LOMBA PIDATO BAHASA INDONESIA 2010 NAGOYA

LOMBA PIDATO BAHASA INDONESIA KE-3 NAGOYA

Latar Belakang

Sebagai kelanjutan dari Lomba Pidato Bahasa Indonesia pertama dan kedua pada tahun sebelumnya, Universitas Nanzan Fakultas Bahasa Asing dan Persatuan Pelajar Indonesia Komisariat Nagoya (PPI-Nagoya) saling bekerja sama untuk menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia ke-3. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo dengan sponsor utama Garuda Indonesia.

Penyelenggaraan Lomba Pidato Bahasa Indonesia ini menjadi salah satu usaha untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia di Jepang, dan bertujuan untuk memberikan kontribusi pada perluasan persahabatan dan saling pengertian antara Indonesia dan Jepang.

Pada Lomba Pidato Bahasa Indonesia ke-3 kali ini akan diadakan dua kegiatan lomba yaitu Lomba Baca Puisi Indonesia dan Lomba Pidato Bahasa Indonesia. Informasi selengkapnya dalam bahasa Jepang:

http://www.nanzan-u.ac.jp/GAIKOKUGO/Asia/contestosirase.pdf

Penyelenggaraan

Waktu         :   Minggu, 21 Nopember 2010 mulai pukul 13:00 (direncanakan selesai 18:00; peserta sudah harus hadir pada pukul 12:30)

Tempat        :   Universitas Nanzan Kampus Nagoya Ruang DB1

Akses: http://www.nanzan-u.ac.jp/Information/access.html

Persyaratan :   Orang yang berbahasa ibu bahasa Indonesia dan pemenang pertama pada lomba sebelumnya tidak diperbolehkan menjadi peserta. Pendaftaran gratis. Persyaratan masing-masing lomba sebagai berikut.

Lomba Baca Puisi :   Pilih salah satu puisi dan hafalkan. Pilihan puisi lihat di

http://www.nanzan-u.ac.jp/GAIKOKUGO/Asia/daftar%20puisi%20untuk%20dihafalkan%202010.pdf

Isi formulir pendaftaran dan kirim ke panitia.

Lomba Pidato :          Teks Pidato. Tuliskan teks pidato anda yang jika dipidatokan tidak lebih dari lima menit. Tema pidato bebas asal berhubungan dengan tujuan lomba seperti diuraikan di latar belakang. Hasil karangan sendiri. Boleh dicek oleh native speaker. Diawal teks pidato dicantumkan judul dan nama dengan huruf latin.

Rangkuman Teks Pidato. Isi teks pidato bahasa Indonesia (pada poin di atas) dirangkum dalam bahasa Jepang kurang lebih 100 huruf. Isi formulir pendaftaran dan kirim ke panitia.

Formulir     : Formulir pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lomba Pidato Bahasa Indonesia bisa diprint dari halaman web berikut: http://www.nanzan-u.ac.jp/GAIKOKUGO/Asia/new2010apli.pdf

Tempat Pendaftaran: Pendaftaran harus sudah diterima oleh panitia paling lambat hari Jumat 22 Oktober 2010, dengan alamat sebagai berikut.

466-8673 Nagoya-shi Showa-ku Yamasato-cho 18 banchi

Nanzan Daigaku Gaikokugo Gakubu Ajia Gakka Godo Kenkyushitsu

Telepon 052-832-3111 pesawat 3552

E-mail: dpt-ajia@nanzan-u.ac.jp

Penjurian :

–    Lomba Baca Puisi

Penjurian didasarkan pada pembacaan puisi yang sudah dihafalkan dengan melihat tingkat penghafalan, ekspresi, dan pengucapan.

Jika pesertanya banyak, masing-masing peserta akan dihubungi untuk diadakan penjurian babak pertama pada hari yang sama pagi hari.

–    Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Sebagai seleksi awal, akan dilakukan penjurian berdasarkan teks pidato yang masuk. Bagi peserta yang lolos untuk tampil akan diberitahukan melalui e-mail pada akhir Oktober 2010.

Sampaikan pidato anda dalam lima menit, tidak boleh melihat teks. Setelah pidato akan diadakan tanya jawab atas isi pidato anda. Poin-poin penjurian: tingkat penghafalan, ekspresi, pengucapan, isi pidato, dan total waktu.

Lain-lain :

–    Juara I, II, dan III masing-masing lomba akan diberi sertifikat.

–    Hadiah utama berupa tiket PP Jepang-Indonesia dari Garuda Indonesia untuk juara pertama.

–    Pertanyaan dan sebagainya silakan langsung ke tempat pendaftaran di atas.

–    Detail akses ke tempat lomba: Karena lebih dekat dengan gedung tempat lomba, disarankan untuk masuk lewat pintu gerbang utara (北門): http://www.nanzan-u.ac.jp/Information/station_01.html

Penyelenggara:

Fakultas Bahasa Asing Universitas Nanzan

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Komisariat Nagoya

Pendukung:

Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo

Sponsor:

Garuda Indonesia

.

Satu Tanggapan

  1. Saya jadi penasaran ttg Lomba pidato baik yg B.Jep maupun B, Ind, baca puisi etc. Alangkah baiknya video lomba pidato ditampilkan spy kita bisa melihat dan mendengarkan, shg bs menjadi wacana dan pembelajaran banyak orang. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: