Alumni dari Bali: Pak Bambang Widjanarko

SUKSES SELALU UNTUK PROGRAM STUDI BAHASA JEPANG UNESA, dulu ketika saya kuliah namanya masih IKIP SURABAYA. Kuliah masih kadang dibawah pohon rindang di Kampus Ketintang.

Kami tidak punya Senpai, alhamdulillah sahabat sahabat tercinta: Dra. Retnani, M.Pd, Dra. Nise Samudra S., M. Hum, Dra. Yovinza Bethvine S, M. Pd, dan lain lain serta beberapa Kohai ada yang berbakti di Almamaternya. Saya sangat bangga.

Hormat dan Terima kasih saya kepada Sensei saya: Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M. Litt, Drs. Hamid, Drs. Wawan Permana, Prof. Dr ABBAS A BADIB M.A  M.A (pernah bertemu beliau di Bali karena menginap di Hotel dimana saya bekerja, ketika itu beliau menjadi Atase Kebudayaan di Kedutaan Besar Indonesia di Port Moresby Papua New Guenia kalau nggak salah, Dra. JOHARNI HARYONO, PROF. SACHIKO HAGIWARA (pernah bertemu beliau di Jakarta Japan Foundation), Ms. SONOKO CHIBA (pernah bertemu di Bali , beliau mengajar di Universitas Udayana Denpasar), dst nya.

Kalau di Surabaya saya pernah mengajar di SD dan SMA saja, maka di Bali 1989 s/d 1993 saya mengajar di TK, SD, SMP, SMA/SMIP, dan Akademi Pariwisata. Juga kepada masyarakat umum/Kursus. Nyambi jadi Guide Bahasa Jepang 1989 s/d 1993.
Bekerja di Hotel 1993 s/d 2002 sebagai Japanese speaking GRO dan Duty Manager.

Karena Teman Jepang saya selalu mengatakan: “Jangan lama lama jadi Karyawan sekarang jadilah Pengusaha” semangat bushidonya mengalahkan saya pada akhirnya.
Maka sejak tahun 2000 saya mulai merintis Lembaga Kursus/Pelatihan Bahasa Jepang yang juga mengajarkan Bahasa Indonesia kepada orang Jepang/Asing.
Targetnya bukan lagi masyarakat umum/sekolah, tetapi fokus pada Tourism Industry saja.
Jadi saya sekarang hanya mengajar di Hotel/Villa, Spa, Duty Free Shop, dst. Teman saya itu benar adanya.
Kalau ingin tahu Kursus saya, di Google saya dikenal sebagai Bambang “bhrejimbaran” Widjanarko. Klik saja.

Di Bali ada banyak alumni UNESA Program Studi Bahasa Jepang, yang mana sebagian menjadi Guru/Dosen.
Maka salam hangat saya kepada semuanya, semuanya, kabeh…

Sebagai BLOG, media ini sudah cukup INFORMATIF.
TERUSKAN SAJA. Gambatte….
Tetapi ke depan harus lebih baik, karena IT sudah diajarkan sejak SD. Agar kita tidak malu, di mata orang lain.

Tentang Daftar ALUMNI dari angkatan tahun 1981 (tahun angkatan saya) sampai terkini, ambil saja datanya di fakultas/ Jurusan.
Tulis saja yang rapi, barulah kemudian para ALUMNUS nya, mengisi Alamatnya masing masing. DST…..  DST….
Ini saran saya. Maaf.
Maaf tidak ditulis dengan menggunakan bahasa jepang/dengan Kana + Kanji nya, karena saya tulis ini di WARNET yang agak JADUL, setting Kana + Kanji (Jap) tidak ada.

Bambang Widjanarko
Perumahan Bhumi Jimbaran Asri no. 80 Jimbaran
Kompleks Kampus Universitas Udayana Bukit Jimbaran
Kuta Selatan , Denpasar – BALI

3 Tanggapan

  1. Terima kasih kepada Dhik Lurah, yang telah menyurati saya via e-mail dan memelihara comment saya.
    Dengan Bahasa Jepang yang kita geluti, semoga dari situ kita ber kontribusi membangun negara yang menakjubkan dan kita cintai ini. Semua tidak boleh lupa kepada sumpah Almamater, bahwa kita harus menjaga nama baik ALMAMATER kita ini dimanapun kita berada dan bekerja.

    Saya masih punya kampung halaman, tepatnya
    Desa Waung, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo.
    Nama Desa dan Kecamatan saya itu kalau saya ucapkan diluar Jawa Timur , yang mendengar kaget dikira saya ini dari Planet lain. Pun demikian saya juga menjaga nama baik Desa dan Kecamatan saya itu.

    Salam Hangat saya sekali lagi kepada semua Sensei saya dan Kohai saya, ….. maaf saya tidak punya Senpai.

    Dan , kalau jalan jalan ke Bali , GOENRYOUNAKU hubungilah saya, nanti saya kasih khabar serta berita bahwa Alumni yang
    ada di Bali juga banyak. Kita hidupkan teruslah silahturahim ini, agar banyak ilmu dan rezeki.

    Teruslah berjuang memperbaiki negara ini.
    GAMBATTE.

    Bambang’bhrejimbaran’Widjanarko

    Perumahan Bhumi Jimbaran Asri no.80 Jimbaran
    Kompleks Kampus Universitas Udayana Bukit Jimbaran
    KUTA SELATAN , DENPASAR – BALI

  2. Mmm..

    Jadi pengen kenal ma beliau-beliau ini..

    Salam kenal semuanya..

    Aku sangat Cinta ma Jepang, Bahasa n Budayanya..

    Aku Ingin menimba ilmu di sana sampai aku capek menimbanya bahkan capek pun aku akan tetap terus menimba..(^_^)

    Ganbatte ..

    http://www.bocahbancar.wordpress.com

  3. Inilah Surat Dhik Lurah ( Roniewae ) kepada saya:

    Pak Bambang Widjanarko,

    Apa kabar, Pak? Bagaimana Bali? Nama saya Roni. Saya juga adik kelas Pak Bambang angkatan 90. Kebetulan ketika saya pegang HMJ saya mengadakan program studi banding ke Bali di tempat bapak mengajar, sebuah sekolah pariwisata.
    Testimoni bapak, saya masukkan di blog, agar bisa menjadi panutan untuk adik-adik yang masih di kampus maupun yang baru lulus. Monggo, ditengok di: https://unesaprodijepang.wordpress.com/2008/12/11/alumni-dari-bali-pak-bambang-widjanarko/

    Saya juga mengundang bapak untuk masuk di milis unesaprodijepang, monggo ditindaklanjuti Pak.

    Yoroshiku onegai shimasu.

    Salam,
    Roni

    Untuk Sahabatku semua angkatan ’81

    Sudah lama saya tidak berkunjung ke Universitas Negeri Surabaya d/h IKIP Surabaya, Almamater yang menempa Bahasa Jepang saya.Karena memang saya hanya pulang kampung kalau Lebaran saja, itupun tidak lama sehingga terputus juga silahturahim saya dengan sahabat sahabat se angkatan saya ’81.
    Sahabat sahabat-ku , bagaimana khabar sampeyan semuanya? Kalau sampeyan membaca tulisan pendek ini,segeralah contact saya ; saya rindu kepada sampeyan semuanya, rindu tawa sampeyan, rindu adat budaya ngrumpi sampeyan, rindu makan di cafetaria campus, rindu cerita sampeyan, rindu bisa duduk bersama lagi dengan sampeyan, cekikikan, …..rasanya baru seminggu yang lalu,…… tapi sekarang sampeyan semua seperti hilang.
    Siapa yang bisa menyambung tali ini, pastilah ilmunya dan rezekinya banyak.

    Alamat Lengkap saya,
    Klik ini:

    http://holidayplannerbali.wordpress.com/

    atau

    http://bhrejimbaran.spaces.live.com/

    Salam Hangat dari JIMBARAN – BALI

    Bambang Widjanarko

Tinggalkan Balasan

