Mendengarkan Rendra, Chairil Anwar, dan Sitor di Nagoya

Monday, 22 November 2010 Image

Lomba Pidato dan Baca Puisi Bahasa Indonesia, Universitas Nanzan – Nagoya, 21 November 2010

Untuk ke-3 kalinya, Fakultas Bahasa Asing Universitas Nanzan (Nagoya) dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Komisariat Nagoya mengadakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia pada tanggal 21 November 2010. Pada kegiatan tahun ini, diadakan pula Lomba Baca Puisi, dimana para peserta membacakan syair W.S. Rendra, Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, dan Sitor Situmorang. Tercatat 15 orang mengikuti Lomba Baca Puisi dan 11 orang mengikuti Lomba Pidato. Rata-rata peserta adalah pelajar dan mahasiswa, ditambah beberapa peserta dari kalangan profesional. Kegiatan ini didukung oleh KBRI Tokyo dan Garuda Indonesia. Terdapat tiga orang juri, yaitu profesor dari Nanzan University, perwakilan PPI Nagoya, dan perwakilan KBRI Tokyo.

Image 

Peserta Lomba Baca Puisi

Dalam sambutan pembukaan, Profesor Hiroshi Fujimoto, Dekan Fakultas Bahasa Asing Universitas Nanzan, menyatakan harapannya agar para peserta lomba dapat menjadi duta persahabatan Indonesia – Jepang. Prof Fujimoto menambahkan bahwa kini tidak banyak pemuda Jepang yang pergi ke luar negeri. Namun dengan adanya pemahaman budaya dan bahasa asing, termasuk melalui Lomba Pidato Bahasa Indonesia, maka dapat tumbuh ketertarikan dan minat untuk mengunjungi negara lain, khususnya Indonesia. Selanjutnya, Atase Pendidikan KBRI Tokyo mewakili Duta Besar RI, juga menyampaikan penghargaan kepada Universitas Nanzan dan PPI Nagoya atas pelaksanaan lomba ini. Selain di Nagoya, KBRI Tokyo juga mendukung pelaksanaan Lomba Pidato Bahasa Indonesia oleh Kanda University (Kota Chiba) dan Kyushu University (Kota Fukuoka).

Image 

Penghargaan bagi Juara Pertama Pidato

Para peserta Lomba Baca Puisi membawakan “Cerita Buat Dien Tamaela”, “Gema Sumpah Pemuda Tahun 1928”, “Penjual Buah”, dan “Orang-Orang Miskin” dengan penuh penghayatan dan emosi. Salah satu peserta bahkan menitikkan air mata ketika membawakan “Mudik”. Lafal Bahasa Indonesia yang kadang masih kaku bukan menjadi halangan bagi para peserta untuk tampil bersemangat. Padahal ketika tampil, peserta tidak diperbolehkan membawa teks puisi yang akan dibawakan. Mereka harus menghafalkan puisi tersebut. Terpilih sebagai Juara Pertama adalah Junko Lowson (puisi “Mudik”), Juara Kedua adalah Yume Yoneda (“Krawang – Bekasi”), dan Juara Ketiga adalah Arisa Nagao (“Penjual Buah”).

Image 

Seluruh peserta lomba

Hal yang sama juga dihadapi oleh peserta Lomba Pidato, yang harus menghafalkan teks pidato yang mereka tulis sendiri. Pidato yang disampaikan memiliki topik yang variatif, seperti masalah ekonomi dan politik Indonesia-Jepang, budaya Indonesia, kesejahteraan rakyat, hingga berbagai pengalaman pribadi para peserta sendiri, yang rata-rata pernah berkunjung ke Indonesia. Setelah seluruh peserta tampil, juri memutuskan Shoko Matsuoka sebagai Juara Pertama, Miho Nakano sebagai Juara Kedua, dan Hirotaka Kawahara, sebagai Juara Ketiga. Masing-masing Juara Pertama untuk setiap kategori mendapatkan hadiah tiket perjalanan dari Garuda Indonesia.

Sumber: http://www.indonesianembassy.jp/index.php?option=com_content&task=view&id=366&Itemid=1

Foto lainnya (klik foto untuk memperbesarkannya):

 

 

 

2 Tanggapan

  1. Lomba Pidato BHS Indonesia…すごいですねー。1月~2月はインドネシアでは冬?休み。 高校生弁論大会、大学生弁論大会、各大学主催の弁論大会、そうそう、それから漢字カップも、いろいろなLombaが目白押しです。日本人とインドネシア人はLomba好き? やましな@UNESA

  2. 山科先生、その通りですね。インドネシア人も日本人も好きですね。私もやりたくてたまないです。(smile)
    中部では、このインドネシア語の弁論大会が三回目ですが、その前はなかったそうです。参加者は日本全国です。去年は北海度から二人、九州からもいました。日本―インドネシアとの関係で、これからも続いたらいいなあと思っています。

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: