Unesa Juara Kanji Cup Lagi

LAPORAN HASIL KEGIATAN KANJI CUP KE-6

TAHUN 2008


A. Pendahuluan

Kanji Cup adalah sebuah lomba atau pertandingan untuk mengukur kemampuan penguasaan huruf kanji bagi pembelajar bahasa Jepang terutama yang menggunakan huruf Jepang (kana dan kanji) dalam kegiatan belajar mengajarnya. Pada beberapa tempat belajar bahasa Jepang, huruf Jepang tersebut tidak dipergunakan secara aktif namun hanya perkenalan saja, sedangkan dalam KBM menggunakan huruf alfabet (romaji). Oleh karena itu Kanji Cup menjadi suatu ajang prestisius untuk menunjukkan kemampuan penguasaan huruf kanji bagi masing-masing individu pembelajar bahasa Jepang.

Kanji Cup merupakan even tingkat nasional yang diadakan setahun sekali. Pada tahun 2008 merupakan pelaksanaan lomba Kanji Cup yang ke-6. Peminatnya beragam, diantaranya berasal dari mahasiswa perguruan tinggi seperti mahasiswa yang belajar bahasa Jepang di Unesa, Unibraw, Unair, Unitomo, Untag, Unpad dan lain-lainnya. Level pertandingan dibedakan menjadi dua, yaitu level dasar (shokyuu) dan level menengah (chuukyuu). Untuk level dasar, persyaratannya adalah peserta belum lulus Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Nouryoku Shiken) level 3. Persyaratan untuk level menengah adalah minimal telah lulus ujian yang sama pada level 3.

Dalam lomba Kanji Cup, Unesa diwakili oleh mahasiswa/i Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Berikut adalah laporan kegiatan lomba Kanji Cup yang telah dipersiapkan dan diikuti oleh mahasiswa/i Prodi Pendidikan bahasa Jepang, FBS Unesa :


a. Persiapan

Lomba Kanji Cup diadakan pada bulan Maret 2008, sehingga persiapan benkyoukai (belajar bersama) mulai diadakan sejak bulan Februari 2008. Intensitas belajar adalah seminggu tiga kali yang diadakan pada sore hari setelah mata kuliah pada hari itu berakhir (sekitar pukul 15:00 hingga 17:00 WIB). Pendampingan dilakukan oleh tiga orang dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang secara bergiliran.


b. Pelaksanaan Lomba

Lomba Kanji Cup ke-6 dilaksanakan pada hari Minggu, 6 Maret 2008. Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Cak Durasim, Taman Budaya Surabaya, mulai pukul 09:00 hingga 14:00 WIB.

Unesa mengirimkan 17 (tujuh belas) mahasiswa/i untuk berlomba di level dasar, yaitu :

1. Hasan Marzuki (2005) 10. Ani Ainiyah (2007)

2. Khoirunnisa (2005) 11. Dinda Puspita (2007)

3. Eka Ermawati (2005) 12. Indrie Respia (2007)

4. Ivo Winda (2006) 13. Rukhil Amami (2007)

5. Catur Wahyu A (2006) 14. Aden Achmad (2007)

6. Mayang Adhika (2007) 15. Desy Dewayanti (2007)

7. Nurul Azizah S (2007) 16. Retno Wulandari (2007)

8. Rezky Fajriannoor (2007) 17. Rosalina D. (2007)

9. Ninik K. (2007)


Untuk peserta level menengah, Unesa diwakili oleh 3 (tiga) tim yang masing-masing tim terdiri dari 2 (dua) orang, yaitu :

1. Tim 1, Yulia Mahmuda (2003) dan Rizky Dwi P. (2005)

2. Tim 2, Sherly (2005) dan Asida Dwi L. (2004)

3. Tim 3, Luluk R. (2005) dan Defit T. (2006)

c. Hasil Lomba

Level dasar : Juara I Peserta dari Unibraw.

Level Menengah : Juara I Unesa (Tim 1) à Yulia Mahmuda dan Rizky Dwika P.

Juara II Unesa (Tim 2) à Sherly dan Asida Dwi L.


Sebagai informasi, kemenangan wakil Unesa pada Kanji Cup ke-6 (2008) ini adalah kemenangan yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Dimulai pada tahun 2006, juara I oleh Unesa {Eko Kurniawan (2003) dan ……….}, kemudian pada tahun 2007 oleh Unesa {Zinuri (2004) dan Husnatun Nikmah (2003)}. Dengan demikian, piala bergilir juara Kanji Cup selama 3 (tiga) tahun ini selalu berada di Unesa.

B. Penutup

Demikian laporan kegiatan lomba Kanji Cup ke-6 (2008). Dengan terjadwalnya lomba ini sebagai acara tahunan, maka persiapan untuk mahasiswa/i dalam keikutsertaannya di lomba tersebut dapat dijadikan program kerja tahunan pula.

Surabaya, 12 Maret 2008

Mengetahui, Pembina Kemahasiswaan

Kaprodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa

Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt Amira Agustin Kocimaheni, S.Pd., M.Pd.

NIP. 131 253 294 NIP. 132 318 148

Inilah Sang Juara itu. Tidak berlebihan jika nantinya mereka disebut sebagai ”Kamus Kanji Berjalan”. Pak Lurah mengucapkan Selamat ya.

dsc00540.jpg

Tidak saja Jago-Jagonya, para suporternya pun tidak kalah heboh. Inilah salah satu hasil jepretan itu. Sang Juara pasti berterimakasih kepada para suporter ini. Ibarat motor honda, tanpa suporter tidak akan cepat panas. Dan, begitu panas, melesatlah Sang Juara ke garis paling depan. Selamat juga kepada para suporter, yang selalu memberi semangat kepada Jago-Jago kita.

dsc00544.jpg

Inilah kesan salah satu supporter itu:

Isnaini (angkatan 2004) tentang Kanji Cup 2008

Minggu, (9/3)
Gedung Cak Durasim, Surabaya
9.30

Hampir lebih dari 30 mahasiswa prodi bahasa Jepang-unesa datang ke tempat tersebut. jumlah itu belum termasuk mahasiswa yang ikut jadi peserta KANJI CUP KE-6. 19 orang mahasiswa mewakili untuk kelompok shokyu, dan 6 mahasiswa lagi untuk level chukyu.

Sayang, ke-16 wakil sokyu kita yang terdiri dari ichinensei-3nensei, gagal mendapatkan kemenangan.

Tapi untunglah, 3 tim chukyu berhasil masuk perempatan final, bahkan 2 tim unesa berhasil masuk babak final (ureshii wa!!). tim unesa1 yang diwakili dwika ’05 dan yulia ’03 berhasil mempertahankan piala bertahan, sedangkan tim unesa3 yang diwakili Asida ’05 dan Sherly ’05 berhasil menduduki posisi ke dua, menggeser posisi Unpad yang tahun lalu menempati posisi ini sebelumnya.

Yang paling menarik, begitu masuk babak final, MC memperkirakan final ini tidak akan berjalan lama, dan ternyata ramalan MC tersebut benar! tim unesa1 berhasil mendapatkan nilai 150 disusul tim unesa 3 dengan nilai 70, sedangkan dua tim yang lain hanya mendapatkan nilai 20!.

Yeah, itsu made mo, doko made mo

UNESA ICHI-BAN!!!!!!

UNESA ICHI-BAN!!!!!!!!!!!!

UNESA ICHI-BAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Dan (lagi2) suporter unesa jadi suporter yang paling heboh!! semua angkatan mulai dari ichi-nensei sampai senpai-tachi yang sudah lulus berbaur jadi satu, untuk memberi dukungan kepada teman2 unesa berusaha mempertahankan juara kanji cup untuk ke-3 kalinya (berturut-turut).

Itsu made mo, doko made mo
UNESA ICHI-BAN

Tau gitu temen2 gak perlu repot2 bawa piala bergilir yang sudah ‘ngendon’ selama satu tahun di jurusan, untuk dibawa ke gedung Cak Durasim, kan dibawa pulang lagi,,,, (hahaha… :D)

Ja, minna… rainen mo ganbatte ne!!! ^__^/’

Salam,

Isnaini (2004)

22 Tanggapan

  1. sugoi…………….
    selamat ya kohai2 tercinta
    harumkan nama UNESA
    giliran benron nih ayo dong…….rebut kembali gelar juara itu…..
    UNESA ICHIBAN……………..

  2. alhamdulillah…

    HEBAT….
    omedetou ne…kouhai2

    saya juga salah satu orang yang seneng banget ama Kanji (meski ga pinter2 bange….)

    di kampus saya juga sering ngadain kanji taikai
    seperti yang pernah Iwamoto sensei adain
    waktu saya kuliah dulu

    dan hasilnya…
    mahasiswa pada ganbatte dan seneng banget…

    sekali lagi acung jempoll buat Unesa
    terus pertahankan ya….

    Oya saya sempet ketemu dengan Iwamoto sensei lo..di Senta- Urawa

    bagi angkata 94 yang pernah diajar oleh beliau
    pasti kalian pada kangen kannn…????

  3. omedetoune!!!
    Tapi meski udah menang jangan keburu puas!…Belajarnya lanjut teruus,ok!..biar semua perlombaan UNESA terus yang menang…..Tularkan ke teman sesama unesa gimana cara belajar yang bagus dan cepat biar semua lulusan berbobot dan berkompeten di bidang kita…OK!

  4. Omedetou gozaimasu !!!!!
    Saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang berhasil mempertahankan Piala. Cuman boleh kasih saran nih, Jadikan piala itu sebagai sarana mencapai hari depan, dan jangan cepet puas dengan hasil yang sudah dicapai. Karena bagaimanapun persaingan pasca kuliah yang lebih keras dan menantang. Sekali lagi “Selamat” kepada pemenang khususnya dan UNESA secara umum.

    Ada sedikit comment nih dengan pemberitaan di atas, tertulis hari Minggu tanggal 6 Maret 2008, setahu saya Hari Minggu tanggal 9, kalo tanggal 6 kan Kamis.

  5. yoku ganbatte ne,….

    Omedetooooooo! rainen mo ganbarimasho
    Ouen shimasu,………

  6. Omedetoune!!!… seneng dan bangga banget UNESA punya prestasi yang bagus setelah bertaon2 gaung UNESA kalah sama universitas lain waktu saya masih kuliah.. Sayangnya saya ndak bisa datang jadi suporter di kanji cup taon ini. Padahal biasanya saya dan teman2 seangkatan (meskipun cuma itu2 saja yang datang.. Hehehe… ^_^) rajin datang menyemangati teman2 yang sedang berjuang mengharumkan nama UNESA.. PAsti SERU ya!!!….

    Oya, saya sedih banget ternyata salah satu temen qt yang jg mengharumkan nama besar UNESA di Kanji Cup taon 2006 dilupakan… Padahal perjuangan untuk mendapatkan piala bergilir pertama kali itu suangat melelahkan dan puanjank sekalee… Selain Eko ’03 juga ada Fitria ’01 (catty chan) yang berjuang. Sekarang mbak fitria bekerja di Nihon (piye kbre mbak???… Kangen puollllLL!!!…^^)

    Tetep CeMUanGATz YA!!!..
    UNESA iChiBAn!!!… PIZZZZZZzzzz!!!..^_-

  7. omedetou…
    selamet…(bhs bali)

    untuk tim kanji UNESA….dan keluarga besar Civitas Pend Bhs Jepang UNESA
    sekali lagi omedetou… yoku gambarou na
    pertahankan prestasi…
    (hiks-hiks jadi pengen pulang ke Surabaya)…

    Special untuk anak 2003 kanggean melu milis kene….(silahkan gabung milis ini)

  8. wah wah gegap gempita menyambut kemenangan UNESA di ajang KANJI CUP nih, ikutan doooong…OMEDETOU GOZAIMASU para kohaitachi en senseitachi yang telah berlelah-lelah dalam berjuang. Gomen ne, kalo waktu itu ga bisa ngasi support. Soale ga tau kalo ada kanji cup (kuper bgt ya),tau2 di jakarta shinbun uda nongol beritanya. Semoga kemenangan ini menjadi pelecut semangat untuk memajukan & mengenalkan UNESA (buat promosi gituu, abis banyak juga yang ga tau UNESA tu univ. apa c…ada dimaana c, etc,… jadi bete kan). Jangan lupa syukurannya yak.Kita jadikan apa yang kita raih saat ini untuk kebaikan di masa mendatang, lebih baik prestasinya, dedikasinya dll biar pelajaran2 yg diperoleh ga terlupakan begitu aja setelah statusnya ‘bukan mahasiswa’ alias uda lulus. ja..itsu made mo doko made mo UNESA ICHI BAN–>keren juga jargonnya ^-^

  9. Omedetooo!
    Wah ternyata kohaitachi pada berkualitas yach! Dan juga tentunya senseitachi yang mengajar gak kalah hebatnya.
    Selamat selamat…Wah Denok master kanji 98 terkalahkan ma kohai nih. Yoku gambatta neee. UNESA ICHI BAN !

  10. Bagi mahasiswa dan alumni Bahasa Jepang FBS Unesa (IKIP Surabaya) yang belum masuk milis, dan ingin bergabung di milis: unesaprodijepang, silahkan kirim email anda ke Pak Lurah: ronniewae@yahoo.com. Jangan lupa sebutkan Nama lengkap (dan nama panggilannya yang ngetren ketika dikampus) serta angkatan anda (perlu nomor registrasi endak ya???!!!).

    Pak Lurah,
    Roni (’90)

  11. Yatta.. sugoiwa.. (>.<)yoku gambarimashitane.. OMEDETOOOOOUUU.. Terimakasih Sensei tachi dan Kohai2 yang telah berjuang.. Sungguh kemenangan yang memberi inspirasi..Saya juga jadi terpecut untuk lebih gambatte belajar (terutama kanji yang sampai sekarang menurut saya paling susah..hiks)..Sekali lagi Omedetou gozaimaaaaasu..UNESA ICHIBAAAANN.. Yeaaaah..

  12. oMedeTooou ya bwt tim2 Unesa…
    Moga2 ja kem4ngan ini berTahan ampe SeteruSnya….
    huh SupporteR heboh bGt ampe gdung ck Durasim kyk Mo Gempa..
    UNESA ICHIBAN…UNESA ICHIBAN
    Gambatte KuDaSai ne….
    Doumo…^.^

  13. he..he…ternyata pak agung jeli juga…..he..he..
    coba ada acara reunian ya…jadi semua anggota milis dan yang belum bisa ngobrol langsung…
    salam kenal….

  14. omedeto ne……

  15. arararara…Omedetoo ne Kohai2Q..knapa pas aq g bs ndukung UNESA dlm laga KANJI CUP para kohaitachi pada ngluarin cakra2 ampuhnya bwt ngalahin lawan2 yg juga tdk kalah hebatnya..nyaaa..pdahal biasanya aq yg paling seru kasi suppot..aq jadi kesepiaaannn… YOSHA!!!! UNESA ICHIBAN!!!! UNESA ICHIBAN!!!! UNESA ICHIBAN!!!!… ITSUMADEMO GANBATTE NE… jo lali taon depan menang maneh yo!!! insya Allah aq bkal kasi dukungan… nyaaa… tp saknone mbk Catty dilupain namae wakakkakak…

    \(^o^)/~ tori-chan

  16. UNESA emang hueeebattt….

    selamat yaa…!!!!!!!

  17. Sugoiiiiiiiiiiiine
    OMEDETOU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    itsuma demo unesa ichiban ^ ^

  18. atashi no sensei ni omedetou ne.

    UNESA itsumademo ichiban

    minna gambarimashou

  19. Allhamdulillah…..YokattaNe….
    Selamat untuk para kohai dan sensei tachi yang sudah berusaha dengaan kerja keras….GanbatteNe
    Seneng banget rasanya dengar kohai2 diUNESA semangat2,jadi kangen nihhh……mengenang masa2 semasa kuliah di Unesa….
    UNESAaaaaa….benar2 ICHIBAN..Ooiy…

  20. omedetou………….
    pengen ikut nech……tapi g punya nyali
    tahun ini kyknya g dlu deh.mgkin tahun depan.doain juga yaaaa………biar bisa mwakili unesa lagi. amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii……………….n

  21. selamat dah…
    wah tambah hebat aja kohai-kohai kita berarti sensei sensei kita tambah berkualitas… bravo unesa
    gambatte ne.. minna san… yoroshiku onegai itashimasu.ne…

  22. selamat STBA JIA meraih juara kanji cup 7 (2009)…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: