Abstrak Sastra 1


1 ABSTRAK

PENGARUH HAIKU PADA KUMPULAN PUISI KERONCONG MOTINGGO

KARYA SUBAGIO SASTROWARDOJO

Nama : Kirti Wardati

No. Regrestrasi : 94240004

Program Studi : Bahasa Jepang

Fakultas : FBS

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Dalam penelitian ini, penulis melakukan analisis penelitian tentang pengaruh Haiku -Haiku Matsuo Basho pada kumpulan puisi keroncong motinggo karya Subagio Sastrowardojo. Penulis menggunakan kajian pendekatan Haiku –Haiku karya Matsuo Basho dan kumpulan puisi keroncong motinggo karya Subagio Sastrowardojo.

Adapun Rumusan Permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Adakah pengaruh Haiku karya Matsuo Basho pada sajak-sajak Subagio Sastrowardojo.
  2. Bagaimanakah bentuk pengaruh Haiku karya Matsuo Basho pada sajak-sajak Subagio Sastrowardojo, bila ditinjau dari segi bentuk dan keadaan atau suasana.

Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif yang digunakan untuk menjelaskan adanya pengaruh dan bagaimana bentuk-bentuk pengaruh diantara kedua puisi. Data yang digunakan diambil dari artikel dan buku keroncong motinggo yang mendukung penulisan ini.

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif ini bertujuan unuk mendeskripsikan adanya pengaruh bentuk-bentuk pengaruh Haiku Matsuo Basho pada kumpulan puisi keroncong motinggo karya Subagio Sastrowardojo. Hasil analisis dan penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut:

1.Bahwa adanya persamaan dan perbedaan diantara kedua puisi menunjukkan adanya suatu pengaruh antara Haiku dan puisi keroncong motinggo.

2.Ditinjau dari segi bentuk.

Bahwa bentuk pengaruh yang ada pada puisi keroncong motinggo adalah sama-sama dalam bentuk pendek seperti Haiku.

Ditinjau dari segi keadaan atau suasana. Bahwa antara Haiku Matsuo Basho dan puisi Subagio Sastrowardojo keduanya sama-sama menceritakan tentang keadaan sekeliling alam dan dunia yang ada disekeliling kita.


2 ABSTRAK

MAKNA SIMBOLIS BUNGA

DI DALAM TANKA KARYA MASAOKA SHIKI

Nama : Vicky Atitya Poerwanto

No. Registrasi : 95240008

Program Studi : Strata -1

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa Dan Seni

Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Tanka adalah puisi klasik Jepang yang terdiri dari 31 suku kata dengan pola 5,7,5,7,7. Alam menjadi sarana di dalam tanka untuk mengekspresikan perasaan manusia, dan bunga adalah salah satu kigo yang dipakai oleh penyair untuk melukiskan kehidupan.

Di dalam tanka karya Masaoka Shiki terdapat banyak jenis bunga dan peneliti menganalisis makna simbolisme bunga dengan rumusan masalah sebagai berikut :

1. Bagaimana makna simbolisme beberapa bunga yang terdapat di dalam tanka karya Masaoka Shiki.

2. Bagaimana amanat yang disampaikan melalui tanka.

Penelitian ini menggunakan metode analisis dan metode deskriptif, serta menggunakan pendekatan semiotik. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sample, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, yaitu denganpengembaran batin dari peneliti, didukung dengan metode pustaka, yaitu pengumpulan data dan bahan yang diambil dari sumber kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam tanka karya Masaoka Shiki makna simbolis bunga ditentukan oleh karakteristik bunga dan tempat dan budaya di mana bunga itu tumbuh. Sedangkan amanat yang terdapat di dalam tanka adalah bagaimana manusia melihat dan menghadapi kehidupan.


3 ABSTRAK

ANALISIS HOMO LUDENS DALAM CERPEN-CERPEN

KARYA MIYAZAWA KENJI

Nama : Didik Hariyanto

Nomor Registrasi : 95240012

Program Studi : Bahasa Jepang

Fakultas : Fakultas Bahasa Dan Seni

Jurusan : Bahasa Asing

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Karya-karya Miyazawa Kenji berupa cerpen banyak diilhami oleh dunia permainan. Miyazawa Kenji menyebutnya dengan Ihatobu. Cerpen-cerpennya seperti Gosu Pemain Cello, Tarian Kijang, Dewa Tanah dan Seekor Rubah, Donguri dan Kucing Hutan, Restoran Kucing Liar dan Ozzbel dan Seekor Gajah merupakan cerpen-cerpen yang mengandung makna Homo Ludens. Oleh kerena itu peneliti tertarik untuk mengambil judul “Analisis Homo Ludens Dalam Cerpen-Cerpen Karya Miyazawa Kenji”. Disamping itu dalam cerpen-cerpen itu memuat permasalahan sebagai berikut :

1. Bagaimana hubungan paidia dengan cerpen-cerpen karya Miyazawa Kenji.

2. Bagaimana hubungan cinta dengan cerpen-cerpen karya Miyazawa Kenji.

3. Bagaimana hubungan agon dengan cerpen-cerpen karya Miyazawa Kenji.

Dalam hal ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Metode analisis berguna untuk menganalisa data, sedangkan metode deskriptif untuk mendeskripsikan hasil analisis data mengenai unsur-unsur Homo Ludens yang terkandung dalam cerpen-cerpen karya Miyazawa Kenji.

Setelah menganalisa dengan seksama, akhirnya peneliti dapat menemukan hubungan antara Homo Ludens dengan cerpen-cerpen karya Miyazawa Kenji. Hal ini dapat dilihat dari hubungan berupa permainan yang terjadi atau dilakukan oleh masing-masing tokohnya yang memiliki karakter berbeda-beda.


要旨

宮沢賢治短編作品におけるホモルーデンス分析

宮沢賢治の作品にはファニタジーの世界を取り上げた短編作品がいくつかある。それをイーハトーブ宮沢はと延べている。その短編作品は例えばセロ弾きのゴーシュ、土神と狐、鹿踊りのはじまり、どんぐりと山猫、注文の多い料理店、オツベルと象の作品であり。これらの中にホモルーデンス「遊戯人間」が含まれている。従って、本論文では「宮沢賢治短編作品におけるホモルーデンス分析」を取リ上げることにする。

本論文で取り上げる問題は以下の通りである。

1.宮沢賢治短編作品とパイヂア「喜び」にはそのような関係があるか。

2.宮沢賢治短編作品とアモル「恋愛」にはそのような関係があるか。

3.宮沢賢治短編作品とアゴン「競争」にはそのような関係があるか。

本論文ではディスクリティフ分析を使用し。データを基礎したディスクリティフ分析を行う。それに対しの方法は宮沢賢治短編作品は含まれる。ホモルーデンスの特徴のデータ分析の結果として記述化する。

分析の結果、宮沢賢治短編作品とホモルーデンスには関連があることがわかった。この事はそれぞれ異なった性格をもう登場人物によって起こる遊戯関係から見ることができる。


4 ABSTRAK

ANALISIS ALUR DALAM NOVELET “YUME NO UKIHASHI”

KARYA TANIZAKI JUNICHIRO

Nama : Yoyok Nugroho

No. reg : 95240019

Program Studi : Bahasa Jepang/ S-1

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya

Novelet “Yume no Ukihashi” adalah novelet yang ditulis oleh Tanizaki Junichiro pada tahun 1959 dan diterbitkan untuk pertama kalinya oleh Chuookooron. Novelet “Yume no Ukihashi” ini menceritakan tentang kisah kehidupan keluarga untuk mewujudkan suatu keluarga yang lengkap dan bahagia. Yang paling menonjol dalam cerita ini ialah istri kedua tersebut berusaha mencurahkan kasih sayang kepada anak tirinya dan suaminya seolah-olah ia adalah bukan ibu tiri atau pun istri kedua. Hal inilah sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji novelet ini.

Dalam penelitian ini, peneliti membatasi hanya pada analisis alur yang terdapat dalam novelet “Yume no Ukihashi”, dengan rumusan permasalahan sebagai berikut: (1) bagaimanakah peristiwa-peristiwa yang ada dalam novelet “Yume no Ukihashi”? (2) bagaimana konflik yang ada dalam novelet “Yume no Ukihashi”? (3) bagaimanakah tahapan alur yang ada dalam novelet “Yume no Ukihashi”? (4) jenis alur apakah yang ada dalam novelet “Yume no Ukihashi”?

Penelitian ini berlandaskan pada asumsi bahwa karya sastra dibentuk oleh unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik yang merupakan eksistensi karya sastra dan alur merupakan salah satu dari unsur instrinsik tersebut.

Manfaat penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai jembatan untuk memahami karya sastra, khususnya novelet “Yume no Ukihashi” dan bagi peneliti sendiri merupakan penerapan dari berbagai pengetahuan yang telah diperoleh secara teoritis.

Penelitian ini merupakan hasil telaah pustaka dan digolongkan sebagai penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data dari sumber novelet “Yume no Ukihashi”, peneliti menggunakan metode telaah pustaka dan dalam menganalisis dan menjelaskan data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif.

Pada akhirnya simpulan yang dapat diperoleh setelah permasalahan dianalisis ialah novelet “Yume no Ukihashi” karya Tanizaki Junichiro ini memiliki alur yang menarik untuk diteliti. Dalam novelet ini terdapat beberapa jenis alur ditinjau dari beberapa segi atau sudut pandang. Alur dalam novelet ini termasuk dalam alur tunggal dari segi kuantitas, termasuk alur erat dari segi kualitas, termasuk alur menanjak dari segi tegangan dan termasuk alur terbuka dari segi akhir cerita.


5 ABSTRAK

ANALISIS STRUKTURAL NARATIF A.J.GREIMAS PADA NOVEL UTSUKUSHISA TO KANASHIMI TO (KEINDAHAN DAN KEPILUAN)

KARYA YASUNARI KAWABATA

Nama : Islahiani Rufaidah

Nomor Registrasi : 95240021

Program Studi : Strata satu (S-1)

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Sebuah karya sastra merupakan suatu kesatuan struktural dengan unsur-unsurnya yang terjalin secara fungsional. Keindahan sebuah karya sebagai karya sastra sebenarnya terletak pada keutuhan dan kepaduannya, bukan dalam unsur-unsur yang terpisah-pisah. Karena itu dibutuhkan analisis yang berusaha melihat hubungan antar unsur. Demikianlah yang disebut dengan analisis struktural.

Tiga permasalahan yang menjadi perhatian penulis yakni :

1. Bagaimana struktur cerita novel Utsukushisa To Kanashimi To berdasarkan skema aktannya ?

2. Bagaimana struktur cerita novel Utsukushisa To Kanashimi To berdasarkan struktur fungsionalnya ?

3. Bagaimana hubungan skema aktan dan struktur fungsional dalam membentuk struktur cerita utama ?

Sesuai dengan masalah yang dikemukakan di atas penelitian ini bertujuan untuk :

1. Mengetahui struktur cerita novel Utsukushisa To Kanashimi To berdasarkan skema aktannya.

2. Mengetahui struktur cerita novel Utsukushisa To Kanashimi To berdasarkan struktur fungsionalnya.

3. Mengetahui hubungan skema aktan dan struktur fungsional dalam membentuk struktur cerita utama.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis deskriptif. Metode analisis digunakan untuk menguraikan data yang ada sedangkan deskriptif digunakan untuk melukiskan, mendeskripsikan serta mencocokkan obyek penelitian dengan teori yang sesuai dengan penelitian ini. Hasilnya diharapkan dapat digunakan sebagai contoh bentuk analisis novel dan bermanfaat dalam usaha pengembangan pendekatan struktural, khususnya struktural naratif Greimas.

Dari hasil analis diperoleh kesimpulan mengenai struktur cerita novel Utsukushisa To Kanashimi To berdasarkan skema aktan maupun struktur fungsionalnya. Selain itu peneliti juga membahas tentang hubungan antara skema aktan dengan struktur fungsional yang bertujuan untuk membentuk cerita utama.


6 ABSTRAK

ANALISIS CINTA DALAM NOVEL SENBAZURU

(SERIBU BURUNG BANGAU) KARYA KAWABATA YASUNARI

Nama : Mustika Rosalina Wahfiana

No. Reg. Mahasiswa : 96240005

Program Studi : Bahasa Jepang / S1 / 1996

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pada hakekatnya karya sastra dan dunia psikologi memiliki hubungan lintas yang bersifat tak langsung dan fungsional. Hubungan sastra dan psikologi ini dipertegas dengan adanya empat kajian psikologi sastra yaitu :

1. Kajian mengenai pengarang sebagai tipe dan individu

2. Kajian tentang proses pengarang

3. Kajian tentang kaidah-kaidah psikologi yang terdapat dalam sebuah karya sastra

4. Kajian tentang pengaruh karya sastra terhadap pembaca (Wellek dan Warren, 1990:90).

Dengan menggunakan jenis kajian ketiga yaitu tentang kaidah-kaidah psikologi yang terdapat dalam sebuah karya sastra, penelitian ini mencoba melihat sejauh mana hubungan sastra dan ilmu psikologi. Sebagian besar hasil karya Yasunari Kawabata menampilkan tema cinta dan hidup yang harus diarungi manusia. Dalam kesempatan ini, salah satu novelnya yang berjudul Senbazuru ( Seribu burung Bangau) dianalisis secara psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel ini aspek cinta sangat menonjol. Dengan tujuan memperoleh hasil analisis yang mendalam pula, penelitian ini membatasai analisis aspek cinta pada tokoh Kikuji saja. Menurut Abraham Maslow, kebutuhan akan rasa cinta dan kasih sayang adalah kebutuhan yang paling mendasar bagi setiap manusia. Maslow juga menekankan bahwa kebutuhan akan cinta mencakup dicintai dan mencintai.

Sebagai disiplin ilmu, psikologi sastra didukung oleh tiga pendekatan yaitu :

1. Pendekatan eksperif yang mengkaji proses kreatif penulis melalui karya sastra

2. Pendekatan reseptif pragmatis yang mengkaji aspek psikologi pembaca setelah membaca karya sastra

3. Pendekatan tekstual yang mengkaji aspek psikologis tokoh dalam karya sastra (Aminuddin, 1990: 89).

Sesuai dengan tujuan penelitian yakni mengetahui dan mendeskripsikan rasa cinta pada tokoh Kikuji, maka penelitian ini menggunakan pendekatan tekstual.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis digunakan untuk menganalisis karya sastra, sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis data.

Hasil dari penelitian ini adalah :

1. Rasa cinta Kikuji terhadap Nyonya Ota didasari oleh kebutuhan dasar manusia akan cinta. Kesabaran, kelembutan, kehangatan dan kepasrahan Nyonya Ota membuat Kikuji mencintai Nyonya Ota.

2. Rasa cinta Kikuji terhadap Nyonya Ota diwujudkan melalui sikap, perhatian, kepercayaan dan penghormatan Kikuji terhadap Nyonya Ota.

3. Rasa cinta Kikuji terhadap Nyonya Ota termasuk dalam jenis cinta Eros karena cinta Kikuji berawal dari kesan pertama yang baik pada diri Nyonya Ota.


7 ABSTRAK

PERISTIWA-PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PENGARANG YANG MEMPENGARUHI HAIKU KARYA KOBAYASHI ISSA

(SEBUAH PENDEKATAN BIOGRAFIS)

Nama : Tri Nawangsih

No. Reg : 96240009

Program Studi : Bahasa Jepang

Fakultas : FBS

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Penyebab utama lahirnya karya sastra adalah penciptanya yaitu si pengarang. Kehidupan pengarang dapat dilihat dalam biografi pengarang yang memuat kehidupan pengarang, menelusuri perkembangan moral, mental dan intelektualnya. Biografi dapat juga dianggap sebagai studi sistematis tentang psikologi pengarang.

Alasan penelelitian ini adalah karena karya sastra dapat menjadi cermin bagi pengarangnya. Mengetahui latar belakang pengarang berikut proses pembuatannya sangat penting sebab interpretasi kita terhadap karyanya akan lebih mendekati kebenaran atau yang dimaksud oleh pengarangnya.

Kobayashi Issa adalah salah satu pujangga haiku besar Jepang, ciri khas karya Kobayashi Issa adalah haikunya bersumber dari pengalaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan bahasa sederhana dan memakai simbol binatang dan tumbuhan yang dekat dengan kehidupan manusia. Kobayashi Issa juga dikenal sebagai seorang humanis yang selalu menyuarakan kemanusiaan dan penderitaan hidup yang dilihatnya selama dalam pengembaraannya.

Penelitian ini mengambil rumusan masalah :

1. Peristiwa apa sajakah yang mempengaruhi perkembangan jiwa Kobayashi Issa ?

2. Peristiwa mana sajakah yang masuk ke dalam haiku karya Kobayashi Issa ?

Menurut John Locke, manusia dilahirkan bersih seperti kertas putih yang kosong dan pengalaman yang terjadi di sekitarnya yang di dapatnya selama hidupnya yang akan menulisi kertas itu,

Metode yang digunakan dalam penbelitian ini adalah metode analisis interpretatif dan deskriptif. Dalam metode analisis deskriptif juga mencakup metode interpretatif yaitu usaha pemberian makna pada karya sastra.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi haiku karya Kobayashi Issa adalah kesedihan, kematian , kehilangan dan penderitaan hidup yang dialami oleh penyair.

Peristiwa-peristiwa yang menghasilkan haiku yang bernada kesedihan, kematian dan kehilangan adalah kematian ibu dan ayahnya, perlakuan ibu dan saudara tirinya, kematian anak-anak Issa dan pengalamannya selama mengembara.


8 ABSTRAK

ANALISIS WATAK KITSUNE DAN TANUKI DALAM DONGENG JEPANG YANG TERCERMIN PADA WATAK MASYARAKAT KERJA JEPANG

Nama : Dwi Putri Eka Ratna Avifah

No. Registrasi : 96240012

Program studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Kitsune dan tanuki merupakan 2 tokoh binatang yang banyak muncul dalam dongeng Jepang. Selain itu, kitsune dan tanuki mempunyai arti penting dalam masyarakat Jepang. Hal ini dapat dilihat dari kitsune yang dianggap sebagai utusan dewa inari sehingga patungnya banyak di temui di kuil-kuil Inari, bahkan ada makanan yang dinamai dengan kitsune udon. Patung tanuki juga banyak dijumpai di depan restoran tradisional Jepang untuk mengundang tamu masuk. Karena itulah pada penelitian ini penulis memilih tokoh kitsune dan tanuki.

Menurut Purwanto (1996:145), Watak adalah struktur batin manusia yang tampak pada kelakuan dan perbuatannya yang tertentu dan tetap. Penulis meneliti mengenai watak kitsune dan tanuki dalam dongeng Jepang yang kemudian dihubungkan dengan watak masyarakat kerja Jepang.

Dengan metode Deskriptif Kualitatif terhadap 23 cerita dengan tokoh kitsune dan 12 cerita dengan tokoh tanuki dan diketahui bahwa :

Watak kitsune yang ditemukan dalam 23 cerita itu beraneka ragam namun yang tercermin pada watak masyarakat kerja Jepang antara lain, cerdik, kerja keras, tahu balas budi, solidaritas.

Sedangkan watak tanuki yang ditemukan dalam 12 cerita ini ada yang tercermin pada watak masyarakat Jepang yaitu cerdik, kerja keras dan tahu balas budi.


要旨

日本の労働社会の行動心理に現れる

日本の昔話に登場する狐と狸の行動心理の分析

私が研究の主題として狐と狸を選んだ理由は、次の通りである。狐と狸は、日本の昔話に、主人公として、他の動物より多く登場する。それだけではなく、狐は稲荷の使いとして、稲荷神社によく見られ、狸の像は、客を招くため、日本の伝統的な食堂の前に立っている。

Purwanto (1996出版の145)は、行動心理とは、一定の不変な行為に見られる人間の精神の構造であると述べている。日本の昔話に登場する狐と狸の行動心理を、質的記述法を用いて、23話に登場する狐と12話に登場する狸について分析し、それから日本の労働社会の行動心理に現れる狐と狸の行動心理を分析した。

23話に登場する狐と12話に登場する狸の行動心理は、様々であるが、日本の労働社会の行動心理の中に、賢明、勤労、恩返し及び連帯(狸の場合は狐場合より少ない)という狐と狸の行動心理が現れている。


9 ABSTRAK

ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH DALAM NOVEL BANGAU-BANGAU BETERBANGAN (SEMBAZURU) KARYA YASUNARI KAWABATA

Nama : Heni Kurniawati

No Registrasi : 96240013

Program Studi : S1

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : FBS

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Hubungan sastra dan psikologi adalah sangat penting. Karena sastra meng-gambarkan secara jelas kejiwaan manusia-manusia imajiner (Aminuddin, 1990 : 93).

Novel Bangau-bangau Beterbangan ditulis oleh pengarang Jepang Yasunari Kawabata yang menceritakan kehidupan keluarga yang terjadi di negara Jepang dalam interaksi antar generasi. Novel ini dianalisis secara psikologis. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi karakteristik jiwa tokoh Kikuji, tokoh Fumiko, tokoh Chikako, dan tokoh Nyonya Ota.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi. Dengan tujuan memperoleh hasil analisis yang mendalam, maka peneliti membatasi urutan analisis menjadi dua bagian, yaitu :

1. Deskripsi karakteristik individu dewasa (tokoh Kikuji dan tokoh Fumiko)

2. Deskripsi karakteristik individu madya (tokoh Chikako dan tokoh Nyonya Ota)

Dari hasil penelitian membuktikan bahwa tokoh Kikuji dan tokoh Fumiko sebagai individu dewasa mengadakan penyesuaian pada peran barunya melalui tanggung jawab terhadap sikap-sikap, keinginan-keinginan, dan nilai-nilai yang dimilikinya serta kecenderungan untuk lepas dari generasi tua. Sedangkan tokoh Chikako dan tokoh Nyonya Ota sebagai individu madya mengadakan penyesuaian terhadap berbagai perubahan fisik yang terjadi serta berperan penting sebagai pembawa norma, penyimpan tradisi, sekaligus pemimpin bagi generasi dibawahnya (individu dewasa).


要旨

作品登場人物の心理状態はどのようなものであるか

文学と心理学は非常に親密な関係がある。文学には架空の人間真理を明確に映し出す。「アミヌディン、199390」。

『千羽鶴』は川端康成によって書かれた。この小説は二世代の関係で日本の生活を書いている。本研究では、問題とされるのは、作品登場人物の心理状態はどのようなものであるか、ということである。

本研究デスクリップティフ分析法を活用した。正確な結果を得るために、本研究は二つことに限る。

(1)成年になった人の心理状態(菊治と文子)

(2)中年になった人の心理状態(栗本ちか子と太田夫人)

結果としては、菊治と文子は自分の希望や生活態度や基準に責任を持ち、中年の影響を避ける。基準を持っている人と結果をつけている人はちか子と太田夫人。この二人も成年を教育する人。


10 ABSTRAK

PENGARUH LATAR TEMPAT TERHADAP PERILAKU TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUKYANDARU (SKANDAL) KARYA SHUSAKU ENDO

(SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI)

Nama : Anik Susiani

No. Regristrasi : 96240026

Program Studi : Bahasa Jepang

Fakultas : FBS

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pada hakekatnya karya sastra dan dunia psikologi memiliki hubungan lintas yang bersifat tak langsung dan fungsional. Hubungan sastra dan psikologi ini dipertegas dengan adanya empat kajian psikologi sastra yaitu :

1. Kajian mengenai pengarang sebagai tipe dan individu.

2. Kajian tentang proses pengarang.

3. Kajian tentang kaidah-kaidah psikologi yang terdapat dalam karya sastra.

4. Kajian tentang pengaruh karya sastra terhadap pembaca.

(Wellek dan Warren, 1990 : 90).

Dengan menggunakan jenis kajian ketiga yaitu tentang kaidah-kaidah psikologi dalam karya sastra tersebut, maka dalam penelitian ini penulis ingin mendeskripsikan sejauh mana hubungan sastra dan psikologi. Dengan permasalahan sebagai berikut :

1. Bagaimanakah gambaran latar tempat tertutup dan latar tempat terbuka dalam novel Sukyandaru (Skandal) karya Shusaku Endo.

2. Bagaimanakah pengaruh latar tempat tertutup dan latar tempat terbuka terhadap psikis tokoh utama dalam novel Sukyandaru (Skandal) karya Shusaku Endo.

Berdasarkan permasalahan di atas, tujuan dari skripsi ini adalah :

1. Mendeskripsikan latar tempat tertutup dan latar tempat terbuka dalam novel Sukyandaru (Skandal) karya Shusaku Endo .

2. Mendeskripsikan pengaruh latar tempat tertutup dan latar tempat terbuka terhadap psikis tokoh utama dalam novel Sukyandaru (Skandal) karya Shusaku Endo.

Metode dalam penelitian ini adalah metode analisis interpretatif deskriptif yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan pengaruh latar tempat terhadap perilaku tokoh utama dalam novel Sukyandaru (Skandal) karya Shusaku Endo.

Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah :

1. Tempat-tempat yang berpengaruh terhadap perilaku tohoh utama dalam novel ini adalah tempat-tempat yang memberikan rasa aman dalan diri tokoh dan juga tempat-tempat yang bisa menjatuhkan citra diri tokoh.

2. Pengaruh tempat-tempat tersebut dalam diri tokoh utama ada yang negatif dan ada yang positif.


11 ABSTRAK

ANALISIS ALUR DALAM NOVEL

千羽鶴“SENBAZURU” (BANGAU-BANGAU BETERBANGAN)

KARYA KAWABATA YASUNARI

Nama : Heri Zaenal Mas’ud

Nomor Reg. : 96240031

Program Studi : S-1

Jurusan/Program : Bahasa Asing/Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Universitas : Unesa

Sebagai salah satu unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah karya sastra, khususnya fiksi adalah alur. Alur merupakan rangkaian dari terjadinya tindakan dalam sebuah cerita khayal, drama ataupun film (Duden, 1990). Di dalam alur sendiri masih ada unsur-unsur pembentuknya yang disebut peristiwa.

Seperti pendapat Semi dan Aminuddin yang dapat disimpulkan bahwa kegiatan analisis terhadap suatu karya sastra tidak harus meliputi semua aspek yang terkandung dalam suatu cipta karya sastra, tetapi boleh pada komponen yang diinginkan saja. Oleh karena itu penulis hanya menganalisis unsur alur yang ada dalam novel “Senbazuru” karya Kawabata Yasunari.

Novel ini menceritakan tentang anak Mitani, yang bernama Kikuji. Kehidupan Kikuji hampir sama dengan ayahnya. Ia dan ayahnya sama-sama mencintai Nyonya Ota. Ayahnya mempunyai pembantu yakni Chikako. Dan Chikako menjadi gundik ayahnya. Setelah kematian Tuan Mitani Chikako selalu berusaha menjodohkan Kikuji dengan Yukiko, tetapi Kikuji lebih menyukai Fumiko.

Di akhir cerita Nyonya Ota meninggal, Fumiko pun pindah dari rumahnya, tanpa memberitahukan Kikuji.

Dalam penelitian ini,peneliti ingin mengetahui alur yang digunakan Kawabata Yasunari dalam novel ini. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah:

1. Peristiwa apa saja yang membangun alur dalam novel “Senbazuru”

2. Bagaimanakah tahapan alur dalam novel “Senbazuru”

3. Jenis alur apa saja yang ada dalam novel “Senbazuru”

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alur yang terdapat dalam novel “Senbazuru” karya Kawabata Yasunari.

Penelitan ini menggunakan metode diskriptf kualitatif.

Hasil dari penelitian ini seperti dibawah ini:

1. Peristiwa yang membangun alur dalam novel “Senbazuru” kausatif dan temporal

2. Tahapan alur dalam novel “Senbazuru” adalah tahapan permulaan, perumitan, konflik, peleraian dan akhir

3. Jenis alur yang ada dalam novel “Senbazuru” adalah alur ganda, rapat, progresif, menanjak dan terbuka


12 ABSTRAK

ANALISIS PERILAKU OEDIPUS KOMPLEKS IMAJINER

TOKOH UTAMA DALAM NOVELET YUME NO UKIHASHI

KARYA TANIZAKI JUN’ICHIRO

N a m a : Choirul Anam

Nomor Registrasi : 97240004

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pada hakekatnya karya sastra dan psikologi memiliki hubungan lintas yang bersifat tak langsung dan fungsional. Hubungan sastra dan psikologi ini dipertegas dengan adanya empat kajian psikologi sastra, yaitu :

1. Kajian mengenai pengarang sebagai tipe dan individu.

2. Kajian tentang pengarang.

3. Kajian tentang kaidah-kaidah psikologi yang terdapat dalam sebuah karya sastra.

4. Kajian tentang pengaruh karya sastra terhadap pembaca. (Wellek dan Warren, 1990 : 90).

Dengan menggunakan jenis kajian ketiga, yaitu tentang kaidah-kaidah psikologi yang terdapat dalam sebuah karya sastra, penelitian ini mencoba melihat sejauh mana hubungan antara sastra dan psikologi

Sebagian besar hasil karya Tanizaki Jun’ichiro, menampilkan tema tentang masalah laki-laki dan wanita. Dalam penelitian ini penulis akan mengkaji salah satu novel Tanizaki Jun’ichiro yang berjudul Yume no Ukihashi (Jembatan Impian).

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

1. Bagaimanakah karakter Tadasu dan Tsuneko ditinjau dari aspek fisik, aspek psikis dan aspek status sosial ?

2. Bagaimanakah proses terjadinya perilaku oedipus kompleks imajiner pada diri Tadasu ?.

3. Bagaimanakah pengaruh perilaku oedipus kompleks imajiner Tadasu terhadap dirinya dan Tsuneko ditinjau dari aspek emosional dan aspek intelektual ?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis digunakan untuk menganalisis karya sastra, sedangkan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis data.

Hasil dari penelitian ini adalah :

1. Tsuneko memiliki kemiripan dengan Chinu secara psikis, status sosialnya bekas Geisha, sedangkan Tadasu memiliki ciri fisik yang sama dengan ayahnya, dan dia seorang pelajar.

2. Proses terjadinya perilaku oedipus kompleks imajiner pada diri Tadasu diawali saat meninggalnya Chinu dan semakin menguat saat kehadiran Tsuneko.

Pengaruh perilaku oedipus kompleks imajiner Tadasu membuat Tsuneko mempersenyawakan dirinya dengan Chinu serta menyebabkan terjadinya perilaku oedipus kompleks secara fisik.


要旨

作品中の登場人物の心理状態の研究で,

文学作品と心理学の関係は,どこまであるのか

本来は文学作品と心理学の間に機能的な関係があるといわれている。文学における心理的な研究をすることによって, 文学作品と心理の関係を明らかにしたい.。文学における心理学的な研究は次の四つから構成される。

1. 作品のタイプ及び作者の研究。

2. 文学作品を作る過程の研究。

3. 文学作品の中にある心理状態の研究。

4. 作品が読者に与える影響の研究 (Wellek dan Warren, 1990 : 90)

本研究は、作品中の登場人物の心理状態の研究で、文学作品と心理学の関係は、どこまであるのか調べてみることである。

本論文は次の二つの点について分析を試みる:

1. 糺と経子の身体的特徴と精神的特徴と社会的地位はどうか。

2. 糺のoedipus kompleks imajiner になって過程はどんな過程であるか。

3. 糺と経子のoedipus kompleks imajiner の関係はどんな関係であるか。

また、本研究に用いる分析の方法はデスクリプテフアナリシス(Deskriptif Analisis) である。デスクリプテフアナリシスというのは文学作品の心理措写を分析する方法である。

この 結果も二つの点がある:

1. 経子の精神的特徴はちぬ(糺の親)の精神的は特徴と似て的社会的地位が芸者だった。そして糺の精神特徴は糺の父親の精神特徴と似て、社会的地位がまだ学生である。

2. ちぬがなくなってはじまられてから経子がいるから糺のoedipus kompleks imajiner はつよくなった。

3. 糺のoedipus kompleks imajiner は経子が糺の母親の特徴とにていることからでてきて、身体的のoedipus kompleks になってしまった。


13 ABSTRAK

ANALISIS FANTASI PADA TOKOH

DALAM KUMPULAN CERPEN KARYA MIYAZAWA KENJI

Nama : Wiwik Setyoriny

No. Registrasi : 97240007

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Penelitian berjudul “Analisis Fantasi Pada Tokoh Dalam Kumpulan Cerpen Karya Miyazawa Kenji” ini memiliki latar belakang bahwa tidak semua karya sastra merupakan peniruan dari kenyataan, serta tidak semua karya sastra yang tidak menyajikan realitas adalah fiktif atau khayalan dan jauh dari realitas. Penelitian terhadap karya sastra non realis melibatkan teori fantasi. Dari teori-teori fantasi yang ada, hanya unsur dialog langsung non riil dengan yang riil dari teori Jackson yang dapat digunakan dalam penelitian ini. Kajian penelitian hanya pada tokoh, karena dalam fiksi non realis tokohlah yang mengalami peristiwa-peristiwa di luar realitas. Penulis memilih karya Miyazawa Kenji, karena Miyazawa Kenji adalah seorang penulis novel fantasi yang terkenal di Jepang.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hal-hal tidak masuk akal (dari segi mimetis) yang dialami tokoh dalam kumpulan cerpen karya Miyazawa Kenji dan bagaimana dialog langsung antara yang riil dan tidak riil pada tokoh dalam kumpulan cerpen karya Miyazawa Kenji. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hal-hal tidak masuk akal (dari segi mimetis) yang dialami tokoh dan mendeskripsikan dialog langsung antara yang riil dan tidak riil pada tokoh dalam kumpulan cerpen karya Miyazawa Kenji.

Data dalam penelitian ini adalah lima cerpen karya Miyazawa Kenji yang dianggap mewakili segala jenis tokoh. Sedangkan metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif yaitu dengan menjelaskan hasil analisis secara rinci, yang sebelumnya didasarkan pada metode telaah pustaka untuk menguatkan hasil penelitian.

Dengan menggunakan teori fantasi yang dikemukakan oleh Jackson, maka hasil penelitian yang diperoleh adalah tokoh-tokoh dalam kumpulan cerpen karya Miyazawa Kenji yang berupa manusia, hewan, tumbuhan, dewa, dan batu, tidak hanya mengalami hal-hal tidak masuk akal, tetapi juga melakukan hal-hal tidak masuk akal tersebut. Hal-hal tidak masuk akal yang dialami tokoh-tokoh dalam kumpulan cerpen karya Miyazawa Kenji ini berupa pengalaman, sikap, perbuatan, percakapan, perasaan, gerakan, dan tindakan tokoh. Hal-hal tidak masuk akal pada tokoh tersebut bertemu, membaur dan berdialog langsung dengan yang riil.

Adapun wujud dialog langsung riil-non riil yang dialami tokoh dalam kumpulan cerpen karya Miyazawa Kenji tersebut terjadi pada saat riil-nonriil bertemu, setelah riil-nonriil bertemu, dan pada waktu yang jauh setelah riil-nonriil bertemu, yaitu di akhir cerita. Wujud dialog langsung itu yang menentukan jenis hubungannya, yaitu hubungan simbiotik atau hubungan parasit. Hubungan simbiotik adalah hal-hal tidak masuk akal (non rill) mendukung yang riil. Hubungan parasit adalah hal-hal tidak masuk akal (non riil) menentang yang riil. Meskipun tingkat kekerapan pemunculannya tidak sama, kedua hubungan tersebut muncul dalam kumpulan cerpen karya Miyazawa Kenji.


要旨

宮沢賢治の短編集における登場人物を対象とした幻想の分析

宮沢賢治は、日本の有名な幻想の小説の作家である。幻想の理論は、現実的ではないことが書かれた小説についての研究が必要である。世界の幻想の理論は、Tzevetan Todorov, Jrr Tolkien, Ann Swinfen, Rosemary Jacksonと言った文献に書かれている。

宮沢賢治の短編集に使われている幻想の理論について研究するには、Todorovの幻想の理論は使えない。主人公も、読者も疑いの中にはいないからである。なぜなら、宮沢賢治の短編集の内容には、Jackson の言う幻想の理論ような、現実的なことと現実的ではないことを混同する関係があるからである。Swinfenの幻想の理論を使えない理由は、宮沢賢治の短編集は現実的なことと現実的ではないことが混合しているからである。また、Tolkienの幻想の理論も現実的なこととの対話は見られない。

以上のことから、この研究には、Rosemary Jacksonの言う幻想の理論しか使うことができない。Jacksonのような「直接対話」は、流れと出来事と登場人物を網のように結んだものである。この研究には、登場人物についてのみ研究していくことにする。登場人物は、現実的ではない小説で、現実的ではないものしか経験しない。問題は次の二点である。

一.登場人物が、現実的ではないことを経験したとはどんなことか。

二.登場人物がもつ現実的なことと、現実的ではないこととの「直接対話」とはどんなことか。

本研究は登場人物を対象とした幻想をよく理解することができるということを目的とする。

本研究の資料は宮沢賢治の短編集に取り上げられている五つの短編から分析した。次は、この五つの宮沢賢治の短編集である。

一.なめとこ山の熊

二.気のいい火山弾

三.鹿踊りの始まり

四.土神と狐

五.注文の多い料理店

データを集めた上で分析するという本研究で用いられた方法は「Deskripsi Kualitatif」である。

本研究の結果、この宮沢賢治の短編集における登場人物としての人間・動物・植物・神・石は、現実的ではないことを経験するだけではなく、現実的ではないことも行っている.。登場人物の現実的なことと現実的ではないことの間にある「直接対話」は、シンビオティックな関係とパラシティックな関係である。パラシティックな関係は、現実的ではないことが現実的なことに反する関係である。シンビオティックな関係は、現実的ではないことが現実的なことを支持する関係である。このような幻想の理論と宮沢賢治の短編集にある登場人物の体験を比べ、現実的なことと現実的ではないこととの間には「直接対話」がある。そして、この二つの関係は、シンビオティックな関係もパラシティックな関係も、この短編集にお互いに存在する。「登場人物が経験した現実的ではないこと」は現実的なことの

中心に位置する。その現実的ではないことは、現実的なことと混ざり合う。それは、この研究によって証明された。以上のように、Jacksonの言う幻想の理論は、宮沢賢治の短編集にもまさしく用いられているということができる。
14 ABSTRAK

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM

NOVELET IZU NO ODORIKO (PENARI IZU) KARYA KAWABATA YASUNARI

Nama : Anna ‘Ain W.A.Q

No. Reg. : 97240008

Program Studi : S-1

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : FBS (Fakultas Bahasa dan Seni)

Pengarang menggunakan berbagai macam cara untuk menarik perhatian, membangkitkan emosi dan imajinasi pembaca agar pembaca tidak merasa bosan. Salah satunya dengan menggunakan gaya bahasa. Gaya bahasa merupakan sarana sastra yang turut menyumbangkan nilai kepuitisan atau estetis karya sastra. Bahkan seringkali nilai seni suatu karya terletak pada gaya bahasanya.

Di dalam novelet (Penari Izu) ini kaya akan penggunaan gaya bahasa sehingga memiliki kesan estetis yang sangat dalam. Oleh karena itu peneliti akan menganalisis penggunaan gaya bahasa atau majas yang terdapat pada novelet (Penari Izu) ini dengan pendekatan stilistika. Stilistika adalah cara sastrawan memanipulasi dengan arti memanfaatkan unsur dan kaidah yang terdapat dalam bahsa dan efek apa yang ditimbulkan oleh penggunaannya.

Penggunaan ini menggunaan telaah pustaka dan deskriptif kualitatif. Adapun rumusan masalah yang peneliti kemukakan adalah

1. Bagaimanakah penggunaan majas atau gaya bahasa novelet (Penari Izu)?

2. Gaya bahasa apa saja yang terdapat pada novelet (Penari Izu)?

Hasil dari analisis di atas seperti yang tersebut berikut:

1. Di dalam (Penari Izu), Kawabata menulis sesuatu lebih indah daripada hal yang terjadi sebenarnya.

2. Di dalam novelet (Penari Izu) hanya terdapat 3 macam gaya bahasa, yaitu: perbandingan, pertentangan, dan pertautan.


要旨

川端康成の『伊豆の踊り子』小説の中における語法について分析する。

読者をあきさせないように筆者は語法で感情とイマジネーションを起こす.語法は仲介として美麗とEstetikaを貢献するだけではなく語法は美術である。

『伊豆の踊り子』には語法を使っている。そのうえ深いEstetika所有する。 Stilistika接近で『伊豆の踊り子』小説の語法の研究をする。

Stilistikaというのは文学が言語をどのように話用するということである。

本研究は記述の分析とDeskriptif Kualitatifを使用する。

本研究にある問題は

1.伊豆の踊り子には言語様式を使うのはどのようなものであるか。

2.伊豆の踊り子にある言語様式の使い方はどうだろうか。

この研究の結果、次のようなことが明かかになった。

1.伊豆の踊り子には川端は実のことにより下品な言葉を書いた。

2.その語法は、三つしかない比較語法と反対語法と関係語法である。


15 ABSTRAK

GEJALA SCIZOFRENIA PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “KAPPA” KARYA AKUTAGAWA RYUUNOSUKE

(KAJIAN PSIKOLOGIS)

Nama : Rulyana Vaus

No. Reg. : 97240016

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi berjudul Gejala Scizofrenia Pada Tokoh Utama Dalam Novel “Kappa” Karya Akutagawa Ryuunosuke (kajian Psikologis). Pemilihan judul tersebut dilandasi oleh faktor bahwa karya sastra merupakan cerminan kehidupan manusia, terdapat hubungan antara realitas kehidupan dengan kehidupan imajinatif dalam karya sastra. Sedangkan alasan menggunakan kajian psikologis disebabkan tokoh utama mengalami gejala gangguan jiwa, yang dikemas dalam karya sastra.

Rumusan masalah dalam penilitan ini adalah :

1. Bagaimana gejala primer Scizofrenia pada Pasien no. 23, sebagai penguat diagnosa dr. S dalam novel “kappa”?

2. Bagaimana gejala sekunder Scizofrenia pada Pasien no. 23, sebagai pengauat diagnosa dr. S dalam novel “kappa”?

Sedangkan tujuan penelitian adalah :

1. Mendeskripsikan gejala primer Scizofrenia pada Pasien no. 23, sebagai penguat diagnosa dr. S dalam novel “kappa”.

2. Mendeskripsikan gejala sekunder Scizofrenia pada Pasien no. 23, sebagai penguat diagnosa dr. S dalam novel “kappa”.

Permasalahan yang ada dalam penulisan skripsi ini bertolak dari asumsi bahwa adanya hubungan erat antara sastra dengan psikologi. Untuk menafsirkan psikologi dalam kaitannya dengan sastra dalam novel “kappa”, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ilmu psikologi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.

Kesimpulan dari penelitian ini ada dua pokok bahasan :

1. Adanya gejala primer.

a. Gangguan proses pikiran

b. Gangguan emosi

c. Gangguan afektif

d. Gangguan psikomotor

2. Adanya gejala sekunder

a. Waham

b. Halusinasi


要旨

芥川竜之介の「河童」の小説の登場人物の

SCIZOFRENIA前兆の心理の研究について

文学をみると人間の生涯の反映からその論文のタイトルを調べた。現実生涯はイマジネーション生涯と関係がある。その文学の登場人物の精神障害の生涯をみるために論文では心理の研究を調べた。本論文は次の二つの点について分析を試みる。

1.「河童」の小説の23番目の患者の第一のScizofrenia登場する前兆はどのようなものであるか。

2.「河童」の小説の23番目の患者の第二のScizofrenia登場しない前兆はどのようなものであるか。

研究の目的も二つの点がある。

1.「河童」の小説の23番目の患者の第一のScizofrenia登場前兆を書いている。

2.「河童」の小説の23番目の患者の第二のScizofrenia登場しない前兆を書いている。

文学は心理と関係があるという推定からこの本論文を書いた。「河童」小説の心理の解釈のために心理学の面からアプローチした。研究の方法はDESCRIPTIVEである。

その結果は次の二つの点がある。

1.第一に、

  1. 思想の障害
  2. 感情の障害
  3. AFEKTIF の障害
  4. PSIKOMOTORの障害

2.第二に、

  1. WAHAM
  2. 幻覚


16 ABSTRAK

ASPEK SOSIOLOGIS DALAM NOVEL KOKORO (RAHASIA HATI)

KARYA NATSUME SOOSEKI

Nama : Amira Agustin Koci Maheni

No. Reg : 97240023

Program Studi : Bahasa Jepang/S-1/97

Jurusan : Pendidikan Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul “Aspek Sosiologis dalam Novel Kokoro (Rahasia Hati) karya Natsume Sooseki”. Pemilihan judul tersebut dilandasi dengan alasan bahwa sastra dan kehidupan masyarakat mempunyai hubungan yang erat. Aspek sosial dalam karya sastra sangat menarik untuk dibicarakan.

Novel Kokoro (Rahasia Hati) merupakan novel karya Natsume Sooseki yang ditulis pada tahun 1914. Novel Kokoro menceritakan tentang keadaan masyarakat Jepang pada zaman Meiji yaitu masyarakat zaman transisi, peralihan dari alam feodal ke alam modern seperti saat ini. Novel tersebut secara langsung menunjuk kejadian sejarah, tetapi ada muatan sosial yang menunjuk pada zaman modern (Meiji). Tokoh utama novel ini adalah Sensei dan “aku” (seorang mahasiswa). Peneliti tertarik pada karya Natsume Sooseki karena Sooseki adalah seorang pengarang yang selalu dapat memberikan landasan teoritis terhadap karya-karyanya, sehingga dapat diketahui pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Dari latar belakang tersebut, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah aspek-aspek sosiologis apa sajakah yang terdapat dalam novel Kokoro (Rahasia Hati) karya Natsume Sooseki dan pesan apa yang disampaikan pengarang melalui novel Kokoro (Rahasia Hati) karya Natsume Sooseki. Supaya memperoleh gambaran yang luas dan jelas terhadap permasalahan yang ada, penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif.

Hasil analisis ini menunjukkan bahwa aspek sosiologis dalam novel Kokoro (Rahasia Hati) adalah :

1. Pergeseran budaya

2. Pendidikan dalam perkembangan sosial masyarakat

Sedangkan amanat atau pesan yang terdapat dalam novel Kokoro karya

Natsume Sooseki adalah :

1. Siap dalam menghadapi perubahan zaman

2. Pentingnya menuntut ilmu


要旨

夏目漱石の『心』におりる社会学の局面である。

文学と社会の生活は関係が会ってその上文学には研究すべき社会の局面があるのはその理由である。

『心』という小説は1914年に夏目漱石によって明治時代の日本の社会の出来事について書かれている。この小説の登場人物は「先生」と「私」である。夏目漱石が書いた小説は理論理由のある小説で,小説の委任が分かりやすい。その点で研究者が関心を持っている。

本論分の問題は次の通いである。

1.『心』にある社会学の局面はどのようなものであるか

2.『心』にある著者の委任はどのようなものであるか

本研究の用いる文析の方法は, Deskriptif Analisis である。

本研究の結果は次のことが明らかになった。『心』にある社会学の局面が二つである。

1.文化の対立

2.社会の開発にある教育

「心」にある著者の委任は二つである。

1.文化の対立を向かって用意すること

2.教育を大切にすること


17 ABSTRAK

ANALISIS TOKOH UTAMA AKU DALAM NOVELET IZU NO ODORIKO (PENARI-PENARI IZU) KARYA KAWABATA YASUNARI

( KAJIAN PSIKOLOGI SOSIAL)

N a m a : Aminatuz Zuhriyah

Nomor Registrasi : 97240031

Jurusan : Bahasa Jepang

Progaram Studi : Strata- 1

Fakultas : Bahasa dan seni

Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Novelet Izu No Odoriko ditulis oleh Kawabata Yasunari. Seorang novelis Jepang, yang sebagian besar karya-karyanya bertemakan kematian, kesepian, dan kerinduan yang tidak terpenuhi.

Dalam novelet Izu No Odiriko unsur sepi menjadi unsur penting dalam hubungan tokoh utama aku. Kesepian itulah yang menyebabkan ia bermaksud ikut bergabung mengikuti rombongan sang penari yang mengalami penghinaan dan dikucilkan oleh masyarakat.

Peneliti memilih kajian psikologi sosial sebagai bahan kajian karena objek studi sosial adalah tingkah laku manusia di masyarakat sebagai ungkapan proses mental kejiwaan, yang meliputi kemauan, minat, reaksi emosional, kecerdasan dan seterusnya, termasuk pembentukan kepribadiannya. Sedangkan alasan memilih teori kebutuhan sosial Weiss karena ia telah mengadakan penelitian bahwa seseorang yang tidak terpenuhi kebutuhan sosialnya akan mengalami kesepian.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

1. Bagaimanakah pengarang menggambarkan kebutuhan sosial kasih sayang pada tokoh aku terhadap rombongan para penari Izu.

2. Bagaimanakah pengarang menggambarkan kebutuhan sosial integrasi sosial pada tokoh aku terhadap para penari Izu.

3. Bagaimanakah pengarang menggambarkan kebutuhan sosial harga diri pada tokoh alu terhadap para penari Izu.

4. Bagaimanakah pengarang menggambarkan kebutuhan sosial rasa persatuan yang dapat dipercaya pada tokoh aku terhadap para penari Izu.

Penelitian ini dianalisis menurut metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah si aku mengalami 2 kesepian, yaitu: kesepian sosial dan kesepian emosioanal.


要旨

『伊豆の踊り子』にある登場人物[私]の分析

(川端康成の文章(心理社会的な分析方法)

『伊豆の踊り子』は日本んの小説家川端康成書いた。彼のたくさんの作品は死亡、充たされない熱望は登場人物[私]の関係を知るのにひつようになる。その静寂はかれが伊豆の踊り子にあとに従って行きたがる。実際伊豆の踊り子は自分が低い社会から出た。著者は心理社会的に研究する。心理の目的は人間行為社会で精神的経過の言葉の句にして。全ての望み、興味、感情の反響、学識など、個性の相識登録された。それから選挙の土台の Robert Weiss の社会的需要の理論調査をした。成果は人は社会的需要は完成ではない静寂になる。

論文の目的は次の通りである。

1.筆者は登場人物[私]の愛情社会的需用をどのように描くのであるか。

2.筆者は登場人物[私]の人間関係社会的需用をどのように描くのであるか。

3.筆者は登場人物[私]の自尊 の心の社会的需用をどのように描くのであか。

4.筆者は登場人物[私]の団結信用ができる社会的需用のことをどのよう描くのであるか。

この論文は心理と文学の関係を分析する為デスクリプテイフの方法も用いた。

本研究の結果[私]に二つ静寂にある。精神の静寂と社会的な静寂である。


18 ABSTRAK

PENGARUH IJIME TERHADAP PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM KOMIK DORAEMON

(KAJIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN)

Nama : Millatul Wafiroh

Nomor Registrasi : 97240032

Program Studi : S-1

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Skripsi ini berjudul Pengaruh Ijime Terhadap Psikologis Tokoh Utama dalam Komik Doraemon (Kajian Psikologi Perkembangan). Pemilihan judul tersebut dilandasi oleh faktor bahwa karya sastra merupakan cerminan kehidupan budaya suatu bangsa, ada hubungan antara realitas kehidupan dengan kehidupan imajinatif dalam karya sastra. Sedangkan alasan memakai kajian psikologi perkembangan karena tokoh utama dalam komik ini masih anak-anak yang masih dalam taraf perkembangan dan kehadiran psikologi dalam karya sastra dapat memberikan sentuhan tersendiri dibuktikan dengan adanya kajian psikologi sastra.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah fenomena ijime terhadap tokoh utama dalam komik Doraemon (2). Bagaimanakah pengaruh ijime terhadap psikogis tokoh utama dalam komik Doraemon. Sedangkan tujuan penelitian ini (1). Memperoleh gambaran fenomena ijime terhadap tokoh utama dalam komik Doraemon (2). Memperoleh gambaran pengaruh ijime terhadap tokoh utama dalam komik Doraemon.

Permasalahan yang ada di dalam penulisan skripsi ini bertolak dari asumsi bahwa hubungan antara sastra dengan psikologi suatu masyarakat sangat erat. Untuk menafsirkan psikologi dalam kaitannya dengan sastra, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ilmu Psikologi Anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif.

Kesimpulan dari penelitian ini ada enam pokok bahasan yaitu:

1) Fenomena ijime fisik dengan pengaruh positif

2) Fenomena ijime fisik dengan pengaruh negatif

3) Fenomena ijime fisik dengan pengaruh positif-negatif

4) Fenomena ijime psikis dengan pengaruh positif

5) Fenomena ijime psikis dengan pengaruh negatif

6) Fenomena ijime psikis dengan pengaruh positif-negatif


19 ABSTRAK

PERILAKU ETIKA BISNIS TOKOH-TOKOH TAMBAHAN

DALAM NOVEL MUSASHI BUKU KETIGA KARYA EIJI YOSHIKAWA

Nama : Nur Hidayatullah

No Reg : 97240033

Program Studi : Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa Dan Seni

Nama Lembaga : UNESA

Novel Musashi adalah sebuah novel yang ditulis oleh seorang pengarang Jepang bernama Eiji Yoshikawa dari tahun 1921 sampai tahun 1925. Novel Musashi menceritakan sosok seorang Musashi yang mencari kebenaran dengan jalur pedang dan sekaligus gambaran masyarakat Jepang pada masa itu. Masyarakat Jepang dalam novel Musashi merupakan tokoh-tokoh tambahan yang dimunculkan untuk melengkapi cerita. Kegiatan bisnis tokoh-tokoh tambahan dalam novel Musashi merupakan hal yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti novel Musashi sebagai obyek penelitian. Dalam menganalisis perilaku etika bisnis tokoh-tokoh tambahan pada novel Musashi buku ketiga karya Eiji Yoshikawa, rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah kegiatan bisnis tokoh-tokoh tambahan dalam novel Musashi buku ketiga karya Eiji Yoshikawa.
  2. Bagaimanakah perilaku etika bisnis tokoh-tokoh tambahan dalam novel Musashi buku ketiga karya Eiji Yoshikawa.

Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mempelajari dan memahami serta menjelaskan kegiatan bisnis dan perilaku etika bisnis tokoh-tokoh tambahan dalam novel Musashi buku ketiga karya Eiji Yoshikawa. Untuk mendalaminya digunakan pendekatan ekstrinsik tanpa mengabaikan unsur-unsur yang lain dalam karya sastra. Dalam hal ini peneliti menekankan pada kegiatan bisnis dan perilaku etika bisnis tokoh-tokoh tambahan. Peneliti menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Metode ini dipakai untuk menganalisis novel tersebut sehingga dapat mengarah pada aspek yang diteliti dengan jelas.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa :

  1. Telah banyak kegiatan bisnis yang berkembang pada masa itu yaitu bisnis pertanian, kerajinan, perdagangan dan hiburan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  2. Etika bisnis sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Jepang dalam berbisnis pada masa itu.
  3. Falsafah “ Konsumen adalah Raja “ telah dilaksankan pada masa Tokugawa Ieyasu dan terlahir dari sitem kelas feodal.


要旨

吉川英治『宮本武蔵,第三巻』の中における

脇役の労働の道徳性格

『宮本武蔵』は、1921年から1925まで吉川英治という日本の作家によって書かれた小説である。この小説は、武蔵と言う武士の生活を物語っていて、とその時代の社会の具合を表している。その時代の社会としては『宮本武蔵』の脇役である。『宮本武蔵』の脇役の社会は労働と関係がある、そしてこの研究の題名は、吉川英治『宮本武蔵、第三巻』における脇役の労働の道徳性格とした。

本研究の問題としては

1. 吉川英治『宮本武蔵』の見られる脇役の労働の努力は、どのようなものであるか。

2. 吉川英治『宮本武蔵』の見られる脇役の労働の道徳性格は、どのようなものであるか。

本研究の目的としては

1. 吉川英治『宮本武蔵』の中における脇役の労働の努力を説明する

2. 吉川英治『宮本武蔵』の中における脇役の労働の道徳性格を説明する。

言語と文学は、労働に密接な関係がある。

本研究では書籍調査とデイクリプテイフ.クォリタテイフ(DISKRIPTIF KUALITATIF) 法を使用した。

本研究の結果、次のことが明らかになった。

1. 吉川英治『宮本武蔵』の中における脇役の労働の努力は、色々があり、農業、手細工業、商人、遊女、などがある。その努力のために生活需要を満たすことである。

2. 吉川英治『宮本武蔵』の中における脇役の労働の道徳努力は、その時代の労働の道徳努力のとして人間たちの生きかたである。

3. 「消費者は王です」という哲学は徳川家康時代の封建主義から生まれた。


20 ABSTRAK

PENGARUH LATAR TIPIKAL TERHADAP PERWATAKAN

TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KOKORO KARYA NATSUME SOSEKI

Nama : Maria

No. Reg : 97240037

Program : S1

Jurusan : Bahasa Jepang

Fakultas : Bahasa dan Seni

Novel Kokoro ditulis oleh Natsume Soseki, pada tahun 1914. Tokoh utama dalam novel tersebut adalah Sensei. Sebagai tokoh utama sensei memiliki keistimewaan pada penggambaran wataknya. Seperti manusia pada umumnya. Watak sensei mengalami perkembangan, dipengaruhi oleh latarnya.

Tokoh dan latar merupakan dan unsur intrinsik karya sastra. Latar tidak hanya menggambarkan watak tokoh, latar juga membentuk watak tokoh.

Penelitian ini diadakan untuk mengkaji pengaruh latar Tipikal (tempat, waktu, sosial) terhadap perwatakan tokoh utama dalam novel Kokoro karya Natsume Soseki.

Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Sesuai dengan tujuan umum yaitu mendeskripsikan watak tokoh utama. Dan tujuan khusus penelitian yaitu menganalisis pengaruh latar Tipikal (tempat, waktu, sosial) terhadap perwatakan tokoh utamanya.

Berdasarkan analisis data, maka dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Sensei adalah tokoh utama dalam cerita. Watak Sensei dibentuk oleh 2 temperamen yaitu melankolik dan flegmatik, dengan temperamen melankolik sebagai temperamen dasarnya. Temperamen tersebut dibentuk oleh latarnya yang terdiri atas latar tempat, waktu dan sosial. Latar sosial menjadi latar yang paling dominan membentuk watak tokoh.


要旨

主人公の性格に対して典型的な背景の影響を与えることを研究する

『心』は1914年、夏目漱石によって書かれた。その小説の中で先生は主人公として、特別な人格がある人と描かれている。人間全体のような、先生の気性を育ていることが背景に影響を与える。

主人公と背景が文学の本質固有の題材である。双方とも相互に影響を与える。背景は主人公の性格を描いているだけでなく、主人公の性格が曲っていることも書かれている。

本研究では『主人公の性格に対して典型的な背景の影響を与えることは何か場所、時間を用いる、一定の期間、社会的』を研究しようと思う。

本研究の分析の方法は記述分析を使用する。研究全体の目的に合う記述として主人公の性格を研究するとともに、特に、主人公の性格に対して典型的な背景の影響を与えること分析する。

分析データによると研究の結果、先生は主人公の対部分の性格が憂うつで、少数の性格が無関心.無関力である。その性格は背景に影響を与える。社会的はよく主人公の対部分の性格を曲っている


21 ABSTRAK

ANALISIS DAPUR ( KITCHIN ) DAN PERANANNYA

TERHADAP TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KITCHIN

KARYA BANANA YOSHIMOTO

Skripsi oleh : Siti Mariyanti

No. Registrasi : 97240038

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Pendidikan Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Salah satu unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah karya sastra, khususnya fiksi adalah latar. Latar merupakan seluruh milieu sebuah cerita seperti: tata cara, kebiasaan, cara hidup, latar belakang alam dan lingkungan sekitar, karena itu penulis menganalisis latar tempat yaitu dapur dalam hubungannya dengan tokoh utama.

Penelitian ini berjudul “Analisis Dapur (kitchin) dan Peranannya Terhadap Tokoh Utama dalam Novel Kitchin Karya Banana Yoshimoto”. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang latar dan teori psikologi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah latar tempat yang dibangun dalam novel kitchin (2) bagaimanakah peranan kitchin/dapur bagi tokoh utama. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah (1)memperoleh deskripsi latar tempat yang ada dalam novel kitchin (2)memperoleh deskripsi peranan kitchin/dapur bagi tokoh utama.

Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa:

1. Latar tempat yang ada dalam novel kitchin meliputi:

1. Tokyo

2. Tempat tinggal Mikage Sakurai

3. Tempat tinggal Yuichi Tanabe

4. Kafe dan taman

2. Adanya hubungan yang erat antara dapur dan tokoh utama. Dapur mempunyai peranan penting pada psikis mikage untuk menghilangkan rasa kesendiriannya dan untuk mencapai kebahagiaan.


要旨

吉本ばななの『キッチン』における台所とその登場人物の役割析。

背景は文学、特に小説の中にあことである。研究者は背景を分析する。WilliamHudson,&DamiNTodaによると背景は風習、習慣、生き方と環境どがある。

本論文は 『キッチン』 における台所とその登場人物の役割 の 分析 変則 心理学 を使う。

この論文の問題は次の通りである。

1。『キッチン』にある場所の背景 は どの ような ものであろうか。

2。 登 場 人 物 に 対して台 所 の役割 はどの ような もの で あろうか。

上記の問題に基づいた、 本論文の目的は次の通りである。小説『キッチン』の登場人物に対する台所の役割を理解する。 さらに台所の役割を 理解 する。

研究の結果は2点ある。

1。『キッチン』の場所背景は

a. 東京

b. 桜井みかげの自宅

c. 田辺雄一の自宅

d. 喫茶店と公園

2。 『キッチン』の登場人物 と台所は深い関係が ある。


22 ABSTRAK

STUDI KOMPARASI MOTIF BINATANG

CERITA RAKYAT JEPANG DENGAN CERITA RAKYAT INDONESIA

Nama : Ria Chandrawati

No. Registrasi : 98240008

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jepang

Jurusan : Bahasa Asing

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Mengenai adanya persamaan dan perbedaan dalam suatu karya sastra dari dua negara atau lebih, dapat dipakai sebagai awal untuk mempelajari sastra bandingan. Sastra bandingan menurut Hutomo (1993:2) adalah perbandingan sastra secara sistematis dari dua negara yang berbeda.

Menurut Wellek seperti dikutip Hutomo (1993:4) dalam bandingan (sastra) lisan, motif; unsur terkecil dari dongeng yang selalu tetap dalam penampilannya dipergunakan sebagai unsur utama membandingkan dua versi dongeng atau lebih dari berbagai kultur yang berbeda. Dan motif yang dibandingkan dalam penelitian ini adalah motif binatang.

Pembahasan mengenai perbandingan antara cerita rakyat Jepang dengan cerita rakyat Indonesia adalah :

1. Bagaimanakah persamaan motif binatang dalam cerita rakyat Jepang dan cerita rakyat Indonesia ?

2. Bagaimanakah perbedaan motif binatang dalam cerita rakyat Jepang dan cerita rakyat Indonesia ?

3. Bagaimanakah faktor-faktor penyebab persamaan dan perbedaan motif binatang dalam cerita rakyat Jepang dan cerita rakyat Indonesia ?

Metode yang digunakan untuk meneliti adalah metode analisis deskripsi komparatif. Metode analisis digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Metode deskripsi digunakan untuk mendeskripsikan motif binatang kesepuluh cerita rakyat. Metode komparasi digunakan untuk membandingkan motif binatang kesepuluh cerita rakyat yang telah dideskripsikan.

Dari hasil perbandingan tersebut ditemukan persamaan dan perbedaan serta faktor penyebabnya. Persamaannya yaitu : A [Hebi nyobo]dan “Ular Dandaung”, 1) Binatang mitos, 2) Binatang yang mempunyai sifat seperti manusia, 3) Binatang baik hati, 4) Perkawinan manusia-binatang, 5) Penjelmaan binatang pada manusia.

B [Hachiro gata no Hachiro] dan “Sumur Duyung”, 1) Penjelmaan manusia pada binatang, 2) Cara penjelmaan, 3) Jenis kejadian penjelmaan. C [Tsuru no ongaeshi] dan “Burung Beo”, 1) Binatang magis, 2) Binatang suka menolong, 3) Jenis kejadian penjelmaan. D [Kotaro to haha ryu] dan “Naga Baruklinting”, 1) Binatang mitos,

2) Binatang yang mempunyai sifat seperti manusia. E [Shita kiri suzume] dan “Nyi Pucuk Kalumpang”, 1) Binatang mitos, 2) Binatang magis. Perbedaannya yaitu :

1)A [Hebi nyobo], (1) Sifat dan tabiat aneh pada binatang, (2) Jenis kejadian penje1maan. 1)B “Ular Dandaung”, (1) Binatang magis, (2) Cara penjelmaan.

2) [Hachiro gata no Hachiro] berwujud naga sedangkan “Sumur Duyung” berwujud ikan duyung, burung rajawali, merpati, tekukur dan perkutut. 3)A [Tsuru no ongaeshi], (1) Binatang mitos, (2) Binatang baik hati, (3) penjelmaan binatang pada manusia, 3)B “Burung Beo”, (1) Binatang yang mempunyai sifat seperti manusia,

(2) Penjelmaan manusia pada binatang, (3) Cara penjelmaan. 4)A [Kotaro to haha ryu], (1) Binatang suka menolong, (2) Rampai-rampai binatang, 4)B “Naga Baruklinting”, (1) Binatang magis, (2) Penjelmaan binatang pada manusia, (3) Jenis kejadian penjelmaan. 5)A [Shita kiri suzume], (1) Binatang baik hati, (2) Sifat dan tabiat aneh pada binatang, 5)B “Nyi Pucuk kalumpang”, (1) Binatang yang mempunyai sifat seperti manusia, (2) Binatang suka menolong, (3) Rampai-rampai binatang.

Faktor-faktor penyebab persamaan-perbedaan yaitu :

A [Hebi nyobo] dan “Ular Dandaung”, monogenesis dan perbedaan disebabkan jenis motif berbeda.

B [Hachiro gata no Hachiro] dan “Sumur Duyung”, poligenesis dan perbedaan dipengaruhi kebudayaan/kepercayaan. C [Tsuru no ongaeshi] dan “Burung Beo”, poligenesis dan perbedaan dipicu musim yang berbeda. D [Kotaro to haha ryu] dan “Naga Baruklinting”, monogenesis dan perbedaan disebabkan jenis motif berbeda.

E [Shita kiri suzume] dan “Nyi Pucuk Kalumpang”, poligenesis dan perbedaan disebabkan jenis motif berbeda.


要旨

日本民話とインドネシア民話の主題動物の比較研究

二つの国の文学作品の類似点と相異点を挙げることによって比較文学の研究は始められる。比較文学とは二つの国の文学作品を体系的に比較することである(Hutomo,1993:2)Wellek (Hutomo中で、1993:4)によると、比較口承文学の研究では伝説に登場する小さい要素の主題を異なる文化から生まれたものとして比較することを中心とする。主題研究の中で、主題動物である。

本研究は日本の民話とインドネシアの民話の比較研究で、次の問題を研究する。

1. 日本民話とインドネシア民話の主題動物の類似点。

2. 日本民話とインドネシア民話の主題動物の相異点。

3. 日本民話とインドネシア民話の主題動物の類似点と相異点が原因の要因となる。

本研究で使用した研究法は比較記述分析法(Metode Analisis Deskriptif Kom-Paratif)である。分析法は集めたデータの分析に使用し、記述法は十の民話の動物主題を説明するために使用する。比較法は十の民話の動物主題を比較するために用いる。十の民話の動物主題比較の結果、以下のような類似点と相異点と原因の要因が見受けられた。

類似点

A「へび女房」とUlarDandaung1)動物がでる神話、2)人間のように話す動物、3)動物の性質、4)動物と人間の結婚、5)人間に化ける。B「八郎潟の八郎」とSumurDuyung1)動物に化ける、2)化身方法、3)化身成立。C「鶴の恩返し」とBurungBeo1)魔術的動物2)助けてくれる、3)化ける成立。D「小太郎と母竜」とNagaBaruklinting1)想像上、2)人間のように話す動物。E「舌切雀」とNyiPucukKalumpang1)動物がでる神話 、2)魔術的動物。

相異点

1)A「へび女房」、(1)動物の不思議な性格、(2)化ける成立。1)B.UlarDandaung(1)魔術的動物、(2)化ける方法。2)「八郎潟の八郎」では竜、SumurDuyungでは人魚、大わし、飼いばと、はと、山ばとなどの動物である。3)A「鶴の恩返し」、(1)動物がでる神話、(2)動物の性質、(3)人間に化ける。3)B.Burung Beo(1)人間のように話す動物、(2)動物に化ける、(3)化ける方法。4)A「小太郎と母竜」、(1)助けてくれる、(2)いろいろの動物物語集。4)B.NagaBaruklinting(1)魔術的、(2)人間に化ける、(3)化ける成立。5)A「舌切雀」(1)動物の性質、(2)動物の不思議な性格。5)B.NyiPucukKalumpang(1)人間のように話す動物、(2)助けてくれる、(3)いろいろの動物物語集。

類似点と相違点が原因の要因となる。

A)「へび女房」とUlarDandaungmonogenesis.B)「八郎潟の八郎」とSumurDuyungpoli-genesis.C)「鶴の恩返し」とBurungBeopoligenesis.D)「小太郎と母竜」とNagaBaruklintingmonogenesis.E)「舌切雀」とNyiPucukKalumpangpoligenesis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: