Laporan dari Ajang Lomba Pidato Bahasa Indonesia ke 2 Nagoya

Oleh: R o n i

Juara Pertama Kelompok I : Chisato Aimu

Pada suatu hari mahasiswa Jepang yang sedang mengunjungi Indonesia kehilangan visa dan pergi ke Singapura untuk membuat visa baru. Karena semua serba mendadak, mahasiswa tersebut tidak mempunyai cukup uang untuk menginap di hotel di Singapura. Akhirnya, dia memutuskan untuk menginap di bandara Changi. Akibatnya dia ditangkap oleh polisi bandara dan diantarkan untuk menginap di hotel. Dalam perjalanan menuju hotel dia menceritakan jika sedang belajar bahasa Indonesia dan kesulitan yang dihadapinya. Tiba-tiba, polisi itu mengajaknya berbicara bahasa Indonesia dan menawarkan untuk menginap di rumahnya selama satu minggu, bahkan dia diberi makan selama satu minggu itu pula. Itulah tema pidato bahasa Indonesia yang dibawakan dengan santai oleh Masahiro Hagusa, mahasiswa Osaka University, dan merebut juara pertama pada kategori kelompok peserta yang pernah pergi ke Indonesia lebih dari tiga bulan, serta berhak menerima hadiah berupa tiket PP Nagoya-Bali dari Garuda Indonesia.

Kegiatan lomba pidato bahasa Indonesia yang kedua kalinya ini diadakan di Nagoya dan merupakan kerja bareng antara Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Komisariat Nagoya dengan Fakultas Bahasa Asing Universitas Nanzan, pada hari Minggu 22 Nopember 2009 di kampus Nanzan University. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh KBRI Tokyo dan Garuda Indonesia.

Lomba kali ini dibedakan menjadi dua kategori kelompok, yaitu kelompok peserta yang pernah pergi ke Indonesia total di bawah tiga bulan dan kelompok peserta yang pernah pergi ke Indonesia total lebih dari tiga bulan. Keadaan menjadi lebih seru ketika pada kelompok kategori yang kedua, peserta dengan tangkas menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dua orang panitia  dalam hubungannya dengan isi pidato.

Juara pertama untuk kategori kelompok peserta kurang dari tiga bulan dan juga berhak menerima hadiah tiket PP Nagoya-Bali diraih oleh Chisato Aimu, mahasiswa Nanzan University. Dia mengambil tema tentang peribahasa “sedikit demi sedikit akhirnya menjadi bukit” yang diterapkannya untuk menggali dana sumbangan untuk gempa bumi di Sumatra. (Nama-nama juara selengkapnya di bagian akhir)

Para Juara, Para Juri, Atase Pendidikan KBRI Tokyo, dan Ketua PPI Nagoya

Tema-tema pidato yang lain di antaranya tentang pentingnya kerja keras dengan meniru anak-anak dalam film Laskar Pelangi, pengalaman di Bali, persahabatan, pentingnya belajar bahasa Indonesia, perawat Indonesia yang didatangkan ke Jepang, Islam di Indonesia, masakan Indonesia, persamaan semangat dua bangsa berbeda budaya, dan lain-lain.

Penyelenggaraan Lomba Pidato Bahasa Indonesia ini menjadi salah satu usaha untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia di Jepang, dan bertujuan untuk memberikan konstribusi pada perluasan persahabatan dan saling pengertian antara Indonesia dan Jepang. Hadir dalam kegiatan tersebut Atase Pendidikan KBRI Tokyo Prof. Edison Munaf beserta beberapa staf, Dekan Fakultas Bahasa Asing Universitas Nanzan Prof. Hiroshi Fujimoto beserta staf, dan GM Garuda Indonesia Kantor Cabang Nagoya Bapak Riza Perdana Kusuma.

Bersama beberapa peserta di acara ramah tamah, dengan menu utama BAKSO

Dalam ajang ini tampil pula dua siswa Sekolah Bhinneka PPI Nagoya yang membawakan Tari Anjasmara, mahasiswa Nanzan University dengan Tari Balinya, dan tidak ketinggalan Tari Saman yang dibawakan oleh Tim dari PPI Nagoya. Acara yang dipandu oleh Bapak Mikihiro Moriyama atau yang akrab dipanggil dengan Pak Miki ini berjalan lancar mulai awal sampai akhir. Juri lomba adalah Prof. Haruya Kagami dari Kanazawa University, Drs. Rasman, M.Pd. dari SRIT-Tokyo, Riza Perdana Kusuma GM Garuda Indonesia kantor cabang Nagoya, dan Devi Rosa Kausar mahasiswa S3 GSID Nagoya University mewakili PPI Nagoya.

Juara Kelompok I

(Kelompok kategori peserta yang belum pernah atau pernah berkunjung ke Indonesia total di bawah tiga bulan)

Juara I                      :    Chisato Aimu (Mahasiswa Nanzan University)

Juara II                    :    Munetaka Tateishi (Peserta Umum dari Sapporo)

Juara III                  :    Manami Kawaguchi (Peserta Umum dari Sapporo)

Juara Harapan I    :   Natsumi Sakata (Mahasiswa Osaka University)

Juara Harapan II   :    Kouta Umeki (Siswa SMU Kanto Kokusai)

Juara Kelompok II

(Kelompok kategori peserta yang pernah berkunjung ke Indonesia total lebih dari tiga bulan)

Juara I                      :    Masahiro Hagusa (Mhs Kwansei Gakuin University)

Juara II                    :    Hiroshi Mizutani (Mhs Nanzan University)

Juara III                  :    Narumi Ozaki (Peserta Umum)

.

.

Berita yang sama bisa dilihat di WEB PPI Jepang Pusat dan WEB PPI Nagoya

4 Tanggapan

  1. Tahun depan diadakan lagi enggak ya?? Apakah ada batasan usia?

  2. Insya Alloh akan diadakan tiap tahun. Tunggu infonya tahun depan ya. Prinsipnya batasan usia tidak ada.

  3. Terimakasih untuk publikasinya. Mohon konfirmasi saja, setahu kami Masahiro Hagusa adalah mahasiswa School of Economy pada KGU (Kwansei Gakuin University). Terimakasih.

  4. Romez-san, terimakasih atas koreksinya. Terimakasih.

    Salam,
    Roni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: