SEKILAS LOMBA PIDATO (BENRON TAIKAI) TINGKAT JATIM 2010

Oleh: Amira Sensei

Lomba pidato bahasa Jepang (benron taikai ) tingkat Jawa Timur ke-31 telah dilaksanakan pada Minggu, 9 Mei 2010 di Ruang Brawijaya, Hotel Novotel. Peserta yang mengikuti sejumlah 14 orang dari beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Jawa Timur yang memiliki program studi bahasa Jepang.

Untuk tahun 2010 ini, ada perubahan peraturan yang cukup menggembirakan.  Jika pada tahun-tahun sebelumnya juara 1 dan 2 tingkat Jatim akan mendapatkan bonus peserta yaitu dua orang untuk juara 1 dan satu orang untuk juara 2, selain porsi masing-masing PT yaitu satu orang, maka pada tahun ini ada kebijaksanaan bahwa seluruh PT mendapatkan porsi satu orang ditambah dengan satu orang perwakilan yang akan diseleksi berdasarkan karangan pidato bahasa Jepang, terjemahan dan rekaman suaranya.  Tentunya hal ini memberikan kesempatan yang sama dan cukup adil bagi seluruh peserta.  Alhamdulillah, dengan kebijakan ini, Unesa dapat mengirimkan dua wakilnya untuk mengikuti lomba yaitu Niswatul Laila (angkatan 2008) dan Indrie Respia (angkatan 2007).

Dengan bimbingan dari Bapak/Ibu dosen (Zaenal 先生, Amri先生, Yovinza先生, dll) maka persiapan dilakukan dengan intensif. Laila-san dan Indrie-san  sering kali diminta untuk berlatih pidato di depan kelas sebelum kuliah dimulai untuk memperkuat mental dan kemampuan menjawab pertanyaan.

Pada hari-H, perlombaan berjalan dengan lancar dan persaingan pun terlihat ketat. Tim pendukung Unesa, seperti biasa, merupakan supporter fanatik yang hanya bisa dikalahkan oleh supporter bonek Persebaya…J. Indrie-san  mendapatkan nomor urut sembilan dan Laila-san nomor 12. Dari hasil pidato dan kemampuan menjawab pertanyaan, maka dewan juri memutuskan bahwa :

Juara 1 : Indrie Respia (Unesa)   「 どこでもドア」

Juara 2 : Prita         (UNIBRAW)  「土のような考え方」

Juara 3 : Winda      (UNITOMO)   「世界中の人を幸せにする魔法」

Dengan demikian, Indrie-san berhak mengikuti Lomba Pidato (Benron taikai) tingkat Pusat (Indonesia) ke-35 pada hari Sabtu, 12 Juni 2010 di Auditorium RRI, Jakarta. Indrie-san akan ditemani oleh Amri先生 ke Jakarta. Mari kita berdoa supaya Indrie-san bisa mendapatkan hasil yang terbaik untuk dirinya dan Unesa. Amin. Mohon doa restu dan dukungannya.

Dokumentasi :

Sang Juara, Indrie Respia

Setelah penyerahan hadiah

Poster dukungan

Supporter Unesa

5 Tanggapan

  1. ITSUMADEMO UNESA ICHIBAN!!!
    wah poto2nya keren jg editan nya, sensei

    ayooo Indrie san smoga bisa menang lg!!
    semangat Indrie san membuat diriq yg tadinya sempat putus asa, menjadi lbh termotivasi dlm menyusun Ronbun…
    Ayooo kohai2 teruskan perjuangan, smoga Rainen jg menang lg

  2. meski tidak pernah jadi peserta Benron Taikai, tapi sebagai mantan koordinator suporter UNESA yang pastinya ICHIBAN juga predikatny, suasana Benron Taikai amat sangat saya rindukan….
    seandainya saja boleh jadi suporte juga di Jakarta….
    dari Sukoharjo-JATENG saya hanya bisa mendukung lewat Do’a untuk Indori san. semoga UNESA ICHIBAN di seantero Indonesia!!!

  3. mohon maap niy, meskipun di Jakarta, tetep ja aku ga bisa ikut dateng ngasih support. pengen banget padahal, tapi ga bisa coz harus ngajar. maksih buat kotrek (ani san) yang paginya sempet ngasih tau kalo dah nyampek di Jakarta. maap ya ga bisa menemani…padahal pengen ketemu ma kohai tachi semua.:'(.hiks…

  4. selamat ya……..ayo….harus bisa nembus ke Nihon…saya 2 kali cuman ampe Jakarta doank…..lanjutkan perjuangan kita semua…..gambatte ne Indrie san…

  5. selamat ya kak.. qt dr man tambak beras!!!
    qt jga tertarik sekali dgn pidto b.jpg.
    qt ingin sprti ka2k..
    ganbattene……!!!!

    >>>>>Arigatoo. Gambatte ne.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: