobayasi Issa serta dapat mengetahui hubungannya dalam menghadapi masyarakat masa kini.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis interpretatif deskriptif dengan menggunakan teknik purposive random sample (sampel acak bertujuan). Sumber data yang di pakai adalah haiku karya Kobayashi Issa yang dikumpulkan oleh Blyth pada haiku volume 2 yang berjudul Spring dan haiku volume 3 yang berjudul Summer Autumn.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai humanis pada haiku Kobayashi Issa berupa nilai cinta, nilai ketegasan, nilai ketekunan, dan nilai kejernihan (dalam berpikir).Terdapat relevansi antara nilai-nilai humanis dalam haiku karya Kobayasi Issa dengan masyarakat masa kini sebab nilai-nilai tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat masa kini untuk menjalankan kehidupannya.


要旨

小林一茶の俳句における人本主義の研究

俳句は一つの文学であり、内在的要素と外在的要素から成り立っている。内在的要素は内部の要素であり、例えば、行、季語、テーマ、意味、メッセージなどである。外在的要素は外部の要素で、例えば、宗教、政治、経済、人生観などである。

俳句は日本の古い詩で17音節で構成される、俳句の第一行は5音節で、第二行は7音節で、それから第三行は5音節で構成される。短いが深い意味を持っている。俳句の意味は人間と自然の要素の調和を含む。日本の文学史において、一茶は有名な俳句の作者で、一茶の俳句は人本主義の価値を含んでいる。

本稿は次の問題について研究する

1.一茶の俳句における人本主義の価値は何か?

2.一茶の俳句における人本主義の価値と現代社会は関係があるか?

本稿はKualitatif Deskriptif 研究で行い、研究材料の引用法はPurposive Random Sampleを用いた。 俳句はBlyth の(Haiku Volume II dan III)を使用した.

本稿の結果は、 一茶の俳句の人本主義の価値は、愛の価値、勤勉の価値、つけいの価値、清純価値である。一茶の俳句における人本主義の価値と現代社会は関係があり, 一茶の俳句における人本主義の価値は必要なものである。


54 ABSTRAK

PARAFILIA PARA TOKOH KOMIK GREAT TEACHER ONIZUKA

KARYA TŌRU FUJISAWA

Nama : Virginia Rooselyne Paskaliana F

Nomor Registrasi : 00240010

Program Studi : PendidikanBahasaJepang/Strata1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul Parafilia Para Tokoh Komik Great Teaher Onizuka Karya Tooru Fujisawa. Pemilihan judul tersebut dilandasi oleh faktor bahwa karya sastra adalah cermin kehidupan manusia. Seksualitas sebagai persoalan hidup manusia juga merupakan daya tarik tersendiri dalam sastra. Sedangkan alasan penggunaan teori psikoanalisa Sigmund Freud adalah karena perilaku seksual yang dilakukan oleh para tokoh adalah perilaku parafilia.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Perilaku parafilia apa yang dilakukan oleh para tokoh komik Great Teacher Onizuka, (2) Bagaimanakah pengaruh perilaku parafilia tersebut terhadap diri para tokoh. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perilaku parafilia apa saja yang dilakukan oleh para tokoh komik Great Teacher Onizuka, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh parafilia tersebut terhadap diri para tokohnya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Metode kajian isi digunakan untuk menganalisis karya sastra. Sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis data. Sumber data yang digunakan adalah komik “Great Teacher Onizuka” volume 1 sampai dengan 9 karya Tooru Fujisawa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku parafilia yang dilakukan oleh para tokoh adalah voyeurisme (mengintip) dan froteurisme (meraba). Sedangkan pengaruh perilaku parafilia dalam kehidupan para tokohnya adalah (1) merasa puas, (2) merasa putus asa, (3) tercemarnya nama baik, dan (4)mendapat hukuman.


要旨

藤沢とおるの漫画「Great Teacher Onizuka」 における登場人物の

性的異常行為について。

本研究では、漫画「Great Teacher Onizuka」 における登場人物の性的異常行為について研究した。文学作品はその民族の文化社会を写し出すものであるので、小説にある話は研究の対象にすることができると思う。この研究によって、実生活が文学作品における社会生活と関係があることを分析したい。セックスは人間の生活の問題だから文学作品の興味深いテームになる。登場人物の性的異常行為に関しては、Sigmund Freud の Psikoanalisa 理論を使う。

本研究の問題:

1. 登場人物の性的異常行為にはどのようなものがあるか。

2. 漫画「Great Teacher Onizuka」 における登場人物の社会生活に対する性的異 常行為の影響はどのようなものであるか。

本研究の目的:

1. 登場人物の性的異常行為について知る。

2. 漫画「Great Teacher Onizuka」における登場人物の社会生活に対する性的異 常行為の影響について理解する.

本研究は質的な研究で内容分析法とdeskriptifの方法を使う。内容分析は文学を観察するために使う.データ収集のために漫画「Great Teacher Onizuka」の第一巻から九巻までを使う.

本研究の結論は登場人物の性的異常行為はvoyeurisme(のぞくこと)とfroteurisme(さわること)である。登場人物の生活の中で性的異常行為が与える影響は(1)満足する、(2)怖くなる、(3)評判が悪くなる、(4)刑罰を与えられるの四つである。


55 ABSTRAK

ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MAIHIME (PENARI)

KARYA MORI OUGAI

Nama : Harum Miyat Ayu Mayasari

No. Reg : 00240201

Program Studi : S1

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang/S1

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Semua karya sastra termasuk cerpen, tidak terlepas dari unsur-unsur yang mendasari karya tersebut. Unsur-unsur tersebut adalah unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang membangun karya sastra tersebut dari luar, seperti agama, politik, biografi pengarang dan lain-lain. Sedangkan unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra dari dalam, seperti alur, tokoh, setting, sudut pandang, tema, amanat dan lain-lain.

Sebuah karya sastra adalah suatu kesatuan dengan unsur-unsurnya terjalin secara fungsional. Kecermelangan sebuah karya sastra sebagai karya sastra sebenarnya terletak pada kebulatan dan keterpaduannya, tidak dalam unsur-unsur yang terpisah-pisah, karena itu dibutuhkan analisis yang berusaha melihat hubungan antar unsur tersebut.

Penelitian ini diberi judul “Analisis Unsur intrinsik cerpen Maihime (Penari) karya Mori Ougai”. Cerpen Maihime adalah sebuah cerpen yang ditulis oleh seorang sastrawan Jepang yang bernama Mori Ougai pada tahun 1890.

Dalam menganalisis cerpen Maihime, rumusan masalahnya sebagai berikut:

1. Unsur intrinsik apa saja yang terdapat dalam cerpen Maihime karya Mori Ougai?

2. Bagaimanakah keterkaitan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen maihime karya Mori Ougai?

3. Apakah tema dan amanat yang terdapat dalam cerpen Maihime karya Mori Ougai?

Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:

1. Mengetahui unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Maihime karya Mori Ougai.

2. Mengetahui keterkaitan antar unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Maihime karya Mori Ougai.

3. Mengetahui tema dan amanat yang terkandung dalam cerpen Maihime karya Mori Ougai.

Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Metode analisis digunakan untuk menguraikan dan menganalisis data dari cerpen Maihime karya Mori Ougai. Metode deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan atau menjabarkan data-data yang telah didapat sehingga menghasilkan hasil analisis yang jelas-jelas sesuai dengan tujuan penelitian.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa:

1. Unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Maihime diantaranya;

Alur : alur yang digunakan adalah alur mundur atau flashback, serta pengarang menggunakan alur terbuka dalam mengakhiri cerita Maihime.

Tokoh dan penokohan: Ota Toyotaro sebagai tokoh utama yaitu seorang mahasiswa Jepang yang mendapat beasiswa untuk belajar ke Eropa. Tokoh Ota yang berhati lemah ketika mengalami masalah di negeri orang. Tokoh tambahan diantaranya adalah: Elis, ibu Elis, Aizawa Kenkichi, Menteri Amakata dan lain-lain.

Latar : latar yang digunakan adalah di Eropa khususnya di sekitar Jerman.

Sudut Pandang: pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama dengan menggunakan “aku” dalam menyebut tokoh utama yang sekaligus sebagai ganti pengarang.

2. Antar unsur-unsur yang ada terjalin suatu keterkaitan, dan keterkaitan antar unsur tersebut membantu pendiskripsian tema dan amanat.

3. Tema cerpen Maihime adalah “Cinta Tanah Air”

Amanat cerpen Maihime adalah:

a. Sebaiknya seseorang tetap berpegang teguh dengan pegangan hidup yang dimiliki, jangan mudah dan cepat tertarik oleh keindahan yang diperlihatkan oleh negara lain, apalagi sifatnya hanya semata.

b. Kesuksesan seseorang tidak berarti bila hanya digunakan sendiri dan tidak direalisasikan untuk orang lain atau negaranya.

c. Rasa cinta tanah air perlu dikembangkan, mengingat semakin banyaknya pengaruh yang datang dari luar negeri.


要旨

森鴨外の短編『舞姫』の内在的要素の分析

短編は文学作品の一つの形である。作品には、二つの要素がある。外在的要素と内在的要素である。外在的要素は外部の要素で、例えば、宗教や作家の履歴や政治などである。そして内在的要素は、内部の要素で、例えば、土地、外観、生地、テーマなどである。

文学作品は、機能的に組み合わされた様々な要素によって構成された一つの総合体である。文学作品としての美しさは、それぞれの要素ではなく、統合されたその全体にある。それで、その要素間の関係を見る分析が必要とてる。

この論文のタイトルは、『森鴨外の短編「舞姫」の内在的要素の分析』である。短編『舞姫』は1890年日本の作家森鴨外によって書かれた。

短編『舞姫』の分析における問題は次の3点である。

1.森鴨外の短編『舞姫』の内在的要素は何か。

2.森鴨外の短編『舞姫』の内在的要素間の関係は何か。

3.森鴨外の短編『舞姫』の主題と作品の意味は何か。

そして本研究の目的は、

1.森鴨外の短編『舞姫』の内在的要素を知る。

2.森鴨外の短編『舞姫』の内在的要素間の関係を知る。

3.森鴨外の短編『舞姫』の主題と作品の意味を知る。

資料として『舞姫』の内在的要素によって分けた参考書を用いた。そして本研究では、“Deskriptif Kualitatif”という研究方法を用いた。

分析の結果次のことが明らかになった。

1.短編『舞姫』の内在的要素は、

Ÿ 土地は土地構文。

Ÿ 外観は多田豊太郎やエリスやエリスの母などです。

Ÿ 生地はベルリンです。

2.短編『舞姫』の本質的要素の統合は、主題と作品の意味の記述に役立っている。

3.短編『舞姫』の主題は民族愛である。

短編『舞姫』の作品の意味は、

a.新しい物に誘惑されるな。

b.祖国とほかの人に知織を割く。

c.祖国と民族への愛は大切である。


56 ABSTRAK

ANALISIS PERBEDAAN KELAS DALAM NOVELET

SHUNKINSHOO「春琴抄」KARYA TANIZAKI JUN’ICHIRO

( Kajian Sosiologi Sastra )

Nama : Sih Purbo Rini

No. Reg : 00240208

Program Studi: Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Pendidikan Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Manusia selain sebagai makhluk individu juga sebagai makhuk sosial. Perbedaan kelas merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi pada kehidupan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Perbedaan kelas inilah yang dilihat oleh Tanizaki Junichiro dalam kehidupan masyarakat Jepang dan dicoba untuk dituangkan kedalam karya sastra yang diciptakannya. Berbagai permasalahan yang timbul karena adanya perbedaan kelas dituangkan ke dalam tokoh – tokoh ciptaannya. Hal inilah yang dilihat oleh peneliti di dalam novelet Shunkinsho (Wajah Shunkin) ini. Peneliti melihat bahwa perbedaan kelas merupakan tema utama yang mendasari dibuatnya novelet ini, sehingga penelitian ini mengambil judul Analisis Perbedaan Kelas Dalam Novelet Shunkinshoo karya Tanizaki Jun’ichiro, dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Apa wujud dari perbedaan kelas pada tokoh utama novelet Shunkinsho ? 2) Reaksi apa yang timbul dari tokoh – tokoh bawahan yang menunjukkan adanya perbedaan kelas yang ada pada novelet Shunkinsho ini ?

Untuk meneliti dan menemukan jawaban rumusan masalah, maka peneliti akan menggunakan metode analisis deskriftif dengan data – data yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Pada bagian kesimpulan kita akan melihat bahwa : 1) Perbedaan kelas yang ada pada novelet Shunkinsho ini adalah perbedaan kelas yang didasari pada perbedaan ekonomi, yang dapat dilihat dan diklasifikasikan dari: perbedaan pendidikan, perbedaan gaya hidup, perbedaan status sosial, dan perbedaan pergaulan sosial. Selain perbedaan ekonomi, terdapat juga perbedaan yang didasari oleh perbedaan dasar material masyarakat, yaitu perbedaan keturunan. 2) Reaksi dari tokoh – tokoh bawahan ada dua, yaitu: tokoh bawahan yang mendukung adanya perbedaan kelas dan tokoh bawahan yang menentang adaya perbedaan kelas. Tokoh bawahan yang mendukung adanya perbedaan kelas adalah tokoh orang tua Shunkin dan Ritaro, murid Shunkin. Sedangkan tokoh bawahan yang menentang adanya perbedaan kelas adalah Shigizawa Teru, murid sekaligus pelayan Sasuke.


要旨

谷崎順一郎「春琴抄」の中の階級相異についての分析

人間は個人であると同時に社会の一見である。階級の相異は集団を形成する人間による社会問題の一つである。この階級の相異が日本社会に見られることを谷崎順一郎様は小説の中に書いている。いろいろな階級の相異による問題があることを登場人物の中に書いている。このことを「春琴抄」の小説の中に筆者は見ることができた。テ-マは階級の相異についてである。だから、筆者は谷崎順一郎「春琴抄」における階級の相異について分析する。

本研究の問題は次の二点である :

1.「春琴抄」の主人公の階級の相異はどのように表れているか。

2.「春琴抄」の周りの人々における階級の相異についての石響はどのようなに表れているか。

本研究の問題に答えるために、anlaysis descriptive を使う。本研究の結果は次のとおりである。

1.「春琴抄」の主人公階級の相異は経済的な相異である。この経済的な相異は、春琴と佐助の教育相異、生活様式の相異、社会てき地位の相異、交際の相異に見ることができる。また、この「春琴抄」の中には経済的な相異だけではなく、出身地の相異もある。

2.周りの人々からは二つの反響がある。階級の相異について支持する者と反対する者である。支持しているのは利太郎様と春琴の親である。反対しているのは

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: